Analisa Kebutuhan Server Untuk Aplikasi Dan Kemudian Lintas Jaringan Komputer

Sebenarnya bahan yang banyak membahas perihal mesin server dan infrastrukturnya ialah bahan manajemen server yang dipelajari di Sekolah Menengah kejuruan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), untuk menambah rujukan kali ini saya akan menguraikan perihal bahan dasar tkj untuk kelas kelas XI yang akan membahas mengenai Analisa Kebutuhan Server Untuk Aplikasi dan Lalu lintas jaringan komputer, apa yang akan diuraikan menyangkut, Analisa kebutuhan server, spesifikasi hardware, spesifikasi software dan kebutuhan minimal server.

Dengan Membaca artikel ini diperlukan anda akam mampu Menganalisis kebutuhan server untuk kemudian lintas dan aplikasi jaringan komputer, Mampu menyajikan hasil analisis kebutuhan server untuk keperluan kemudian lintas dan aplikasi jaringan komputer serta anda bisa mengidentifikasi kebutuhan minimum hardware dan software untuk kebutuhan server.


Server ialah perangkat jaringan yang memperlihatkan layanan terhadap pengguna. Server melayani pengguna dengan handal dan harus bisa melakukanya setiap saat. Maka analisa terhadap kebutuhan server untuk bisa memenuhi tugasnya sangat dibutuhkan.



Server yang lemah, tidak sesuai, dan tidak handal, bisa menciptakan kerugian yang besar. Oleh alasannya itu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menciptakan sebuah server.

Server harus diadaptasi menurut kebutuhan kesesuaian dengan hardware jaringan yang lainya, aktifitas bisnis yang dilakukanya, jumlah pengguna yang dilayaninya, juga harus dilengkapi dengan software yang mendukung kinerja hardware secara optimal, handal, dan terjamin




Apa itu Mesin Server ?

Server adalah komputer sentral atau komputer pusat yang berfungsi untuk menyediakan jenis layanan (service) tertentu yang dibutuhkan oleh client dalam sebuah jaringan komputer. Server juga berfungsi  menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol jalan masuk terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, ibarat halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memperlihatkan jalan masuk kepada workstation atau komputer yang terhubung ke server. Komputer Server biasanya didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Tugas utama server ialah melayani komputer client atau merespon setiap request atau usul dari komputer client. fungsi dari server itu sendiri sangat dipengaruhi oleh jenis server sebagai berikut:

1. Server Aplikasi
Server yang dipakai untuk menyimpan dan menjalankan banyak sekali macam aplikasi yang sanggup diakses oleh client.

2. Server Data
Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan banyak sekali data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini sanggup di jalan masuk oleh client dengan santunan aplikasi yang ada di server.

3. Server Proxy
Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur kemudian lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Analisa kebutuhan Server

Server ialah perangkat yang ditujukan untuk menyediakan sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainya. Terkadang server disiapkan untuk menangani pekerjaan berat, dan terkadang yang lainya disiapkan untuk menangani pekerjaan yang ringan. Kaprikornus tidak semua kebutuhan server itu sama tergantung untuk layanan apa server tersebut disiapkan, mungkin beberapa kebutuhan bisa diminimalisir untuk menghemat biaya. 

Oleh alasannya itu ketika kita ingin menyiapkan server ada beberapa hal yang harus dianalisan dan disiapkan biar server yang kita siapkan cocok dengan kiprah yang akan dikelolanya serta sanggup bekerja secara maksimal.

Berikut ialah adalah beberapa hal yang harus diperkirakan untuk mendapat server dengan kinerja yang optimal:

1. Hardware Jaringan

Hadrawe ialah perangkat keras yang harus diperhitungkan ketika kita ingin menyiapkan server hardware yang dipilih akan sangat menentukan performa server, bila salah menentukan hardware maka serverpun tidak sanggup bekerja dengan baik. Hardware yang dimaksud ialah hardware jaringan yang bekerja sama dengan server, ibarat Router, Switch, dsb. Pastikan, bahwa server kita bisa bekerja sama dengan hardware lainya, pastikan bahwa port untuk koneksi antara peripheral satu bisa bekerja dengan yang lainya.


2. Aktifitas Bisnis

Setelah hardware yang bisa bekerja sama dengan baik, maka kita harus tahu aktifitas bisnis kita ibarat apa. Dalam analisa kedua ini, kita harus tahu seberapa berat aktifitas yang dilakukan oleh server, apakah server akan melaksanakan komputasi matematika yang rumit? Apakah server hanya menyediakan konten? Apakah server bekerja dengan keras sebagai penyedia jasa kriptografi?
Setelah mengetahui aktifitas bisnis, kita bisa menentukan kebutuhan hardware operasional dalam server kita, berapa clock rate yang dibutuhkan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan data, processor dan hardware lainnya yang merupakan hardware utama sebuah komputer server.


3. Jumlah Pengguna

Selain aktifitas bisnis, maka yang tidak bisa lepas darinya ialah jumlah pengguna. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin memerlukan kualitas hardware yang rendah, tapi dengan jumlah pengguna yang banyak, maka kualitas hardware yang tinggi juga dibutuhkan. 

𝒐𝒑𝒕𝒊𝒎𝒂𝒍=(𝒏𝒑𝒆𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒂∗𝒓𝒂𝒌𝒕𝒊𝒇𝒊𝒕𝒂𝒔 𝒃𝒊𝒔𝒏𝒊𝒔)∗𝒏𝒑𝒆𝒏𝒈𝒈𝒖𝒏𝒂 Untuk mendapat spesifikasi yang minimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas bisnis yang dibutuhkan alasannya mereka saring terkait satu sama lain. Spesifikasi minimal tersebut dikalikan dengan jumlah pengguna lagi untuk menciptakan margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas 

Sebuah struktur yang baik ialah apabila struktur tersebut tumbuh, beliau tidak perlu dibangun lagi dari awal. Server harus bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang. Penentuan denah jaringan, dan juga pembagian sumber daya yang tepat, alokasi cadangan yang sempurna bisa menciptakan perkembangan server dengan gampang tanpa harus merubah yang sudah jadi.

5. Titik Penyebaran

Server dengan pengguna yang tersebar mempunyai jarak yang berbeda-beda dalam mengirimkan informasi. Apabila titik penyebaran terlalu jauh, bukan mustahil server sekunder yang lebih erat harus dibuat. Pembuatan server sekunder, bisa menciptakan penyampaian informasi, apabila tidak dimungkinkan, maka optimalisasi hardware media pengiriman data harus ditingkatkan, ibarat memakai media kecepatan tinggi ibarat kabel fiber, dsb.

6. Software 

Ingat bahwa hardware tidak bisa bekerja tanpa software. Pemilihan software yang sempurna juga dibutuhkan. Kita juga bisa melihat aktifitas bisnis yang dilakukan, apakah server berfungsi sebagai penyedia DNS? Berarti, kita harus menginstall software manajemen DNS di server. Bagaimana dengan pemilihan jenis atau brand DNS server? Pemilihan yang sesuai tergantung dari kebutuhan server, apabila server melayani jutaan pelanggan tiap harinya dan apabila mati sejenak bisa menjadikan bencana, maka pemilihan brand software sebaiknya dilakukan sebaik mungkin untuk meminimalisir kerugian.


Analisis Spesifikasi Hardware Komputer Server

Hadware untuk komputer server ditentukan menurut aktifitas bisnis dan jumlah pengguna, untuk mendapat hardware yang sempurna biasanya memakai metode penjabaran tingkatan yang diadaptasi dengan kebutuhan hardawre untuk bisnis.

Klasifikasi tingkatan dilakukan dengan membagi jenis-jenis hardware, ibarat kebutuhan RAM, Hardisk, CPU Clock Rate, dll. Sebelum melaksanakan optimalisasi, maka formula perhitungan optimalisasi di atas harus dinormalisasikan.

Contoh kasus:
Perusahaan dengan pegawai sebanyak 1000 orang, dengan aktifitas bisnis melaksanakan pengunggahan laporan, pengunduhan laporan, dan validasi data. Dilakukan benchmark, bahwa dalam 1 menit, ada 500 orang melaksanakan aktifitas bisnis, dari aktifitas tersebut, 30 orang gagal, dan sisanya berhasil. Maka rasio aktifitas bisnisnya ialah 500-30/500, 94%, ada 6% yang gagal, sehingg rasionya ialah 106%.

Maka angka optimalisasinya, ialah 1000 * 1.0 * 1000 = 1,000,000.
Rasio akfitifas bisnis di optimalisasi harus 100%.
Lalu, dilakukan pencarian aktifitas puncak, 1 * 1.6 * 1000 = 1.600.000.
Rasio optimalisasinya 1.000.000/1.600.000 = 0.625

Maka RAM yang dibutuhkan ialah 16 Giga Byte.
Begitu pula dengan cara perhitungan jumlah memory, clock rate CPU, dsb. Harus diingat bahwa tabel penjabaran ini harus ditentukan oleh orang yang benar-benar mengerti perihal optimalisasi, yang telah berpengalaman dalam melaksanakan penjabaran kebutuhan.

Tabel penjabaran muncul seiring dengan orang yang bertanggung jawab untuk melakuka penjabaran tersebut mempunyai pengalaman dikala operasional lapangan berlangsung

Analisis Spesifikasi Software Komputer Server

Ada banyak sekali brand software yang bisa dipakai dikomputer server di luar sana. Lalu, bagaimana kita bisa menentukan brand yang sesuai? Untuk mendapat kemampuan server yang optimal, maka brand dari software sebagai pola ialah aplikasi web server harus memenuhi 4 kriteria berikut:

1. Jaminan Aplikasi web server harus terjamin, dan apabila terjadi kerugian maka perusahaan web server tersebut juga harus ikut mempertanggung-jawabkanya.

2. Kontinuitas Jaman berkembang terus, brand web server harus terus dikembangkan seiring dengan berkembangnya teknologi, dalam masalah misalnya ialah perankat lunak web server ibarat versi protocol HTTP, web server harus terus berkembang dan mengikuti standar prototokl HTTP yang gres tanpa melupakan yang lama.

3. Keamanan Web server yang aman, tidak rentan terhadap pencurian identitas, injeksi, dsb, ialah salah satu alasan kemampuanya untuk terus berjalan dan melayani pengguna.

4. Kehandalan Web server harus handal, beliau dihentikan sangat lemah sampai bahkan apabila hardware server sudah optimal, tapi software web server hanya bisa melayani 256 pengguna setiap menit.


Analisa kebutuhan server maupun hardware untuk komputer server memang tidaklah mudah, pada dasarnya harus sesuai dengan kebutuhan, untuk apa server tersebut digunakan, bila kebutuhannya sudah sanggup dianalisa dengan baik, maka kebutuhan hardware dan software untuk komputer server sanggup ditentukan dengan sempurna sehingga server akan mempunyai kinerja yang optimal setidaknya server mempunyai kebutuhan minimal.