Resep - Cara Membuat Whipped Cream

Cara Membuat Whipped Cream - Whipped cream ialah cream kocok. Apabila menggunakan cream segar maka yang dikocok ialah light whipping cream. Cream ini adalah cream dengan kadar lemak susunya tinggi dengan begitu jika dikocok akan mengental. Bentuknya cair, putih serupa susu. Dipasarkan dengan wadah karton di supermarket ataupun toko bahan kue. Ada yang dibuat dari material hewani, susu sapi dan ada pula dari lemak nabati. Jika mau yang praktis boleh digunakan cream serbuk yang ditawarkan dengan wadah karton. Cream serbuk ini cukup dengan mencampurnya dengan susu atau air dingin saja menurut ukuran yang tertera di bungkus.
Berdasarkan bahan bakunya, whipped cream ini dibedakan jadi whipped cream dairy dan whipped cream non dairy. Dairy umumnya berwujud cair, cita rasanya kurang begitu manis dan agak gurih. Non dairy umumnya berwujud serbuk namun ada pula yang cair, rasanya cenderung manis ketimbang whipped cream dairy.

Untuk kebutuhan membuat dekorasi cake, whipped cream non dairy lebih kuat dan awet pada temperatur ruang. Whipped cream dairy lebih cepat meleleh pada temperatur ruang, akan tetapi cita rasanya lebih lezat. Untuk itu bila mementingkan citarasa cake, maka gunakan whipped cream cair, namun untuk keperluan filling dan dekor gunakan yang serbuk.

Di samping cream kental yang umum dinamakan whipped cream ini, sebetulnya ada pula yang berujud cooking cream. Pada rak pendingin supermarket seringnya tertera tulisan cooking cream. Cooking cream ini sebagai olahan cream yang dimasak atau direbus agar tak pecah. Namun kadangkala karena sulit diperoleh, banyak digunakan whipped cream cair sebagai pengganti cooking cream untuk bahan olahan cream yang dimasak. Di samping itu tersedia pula soured cream yang merupakan cream hasil olahan yang memiliki kandungan lactic acid hasilnya cream jadi cenderung kental dan cita rasanya lebih tajam.

Sulitkah membuat whipped cream sendiri? Boleh jadi anda belum mengetahui cara membuat whipped cream. Bayangkan apabila mempunyai whipped cream bikinan sendiri yang dapat Anda pakai untuk cake Anda.

Bahan bahan yang digunakan :

200 cc cream masak
2 sendok teh gula halus
Perisa Vanilla sesuai keperluan
Toples kecil


  • Tuangkan cream masak beserta gula halus ke toples dan kocok kurang lebih 1 menit hingga cream cukup kaku.

  • Bila senang dengan aroma Vanilla, anda boleh menambahkan perisa Vanilla.

  • Kalau memerlukan whipped cream yang kaku, pakai mixer dengan kecepatan tinggi dan mixer sampai kaku.

  • Whipped cream bisa digunakan sebagai topping cake dan disimpan dalam kulkas untuk beberapa hari. Kalau aroma dan rasanya kecut, maka itu artinya sudah tak bisa digunakan.