Jumat, 03 Januari 2020

Download POS Ujian SD, Juknis dan Jadwal Ujian SD 2019

Download POS Ujian SD, Juknis dan Jadwal Ujian SD 2019 | Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayan akan kembali menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019. Menyambut penyelenggarakan ujian nasional tersebut, masing-masing satuan pendidikan sudah selayaknya untuk mempersiapkan sejak dini. Selain menyiapkan siswa, juga harus menyiapkan segala bentuk administrasi sebagai acuan penyelenggaraan.

POS USBN dan UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan hanya terjadi pada jadwal pelaksanaan dan jumlah peserta.

Baca Juga : Contoh Kurikulum 2013 SD Edisi Revisi Terbaru

Jadwal ujian bisa berubah karena disesuaikan dengan momen-momen tertentu. Misal momen hari besar agama atau hari-hari khusus keagamaan seperti bulan puasa dan lainnya. Pada tahun 2019, Ujian SD diperkirakan akan diselenggarakan pada bulan April.

Juknis Ujian Nasional SD 2019

Juknis atau petunjuk teknis atau petunjuk pelaksanaan ujian ansional 2018 mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan oleh BSNP. Untuk ujian SD 2019, BSNP sudah merilis POS yang bisa diunduh dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan ujian nasional.

Dalam POS yang sudah dirilis ini, sudah mencakup semua teknis penyelenggaraan ujian. Mulai dari pendataan, persiapan, penyelenggaraan dan pelaporan. Bahkan sampai dengan denah tempat duduk juga suda diberikan contohnya. Tentu, hal ini akan sangat membantu satuan pendidikan dalam menyusun administrasi pelaksanaan ujian naional.


Jadwal Ujian Nasional SD 2019

Nah ini yang menjadi pertanyaan baik guru maupun wali murid. Kapan kira-kira ujian SD akan dilaksanakan. Terlebih kayaknya bulan Mei sudah mulai memasuki bulan Romadon. Maka tak heran kalau banyak juga yang mempertanyakan hal ini. 

Dalam juknis atau POS ujian SD 2019 sudah ada jadwal secara detail. Pada POS tertera bahwa ujian nasional SD akan dimulai pada hari Senin, 22 April 2018 dan berakhir pada Rabu, 24 April 2018.
Demikian informasi mengenai ujian nasional SD 2018, silakan downloa POS ujian SD untuk dijadikan pedoman. Semoga bermanfaat.