Kamis, 02 Januari 2020

Dapodik 2020 : Perubahan Terbaru, Cara Instal dan Cara Pengerjaan

Dapodik 2020 : Perubahan Terbaru, Cara Instal dan Cara Pengerjaan - Halo sahabat OPS, bagaimana kabarnya. Udah agak lama juga nih saya tidak menyapa sahabat via blog ini. Oke, saya kembali menyapa sahabat dengan membawa informasi tentang apliaksi dapodik terbaru, yaitu aplikasi dapodik 2020.

Aplikasi dapodik 2020, sampai diterbitkannya artikel ini belum dirilis secara resmi. Namun informasi-informasi yang berkenaan dengan aplikasi dapodik terbaru ini sudah tersedia distus resmi dapodikdasmen.

Sudah menjadi adat istiadat, pergantian tahun ajaran dan pergantian semester maka aplikasi dapodik juga mengalami pergantian. Nah, pada tahun ajaran 2019/2020 ini, aplikasi dapodik terbarunya diberi nama apliaksi dapodik 2020. Lalu apa saja yang hal terbaru yang ada pada aplikasi ini. Berikuti cuplikannya.

A. SARANA PRASARANA
Seiring pemanfaatan data Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk program pendidikan, kebutuhan informasi Sarpras semakin berkembang. Pembaruan data Sarpras diharapkan dapat mendukung evaluasi dan perumusan kebijakan serta transaksional yang menggunakan data Sarpras. Pembaruan pada data Sarpras ini paling signifikan. Data Sarpras akan lebih dirinci dan dibagi dalam tiga submenu, yaitu:

1. Tanah & bangunan
Pendataan Sarpras yang sebelumnya mendata ruangan-ruangan yang ada di sekolah kini akan lebih berkembang. Sekolah diharapkan dapat memberikan informasi tambahan berupa data tanah serta bangunan yang digunakan oleh ruangan tersebut.
    •  Tanah
Data tanah yang sebelumya ada pada menu sekolah, kini akan berpindah pada menu Sarpras. Selain data luas tanah yang telah diisi sebelumnya, informasi terkait tanah diharapkan dapat memuat ukuran serta dokumen kepemilikan.

    •  Bangunan
Data bangunan akan dikelompokkan berdasarkan lokasi tanah. Pada data bangunan diharapkan dapat memuat informasi jumlah lantai pada sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.

2. Ruang
Menu Ruang memuat data prasarana pada aplikasi versi sebelumnya. Pada menu ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana diharapkan akan diketahui jumlah ruangan pada sebuah bangunan. Selain informasi kondisi ruang, informasi tambahan yang diharapkan diisi dari sekolah adalah ukuran dari setiap komponen bangunan.

3. Alat, Angkutan dan Buku
Menu ini berisi data sarana yang dikelompokkan menjadi 3 komponen utama yaitu:
    •  Alat
Menu alat berisi data peralatan pendidikan yang berada pada setiap ruang. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis alat dan diharapkan diketahui berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.
    •  Angkutan
Pembaruan data sarana salah satunya yaitu pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk operasional sekolah. Informasi yang diminta adalah berupa jenis angkutan serta kepemilikan dan dokumen kendaraan.
    •  Buku
Referensi buku baik jenis buku teks dan buku non-teks semakin diperkaya. Sekolah diharapkan dapat mengisi dengan lengkap informasi buku, jumlah, status kelaikan serta lokasi buku berada.


B. PESERTA DIDIK
Pembaruan selanjutnya pada menu Peserta Didik, yaitu ada penambahan atribut baru dan mengingatkan kembali informasi terkait prosedur mutasi dan kelulusan.
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar peserta didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Peserta Didik Tidak Lulus
Sesuai informasi sebelumnya bahwa proses kelulusan untuk peserta didik tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Bagi peserta didik yang tidak lulus, prosedur yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan data peserta didik yang tidak lulus tersebut melalui Manajemen Dapodikdasmen untuk Dinas Pendidikan.
3. Peserta Didik Mutasi
Untuk peserta didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi pada Dapodik dilakukan setelah Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan sudah melakukan sinkronisasi dengan versi baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemetaan siswa mutasi ke dalam rombel.


C. GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)
Pembaruan selanjutnya adalah pada menu GTK, yaitu adanya penambahan atribut baru berupa:
1. Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2. Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.


Banyak hal baru yang ada pada dapodik 2020. Namun, meskipun banyak hal terbaru, sistem dan cara pengerjaan masih sama kok. Jadi sahat OPS tidak perlu bingung dengan cara pengerjaan aplikasi dapodik.

Cara pengerjaannya sangat simpel. Anda tinggal ikuti saja urutan pengerjaan sebagai berikut :
  1. Uninstal aplikasi dapodik 2019
  2. Unduh aplikasi dapodik 2020
  3. Instal aplikasi dapodik 2020
  4. Mulai mengerjakan pendataan pada aplikasi dapodik 2020
Baca Juga : Cara Tarik Peserta Didik Dapodik Terbaru Versi 2019

Sekedar untuk mengingat sahat OPS yang mungkin sudah lupa dengan caranya, silakan baca deh uraiannya di bawah ini.

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2020

 Udah agak lama juga nih saya tidak menyapa sahabat via blog ini Dapodik 2020 : Perubahan Terbaru, Cara Instal dan Cara Pengerjaan
Dapodi 2020

Teknis pengerjaan dapodik diawali dari instalasi dapodik. Seperti biasa, untuk bisa menginstal dapodik versi terbaru ini, anda harus menguninstal terlebih dahulu dapodik versi sebelumnya yaitu versi 2020.

Cara uninstal dapodik sudah saya sering bahas di blog ini. Untuk itu saya hanya mengulas secara singkat saja. Untuk menguninstal dapodik silakan anda masuk control panel, kemudian masuk ke Program and Feature, silakan cari aplikasi dapodik, klik aplikasi dapodik yang ada dalam daftar kemudian klik Uninstal. Proses uninstal akan makan beberapa waktu.

Setelah selesai uninstal dapodik versi lama silakan anda instal dapodik versi 2020. Sebelumnya silakan anda unduh terlebih dahulu aplikasi dapodiknya, klik di sini. Klik dua kali file hasil unduhan tersebut dan jalankan sampai finish proses instalasi.

Masalah Dapodik 2020 yang mungkin muncul dan Solusinya

Berbicara masalah dapodik 2020, sebenarnya saya belum mendapatkan masalah yang berarti selain masalah koneksi internet. Teman-teman OPS yang ada di satu dareah juga tidak terdengar adanya keluhan masalah dapodik. Lalu apa ya yang akan saya bahas.

Baca Juga : Masalah Login Akun Oerator Sekolah dan Solusinya

Oke, saya bahas beberapa kemungkinan masalah yang terjadi saja. Beberapa OPS mungkin akan mengalaman beberapa masalah dalam pengerjaan dapodik.

Masalah Unduh Aplikasi dan Prefil
Dalam laman unduhdan dapodik sudah disediakan beberapa link alternatif untuk mengunduh aplikasi ataupun data prefil. Jika mengalami maslah apda link utama, silakan gunakan link alternatif. Begitu juga dengan unduh prefil sudah disediakan link alternatif.

Gagal Unduh Data Prefil 
Sudah menggunakan link alternatif tapi tetap gagal mengunduh data prefil. Oke, kalau anda gagal mengunduh data prefil saya sarankan agar dan melakukan registrasi secara online. Berdasarkan pengalaman saya, registrasi secara online lebih mudah dibanding ofline menggunakan data prefil.

Sudah Berhasil Instal, Berhasil Registrasi Tapi Data Tidak Lengkap
Nah ini nah masalah yang benar-benar saya alami. Saya sudah berhasil instal dan registrasi dapodik, tapi begitu login ternyata data tidak lengkap. Daya yang tidak ada data GTK (Guru dan Tendik) Kosong, Data Siswa kosong.

Solusinya gemana nih? Masalah ini sepertinya ada pada masalah browser yang menyimpan cookie dapodik sebelumnya (saat data masih kosong) dan ketika sudah login data masih tetap kosong. Masalah seperti ini biasanya dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + F5 saja sudah selesai. Kalau dengan cara ini tidak bisa menyelesaikan, silakan anda bersih cookie dan hostori browser anda.

Baca Juga : Pengertian ASN, Asas, Jenis, Kode Etik Serta Hak dan Kewajiban ASN

Cara Pengerjaan Aplikasi Dapodik 2020

Setelah data lengkap, silakan anda kerjakan aplikasi dapodik. Untuk memudahkan pengerjaan silakan kerjaan secara urutan berdasarkan menu pada aplikasi dapodik.

Kerjakan Data Sekolah
Data sekolah terdiri dari Data Periodik, Sanitasi, Kepanitiaan dan data lainnya. Silakan isi secara lengkap.

Cara Mengerjakan Data Sarpras
Selanjutnya kerjakan data sarpras. Untuk mempercepat pengerjaan, silakan gunakan menu aksi dan klik Salin Data Periodik. Lanjutkan dengan klik setiap ruang, pada tabel bawah akan muncul sarana yang ada dalam ruang tersebut. Mungkin ada juga yang diblok warna kuning, untuk menghilangkan warna kuning silakan klik simpan. Dengan cara ini akan secara otomatis menambahkan sarana yang secara standar harus ada pada ruang tersebut. Kemudian klik pada sarana yang ada dan isi data priodik yang ada pada tabel sebelah kanan.

Cara Mengerjakan Data GTK
Data GTK terdiri dari data Guru dan Tendik. Langkah awal sebelum mengerjakan yang lain silakan klik menu Salin Penugasan. Kemudian klik pada setiap guru yang ada dan klik menu Penugasan, centang keatifkan sampai bulan Desember. Saya sarankan sampai bulan desember untuk menghindari lupa centang keaktifan pada bulan berikutnya. Kecual yang pensiun sebelum desember silakan sesuaikan.

Cara mengerjakan data peserta didik
Nah data ini lebih lama lagi nih. Pertama anda harus input data siswa baru (kelas 1). Setelah data siswa baru diinput lanjut dengan registrasi siswa baru tersebut. Selanjutnya anda bisa klik menu Salin Data Periodik. Ada yang baru nih dalam pengerjaan data siswa. OPS harus mengisi titik koordinat alamat setiap siswa. Jika tiitk koordinas tidak diisi maka pada semester genap akan terjadi invalid. Jadi silakan anda isi tiitik koordinat dari sekarang, agar pada semester genap pekerjaan sudah ringan.

Cara Megerjakan Data Rombongan Belajar
Dalam rombongan belajar ini ada dua data yang harus dipentingkan untuk dikerjakan, yaitu data anggota rombel dan pembelajara, Silakan isi dulu data pembelajaran dengan menginput mata pelajaran dan guru yang mengampunya.

Lanjutkan dengan mengisi data Anggota Rombel
Untuk mempercepat pengerjaan data ini, silakan gunakan menu aksi dan klik kenaikan kelas. Menu ini untuk menaikkan kelas secara otomatis. Lalu bagimana jika anda siswa yang tinggal kelas. Jika ada silakan keluarkan dari rombel dan masukkan ke rombel dibawahnya. Ingat, data siswa baru (siswa kelas 1) harus dimasukkan ke rombel kelas 1 lho. hehehe....

Cara membuat jadwal dapodik 2020
Nah ini data penting terakhir yang harus dikerjakan. Anda harus membuat jadal pembelajaran pada aplikasi dapodik 2020. Silakan masuk ke menu Jadwal, kemudian klik Pilih Saranan, klik tab hari dan klik tambah untuk membuat jadwal pembelajaran. Kerjakan sampai selesai semua kelas.

Hmmm.... udah capek nih nulis pembahasan cara instal dapodik 2020, solusi masalah dapodik 2019 dan cara mengerjakan dapodik 2020. Oke, saya cukupkan saya disini aja dulu ya. hehehe... Bagi OPS yang baru megang dapodik silakan eksplore sendiri aja deh, bagi yang sudah terbiasa saya yakin tidak akan mengalami masalah.

CATATAN PENTING
Pada saat saya membuat artikel ini, aplikasi dapodik versi 2020 belum rilis, jadi saya tidak memberikan gambar/ screen shoot dari aplikasi dapodik 2020. Adapun kasus masalah, itu hanya sebuah kemungkinan yang biasa terjadi pada setiap instal aplikasi dapodik terbaru.

Untuk mengetahui secara pasti tentang apliaksi dapodik 2020, tunggu updetan terbaru setelah nanti aplikasi dapodik 2020 dirilis.