Jumat, 03 Januari 2020

Apa yang dimaksud buku literasi? Penjelasan dan Contoh Buku Literasi

Apa yang dimaksud buku literasi? Sebuah pertanyaan yang saya yakin tidak hanya dipertanyakan oleh kaum awam, bahkan para guru juga ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan buku literasi. Terlebih bagi mereka yang mengelola BOS dan atau bertugas mengelola inventaris, pasti bertanya-tanya apa itu buku literasi.

Pengertian Buku Literasi

Buku literasi adalah buku bacaan untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa diluar buku pelajaran. Makanya, ragam dan temanya juga berbeda-beda. Buku literasi biasanya terdiri dari buku-buku karya sastra, bukan bersifat knowlege (pengetahuan).

Guna mendukung gerakan literasi sekolah harus menyiapkan buku literasi. Buku-buku inilah yang nantinya menjadi bahan bacaan siswa. Buku literasi dibaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

Baca Juga : Kupas Tuntas Pendidikan Karakter, Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Contoh Buku Literasi Sekolah

Untuk mempermudah sekolah dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah, maka Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempersembahkan Buku Bahan Bacaan Literasi Cerita Rakyat yang berasal dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Buku-buku ini juga sebagai contoh apa yang dimaksud buku literasi. Silakan anda unduh pada judul-judul buku literasi di bawah ini.


16. Nome
Nah itulah apa yang dimaksud buku literasi disertai contoh buku literasi, saya rasa dengan penjelasan singkat ini sudah cukup bagi kita untuk bisa memahami apa yang dimaksud buku literasi. Tentunya kita juga bisa membedakan buku literasi dan buku pengetahuan umum.