Resep - Cara Membuat Es Teler

Resep Es Teler - Tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia, minuman es adalah minuman kegemaran sepanjang masa. Lain bila dibanding dengan es cream, banyak variasi minuman es asli Indonesia yang mengunggulkan aneka macam buah segar lokal. Satu diantara minuman es yang amat mudah ditemui dimana pun yaitu es teler. Sebutan es teler ini bisa dibilang telah jadi nama umum bagi ramuan minuman es. Malah kata es teler digunakan sebagai merek untuk sebuah bisnis waralaba. Tahukah anda darimana sebetulnya asal muasal istilah es teler itu?
Resep Minuman, rahasia resep es teler 77, resep es campur, koleksi resep keluarga nugraha, resep es teler santan, resep es teler 77, resep es teler spesial, resep es teler gula merah, resep es teler durian,

Tersebutlah seorang wanita bernama Samijem Darmowiyono dari daerah Sukoharjo, Jawa Tengah tahun 1967 berdagang es dengan aneka buah di dalamnya di pinggir Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat. Ibu Samijem memberi nama ramuan esnya dengan es campur. Isi es itu memang kombinasi dari beragam buah misalnya serutan kelapa muda,buah alpukat, nangka, kolang-kaling, pepaya dan nanas. Selanjutnya ditambahkan es plus susu kental manis. Saat itu Ibu Samijem berjualan es campur bersama sang suami yang kini sudah meninggal. Ibu samijem sambil berdagang rokok dengan mendirikan warung kecil di Jalan Cilacap tersebut. Ia kemudian berpikir menambah dagangannya dengan berjualan es campur. Keduanya masih berjualan menggunakan termos saat itu.

Tidak dinyana, es ramuannya digemari banyak orang, lebih-lebih kalangan mahasiswa di sekitar warung. Tak tahu bagaimana sejumlah mahasiswa tadi memberi nama es campur Ibu Samijem dengan nama es teler. Ibu Samijem menuturkan bahwa yang menamakan demikian adalah mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia.

Waktu terus berjalan dan es teler Ibu Samijem kian populer. Karena pembeli sering memesan es teler dengan permintaan yang macam macam, tanpa buah ini tanpa buah itu akhirnya ia memakai 3 macam buah saja yang paling disukai yaitu serutan kelapa muda, irisan nangka, dan buah alpukat. Sampai saat ini es teler yang disebut Es Teler Sari Mulia menggunakan ketiga macam buah itu menjadi ramuan utama es teler. Es Teler Sari Mulia saat ini buka di area Bioskop Megaria, Jakarta Pusat. Pada lokasi tersebut, Es Teler Sari Mulia satu lokasi bersama ayam bakar solo. Nah anda sekarang sudah paham asal usul es teler. Saatnya anda membuat sendiri es teler nikmat sekelas buatan Ibu Samijem.

Bahan bahan :
1 butir kelapa muda diserut
1 buah alpukat diserut
10 potong nangka yang dipotong kecil
15 butir kolang kaling dipotong potong kecil
1/2 liter sirup
5 sendok makan susu kental manis
Es serut seperlunya

Bahan untuk membuat sirup :
400 cc air kelapa
100 gram gula pasir

- Isikan dalam gelas saji serutan kelapa muda, serutan buah alpukat, potongan nangka dan potongan kolang kaling. Siram dengan sirup yang sudah dibuat tadi dan tambahkan susu kental manis.
- Tambahkan es serut sesuai selera.