Sabtu, 04 Januari 2020

Cara Reset Printer Epson L310, L360, L365, L220 dan L120, L130 yang Ngeblink

Cara Reset Printer Epson L310, L360, L365, L220 dan L130 yang Ngeblink - Apa yang dimaksud dengan reset? Bagi pengguna komputer dan printer awam, mungkin asing denagn istilah reset. Tapi bagi mereka yang sudah terbiasa ngoprek sendiri jika ada masalah dengan komputer, printer bahkan smartphone, maka istilah reset ini bukan istilah asing lagi.

Reset, berasal dari dua kata yaitu Re (kembali) dan Set (setting/mengatur). Jadi, secara arti kata reset adalah kembali mengatur. Sedangkan secara teknis, reset artinya adalah mengembalikan pengaturan suatu device ke pengaturan awal atau pengaturab pabrik. Entah itu pada software maupun hardware.

Misal, sesorang melakukan reset pada HP androidnya, maka itu artinya dia mengembalikan pengaturan HP androidnya ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Ketika seseorang melakukan reset wisndows (recovery windows), itu artinya orang tersebut mealakukan proses pengembalian windows pada keadaan awal atau keadaan dimana windowsn tersebut masih baik.

Reset pada printer, juga sama, yaitu mengembalikan pengaturan pada pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Lalu mengapa harus melakukan reset?

Perlu kita fahami, bahwa secara tidak kasat mata ternyata setiap printer memiliki pengaturan digital yang memuat berapa kuota atau jumlah lembar yang bisa dicetak. Misal, suatu printer memiliki kuota pencetakan maksimal 10.000 lembar, maka ketika printer tersebut sudah mencetak sebanyak 10.000 lembar printer tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk mencetak.

Ketika hal tersebut terjadi, maka jika ingin printer tersebut ingin tetap berfungsi (bisa mencetak) maka pengguna harus melakukan reset, yaitu mengosongkan kembali angka maksimal pencetakan. Lalu caranya bagaimana?

Cara reset printer epson L310 atau serie L lainnya, anda memerlukan bantuan sebuah tool atau software. Software ini dalam dunia teknisi dikenal dengan sebuatan software resetter atau tool resetter.

Nah, saya tidak akan secara panjang lagi untuk menulis artikel, langsung saja saya share link untuk mengunduh sofware resetter epson L310.

Download resetter epson L310, L360, L365, L220 dan L130

Inilah sofware dengan ukuran yang sangat kecil tapi fungsinya sangat besar. Jelas sangat besar, bayangkan jika anda harus membeli kembali printer epson denga serie L, paling tidak anda harus menyediakan uang 1,5 juat ke atas. Tapi dengan software kecil ini, anda akan tetap bisa menggunakan printer tersebut tanpa harus membeli kembali.

Ingat, ketika printer anda mengalami blink dan tidak bisa mencetak, itu bukan rusak secara fisik, tapi karena printer anda harus direset. Silakan anda unduh software resetter di bawah ini


 Bagi pengguna komputer dan printer awam Cara Reset Printer Epson L310, L360, L365, L220 dan L120, L130 yang Ngeblink
Cara reset printer epson L310

Cara reset printer epson L310 menggunakan Epson Adjustmen Program

Sebelum anda melakukan menggunakan software resetter adjustmen program, pastikan dulu bahwa printer anda ngeblink memang karena harus direset. Ciri-ciri printer epson harus direset, yaitu dengan munculnya Ink waste is full ketika mencetak dan pada printer terlihat ngeblink. Nah, jika ini yang terjadi maka anda sudah betul, anda harus mengundul software ini dan menggunakannya untuk mereset printer epson anda.

Oke, sekaran ansa sudah mengunduh software resetter epson L310, selanjutnya silakan anda ekstrak file RAR yang sudah anda unduh, kemudian buka file EXE (Epson Adjustmen) dengan klik dua kali.

1. Setelah aplikasi terbuka, silakan klik Select
2. Kemudian pilih seri epson yang sesuai dengan printer anda, misal pilih L310
3. Pada pilihan Port, silakan pilih Auto Selection, kemudian klik OK
4. Selanjutnya silakan klik Particular adjustmen mode 
5. Kemudian pilih Waste ink pad counter, kemudian klik OK
6. Pada tampilan selanjutnya, silakan anda centang pada Main pad counter, dan klik Initialize
7. Ketika muncul jendela baru, silakan klik OK
8. Jika prosesnya sudah beres, nanti akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini. Silahkan langsung klik Ok kemudian restart printer yang sedang direset tersebut 
9. Terakhir, silkan klik Finish  

Demikian Cara Reset Printer Epson L310, L360, L365, L220 dan L120, L130 yang ternyata sangat mudah dan tentunya gratis. Jadi, dengan cara ini anda tidak perlu ke tukang servis mengeluarkan uang 50.000, cukup anda download softwarenya dan uangnya anda gunakan saja untuk beli kopi dan cemilan. Hehe....