Rabu, 01 Januari 2020

Kenali Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN Sebelum Daftar Masuk Perguruan Tinggi

Kenali Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN Sebelum Daftar Masuk Perguruan Tinggi - Masuk perguruan tinggi adalah tujuan utama sebagian besar para siswa SMA yang saat ini duduk di kelas 3 atau kelas 12. Berbagai persiapanpun sudah dilakukan untuk bisa masuk perguruan tinggi pavorit yang diinginkan. Persiapan paling utama yang dilaukan oleh para siswa biasanya adalah belajar secara maksimal agar bisa mendapatkan nilai ujina nasional yang maksimal. 

Sebagian besar siswa SMA mengetahui bahwa jika mereka berprestasi selama belajar di bangku SMA maka mereka akan mendapatkan seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur undangan. Masuk perguruan tinggi via jalur undangan menjadi pavorit para siswa karena mereka tidak akan lagi di test untuk masuk perguruan tinggi, melainkan hanya mengandalkan prestasi yang di dapat selama duduk di bangku SMA.

Baca Juga : Tips Agar Lulus SNMPTN Dengan Mudah

Lalu bagaimana dengan para siswa yang tidak memiliki prestasi bersinar selama duduk di bangku SMA?

Jangan berkecil hati, kita tahu bahwa ada dua jalur masuk perguruan tinggi yang via jalur undangan dan jalur umum. Namun tentu saja jika anda masuk perguruan tinggi melalui jalur umum anda harus melalui beberapa test atau ujian terlebih dahulu. Keuda jalur masuk perguruan tinggi ini sama-sama menggunakan sistem online dalam hal pendaftarannya. 

Dari kedua jalur masuk perguruan tinggi secara online ini, maka muncul dua istilah yang seolah-olah sama namun sebenarnya sangat jauh berbeda, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Nah, sudah tahu kan kedua istilah ini? Tapi sudah tahukah perbedaanya dimana?

Kenali Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN Sebelum Daftar Masuk Perguruan Tinggi Kenali Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN Sebelum Daftar Masuk Perguruan Tinggi


Perbedaan SMPTN dan SBMPTN

Penjelasan SNMPTN
SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Lalu bagaiman sistem atau mekanisme seleksinya? Jaman dulu, SNMPTN ini dikenal juga dengan istilah seleksi masuk perguruan tinggi jalur undangan. Yang menjadi modal utama dalam memasuki perguruan tinggi melalui jalur ini adalah prestasi selama duduk di bangku SMA. Jadi, jika anda siswa yang berprestasi sudah pasti akan mendapatkan undangan masuk perguruan tinggi dari beberapa perguruan tinggi.

Baca Juga : Soal SBMPTN Lengkap dengan Kunci Jawaban

Nah bagi anda yang mendambakan masuk perguruan tinggi via SNMPTN silakan persiapkan diri anda semenjak dini. Sejak anda masuk bangku SMA atau masuk kelas 1 atau kelas 10 silakan anda belajar dengan giat dan pertahankan terus prestasi anda. Jika bisa justru anda tingkatkan terus prestasi anda. Jika semenjak kelas 1 sampai kelas 3 SMA anda terus berprestasi bahkan mendatkan nilai ujian nasional tertinggi maka sudah dapat dipastikan anda akan bisa lolos masuk perguruan tinggi via SNMPTN.

Perguruan tinggi sendiri menyediakan kuota 50% dari kursi yang tersedia yang dialokasikan untuk mahasiswa yang masuk via SNMPTN. Perlu diingat, 50% ini bukan 50% dari jumlah pendaftara SNPMPT tapi 50% dari jumlah kursi yang tersedia. Umumnya perjurusan kurang lebih 50-200 kursi. Nah, 50% dari kursi yang disediakan akan diberikan pada mereka yang lolos jalur SNMPTN, sisanya akan diberikan pada mereka yang lolos di jalur lain seperti SBMPTN atau UM.

Lalu bagaimana nasib siswa yang tidak memiliki prestasi gemilang saat belajra di bangku SMA? Hmm.... jangan khawatir, jaman dulu kita tahu selain jalur undangan ada juga jalur umum masuk perguruan tinggi nasional. Nah, saat ini untuk masuk perguruan tinggi jalur umum anda bisa mendaftar via SBMPTN. Apa itu SBMPTN?


Penjelasan SBMPTN
SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dengan SNMPTN memiliki perbedaan yang sangat sedikit, yaitu hanya memiliki perbedaan satu huruf saja. Namun, meskipun memiliki perbedaan satu huruf saja, dalam sistem seleksinya memiliki perbedaan yang sangat jauh berbeda. 

SBMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi jalur umum dimana calon mahasiswa yang masuk jalur ini harus belajar keras karena harus melalui test ujian tertulis dan prkatik yang tidak mudah. Berbeda dengan SNMPTN yang memperhitungkan prestasi saat SMA, SBMPTN tidak memperhitungkan variabel nilai SMA, tapi murni menggunakan nilai test SBMPTN.

Bagi sebagian calon mahasiswa, SBMPTN dianggap lebih fair karena semua lulusn SMA memiliki hak dan kewajiban yang sama dan berkompetisi secara adil. Artinya, semua calon mehasiswa memasuki perguruan tinggi dengan modal nol. Tapi tentu saja pendapat ini hanya didukung oleh para calon mahasiswa yang tidak memiliki prestasi di bangku SMA. Hehhehe.....

Sebenarnya, kedua jalur masuk perguruan tinggi ini sama-sama fair dan adil. Bukan bearti seorang calon mahasiswa ketika masuk SNMPTN sudah dapat dipastikan bisa langsung lolos dan masuk perguruan tinggi dengan mulus, mereka juga harus bersaing secara ketat dengan para pesaing yang justru tidak diketahui prestasinya sejauh apa.

Sedangkan jika anda masuk perguraun tinggi melalui jalur SBMPTN, anda bisa mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mengikuti testnya. Anda bisa mempelajari materi-materi yang dipredikai akan keluar dalam soal test SBMPTN. Ujian masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada UN. Di SBMPTN juga dikenal sistem pengumpulan point, dari jawaban benar mendapat 4 point, jawaban salah dikurang 1 point dan kosong tidak mendapatkan point. 

Mengingat sulitnya soal yang harus dikerjakan dan kompetisi yang sangat ketat, saya sarankan agar anda belajar lebih awal. Mulai dari kelas 1 SMA anda harus sudah mulai mengenal soal-soal SBMPTN, dengan demikian pada saatnya nanti anda sudah benar-benar siap. Selain itu, karena anda sering belajar SBMPTN ada kemungkinan anda juga akan mendapatkan prestasi selama belajar SMA. Nah, jadi baik masuk perguruan tinggi via SNMPTN maupun SBMPTN anda sudah siap. Mantap...

Nah itulah perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, dengan mengenali perbedaan kedua jalur masuk perguruan tinggi ini maka anda bisa mempersiapkan secara dini untuk memasuki perguruan tinggi via jalur mana. Bagi anda yang saat ini menyadari tidak tidak memiliki prestasi, ayo belajar giat untuk menyelesaikan soal SBMPTN sehingga anda bisa masuk perguruan tinggi secara mulus.

Perbedaan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Untuk pendaftarannya sama-sama online, tapi tentu saja melalui web yang berbeda. Untuk masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN silakan anda mendaftar via http://www.snmptn.ac.id dan untuk masuk perguruan tinggi via SBMPTN silakan anda mendaftar via https://sbmptn.ac.id.

Adapun proedur dan syarat-syarat yang harus dipenuhi silakan anda baca deh informasi-informasi yang ada pada situs resmi tersebut.