Jumat, 03 Januari 2020

Sertifikat Akreditasi Sudah Keluar, Ini Cara Downloadnya

Sertifikat Akreditasi Sudah Keluar, Ini Cara Downloadnya | Banyak yang beda dengan sistem akreditasi tahun 2018 ini. Termasuk dalam hal pendistribusian sertifikat, Badan Akreditasi Nasional tidak mencetak sertifikat dan membagikannya ke sekolah-sekolah. Namun sekolah mendownload dan mencetak sendiri sertifikat akreditasi.

Sebagai informasi, bahwa Badan Akreditasi Nasional sudah menerbitkan sertifikat akreditasi tahun 2018 baik untuk putaran pertama maupun putaran kedua. Namun, mungkin sebagian operator sekolah beum mengetahui informasi ini, atau sudah tahu tapi tidak tahu cara mengunduh atau mendownload sertifikasi tersebut. Masalahnya, ketika saya mencoba mengunduh menggunakan browser firefox terjadi sedikit masalah yang bisa membuat bingung operator sekolah.

 Banyak yang beda dengan sistem akreditasi tahun  Sertifikat Akreditasi Sudah Keluar, Ini Cara Downloadnya
Cara Download Sertikfat Akreditasi

Cara mendownload sertifikat akreditasi 2018

1. Login Situs Sispena
Untuk mengunduh sertifikat akreditasi silakan anda login ke situs sispena https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login
Silakan masukkan NPSN sekolah anda, kemudian masukkan pasword, masukkan kode captcha kemudian klik LOGIN.

2. Klik Menu Dasboard

Setelah berhasil login, silakan klik menu dasboard sehingga muncul hasil prosses akreditasi. Kemudian geser scroll bawah ke kanan, sehingga terlihat kota Pleno Download Sertifikat.

3. Klik Download Sertifikat
Setelah klik download sertifikat seperti yang pada lingkran merah di atas, ada kemungkinan browser milik anda tidak akan langsung mengarahkan pada sertifikat yang dimaksud, melainkan justru muncul pesan seolah-olah terjadi ERROR dan seolah-olah MEMBAHAYAKAN. Jika ini terjadi, yang salah bukan anda, bukan laptop anda, bukan koneksi internet anda, tapi ada kemunngkinan kesalahan ada pada pengaturan server sehingga memunculkan pesan TIDAK AMAN.
Untuk tetap bisa mengunduh sertifikat akreditasi, silakan anda klik Canggih (lihat yang saya beri lingkaran merah). Catatan : Saya menggunakan browser Mozila Firerfox.


Oke, sekarang lanjut dengan klik Tambah Pengecualian, dan klik Konfirmasi Pengecualian. Cara ini bertujuan untuk memasukkan link download sertifikat pada pengecualian link berbahaya. Tentunya kita yakin, bahwa link tersebut memang tidak berbahaya, tidak mungkin kan badan akreditasi mengirimkan sesuatu yang berbahaya pada link situnya. Hehehe.....

Setelah klik Konfirmasi, maka browser akan langsung memunculkan sertifikat akrditasi yang akan diunduh dalam format PDF. Selamat sekarang anda sudah bisa mengunduh sertifikat tersebut dan mencetaknya. Silakan klik pada icon yang saya beri tanda lingkaran merah.

Nah itulah teman-teman Operator Sekolah, cara mendownload sertifikat akreditasi. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan selamat beristirahat karena lelah karena akreditasi sudah berakhir. Tapi, pekerjaan lainnya sepertinya tidak pernah berhenti, jadi kayaknya belum bisa istirahat deh. Hehehe....