Jumat, 03 Januari 2020

Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester 2 Tahun 2018/2019

Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester 2 Tahun 2018/2019 | Aplikasi dapodik 2019.c sudah rilis. Inilah aplikasi dapodik terbaru yang diperuntukkan tahun pelajaran 2018/2019 semester 2 atau semester genap. Dengan rilisnya aplikasi dapodik terbaru ini, maka banyak tugas yang harus dikerjakan oleh seorang operator sekolah.

Meskipun pengerjaan dapodik sudah menjadi rutinitas para operator sekolah, namun adakalanya ketika rilis aplikasi terbaru banyak juga operator sekolah yang bingung harus apa dulu yang dikerjakan. Apalagi bagi operator sekolah baru. Mungkin operator sekolah yang lama karena seorang guru PNS kemudian dimutasi dan guru baru menggantikan posisinya, jelas akan ada banyak kebingungan. Hehe...

Untuk itu, saya share panduan pengerjaan dapodik secara runtut agar bisa dipedomani oleh teman-teman operator sekolah. Baik, yuk langsung aja ke praktiknya.

1. Uninstal / Hapus Aplikasi Dapodik Lama
Sebelum menginstal aplikasi dapodik terbaru, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus atau uninstal aplikasi dapodik lama. Caranya, silakan masuk ke control panel, kemudian cari Program and Feature, Klik Uninstal Program. Ini yang menggunakan wingows 7, sedangkan untuk windows 10 lebih cepat lagi, silakan cari Control Panel, Kemudian klik pada Uninstal a program. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester  Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester 2 Tahun 2018/2019

Ini adalah tampilan daftar aplikasi yang ada pada laptop atau komputer anda, silakan klik pada aplikasi dapodik, kemudian klik Uninstal. Lanjut sampai komputer meminta restart, klik oke saja agar uninstal diproses secara sempurna.

2. Instal Aplikasi Dapodik 2019.c / Dapodik Terbaru
Untuk bisa menginstal aplikasi dapodik terbaru, silakan unduh dulu aplikasi dari link resmi yang disediakan oleh situs dapodikdasmen. Silakan kunjungi link ini : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Pada link ini, anda bisa mengunduh installer dan data prefil. Installer adalah master aplikasi dapodik yang akan diinstal pada lapotp, sedangkan data prefil adalah data sekolah milik anda yang akan digunakan untuk melakukan registrasi dapodik. Untuk data prefil, sekarang sudah dibagi-bagi berdasarkan provinsi. Untuk itu pada saat anda mengunduh data prefil milik anda, pastikan anda menggunakan link pada provinsi dimana sekolah anda berada.

Setelah berhasil mengunduh installer dapodik, silakan anda instal dapodik terbaru dengan klik dua kali pada file hasil unduhan Dapodik_2019.c.exe

3. Registrasi Dapodik Terbaru
Setelah proses instalasi berhasil, silakan lanjutkan dengan melakukan registrasi. Saya sarankan untuk melaukan registrasi secara offline, karena kalau online terkadang lama banget. Tapi, untuk bisa melaukan registrasi secara offline, anda harus unduh dulu data prefil milik anda. Setelah berhasil mengunduh data prefil, silakan taruh file data prefil tersebut pada Drive C > prefill_dapodik
Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester  Panduan Lengkap Pengerjaan Dapodik Semester 2 Tahun 2018/2019
Kalau sudah, silakan lanjut dengan registrasi.

Panduan Pengerjaan Dapodik Semster 2

1. Data Sekolah
Hal pertama yang harus dikerjakan adalah melengkapi data sekolah. Disini pekerjaan kelihatan sepele tapi sangat penting dan efeknya luar biasa. Misal, pada bagian ini ada pilihan bersedia menerima BOS atau tidak, maka anda harus benar-benar cermat. Jangan sampai sekolah anda tidak menerima BOS gara-gara anda salah pilih atau tidak sengaja memilih tidak bersedia menerima BOS.

Lengkapi semua data yang ada, seperti data sanitasi, kepanitiaan, dan lainnya. Tapi untuk akreditasi sudah terisi secara otomatis dan akan terupdate secara otomatis. Data diambil dari BAN.

2. Data Sarpras
Selanjutnya, kerjakan data sarpras. Jangan berpikir ribet deh, kalau cuma untuk menghilangkan invalid gampang banget kok. Silakan dan klik Menu aksi, dan klik Salin Data Periodik. Dengan cara ini mak invalid pada data sarpras akan hilang. Namun jika anda ingin menambahkan detail lain dari data sarpras, maka itu lebih baik lagi.

3. Data GTK / Guru dan Tendik
Untuk mengerjakna data GTK, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyalin data penugasa. Selanjutnya, jika ada guru atau tendik yang mutasi silakan mutasikan atau keluarkan dari dapodik dengan klik menu Penugasan dan isi alasan keluar serta tanggal keluar. Untuk yang masih aktif, jangan lupa centang keaktifan. Kalau saya sih biasanya centang sampai desember sekaligus, untuk menghidari lupa centang keaktifan pada bulan atau triwulan berikutnya.

4. Data Peserta Didik
Pertama silakan salin data periodik dulu, baru lanjut ke pengisian atau melengkapi data lainnya.
Selanjutnya mutasikan jika ada siswa yang mutasi. Ada hal yang penting nih di semeter genap 2018/2019. Yaitu setiap siswa wajib mengisi data koordinat. Yaitu letak dimana siswa tersebut tinggal. Cara kerjanya, sama deh dengan membuat alamat pada google map. Coba aja dulu deh, jangan bingung dulu. Gak susah kok, cuma harus ekstra sabar, apalagi kalau jumlah siswanya banyak banget. Hadeuh........

5. Data Rombongan Belajar
Nah ini bagian yang paling penting dari yang terpenting. Sebenarnya semuanya penting, tapi pada bagian ini harus ekstra hati-hati. Data disini berkiatan langsung dengan nasib para penerima tunjangan profesi guru atau tunjangan sertifikasi.

Pertam harus membuat rombongan belajar dulu. Eit, jangan dibuat manual dengan menu tambah. Ingat ini dapodik semester genap, jadi tinggal melanjutkan dari semester I aja. Caranya, silakan klik Menu Aksi, dan klik Lanjutkan Semester. Jika sudah semua rombel siap, lanjutkan dengan mengisi pembelajaran.

Ingat lho ya, pada pengisian pembelajaran ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu jumlah jam mengajar guru. Untuk penerima tunajgan seritifikasi minimal 24 jam per minggu lho.

6. Jadwal Pelajaran
Nah ini yang terakhir, silakan lengkapi aplikasi dapodik anda dengan jadwal pelajaran untuk setiap rombel yang ada. Ingat, jangan sampai ada jam yang bentrok lho ya. Kalau ada yang bentrok nanti akan menghasilkan data invalid dan tidak bisa melakukan sinkronisasi data.

Kayaknya itu aja dulu deh panduan lengkap pengerjaan dapodik semester 2, saya yakin semuanya sudah terbiasa. Jadi, meskipun hanya sekilas-sekilas pembahasannya sudah pada faham deh. Kalau untuk operator yang pemula baca ini malah bingung, mending mepet aja deh ke operator yang sudah berpengalaman. Hehe....