Contoh Soal Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya K13 (Essay Part-9)

-

Melanjutkan tulisan Contoh Soal essay Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya K13 bagian ke-8 (soal nomor 106-120), essay bagian kesembilan berisikan materi yang sama dengan contoh soal Pilihan Ganda Penjas Orkes kelas 10 semester satu bagian kesembilan, yaitu tentang "Pergaulan Sehat Antarremaja".

Berikut, contoh soal Essay Penjaskes kelas X semester ganjil kurikulum 2013 dan kunci jawabannya, untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari soal nomor 121 sampai dengan 135.

121. Hal yang paling berperan terhadap pergaulan tidak sehat di kalangan remaja adalah....
Jawaban: keluarga

122. Tindakan yang dilakukan oleh orang tua untuk memberikan penerangan yang efektif dan tepat atas gangguan yagn dialami remaja disebut....
Jawaban: preventif

123. Pergaulan tidak sehat seperti perilaku se*s bebas adalah perilaku....
Jawaban: tercela

124. Segala upaya dan tindakan seseorang untuk menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatannya sendiri dalam batas-batas kemampuannya dinamakan kesehatan....
Jawaban: pribadi

125. Pencapaian prestasi di sekolah atau di masyarakat diawali dari bentuk....
Jawaban: pergaulan sehat

126. Suatu hal yang dapat memengaruhi kondisi psikologis remaja adalah....
Jawaban: pengekangan

127. Sebagian besar anak-anak remaja yang melakukan hal-hal yang kurang baik karena kurang memahami....
Jawaban: norma-norma agama

128. Salah satu cara upaya kita tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak sehat adalah....
Jawaban: kesadaran beragama

129. Salah satu akibat karena perilaku tidak sesuai dengan nilai/norma sosial yang berlaku di masyarakat adalah....
Jawaban: dikucilkan

130. Segala masalah yang terjadi harus diselesaian dengan cara....
Jawaban: komunikasi

131. Jelaskan yang dimaksud dengan pergaulan sehat antarremaja!
Jawaban: pergaulan sehat adalah pergaulan yang membawa pengaruh positif bagi perkembangan kepribadian seseorang

132. Sebutkan prinsip dasar dari pergaulan sehat remaja!
Jawaban: prinsip dasar pergaulan sehat sebagai berikut.
a. Menyadari adanya perkembangan diri sehingga melahirkan melahirkan kebutuhan untuk berkenalan dengan teman sejenis maupun dengan lawan jenis
b. Hubungan yang dibangun sebaiknya memberi nilai positif pada kedua belah pihak. Hubungan yang dijalani sebaiknya sama-sama menyenangkan, menciptakan rasa aman, mengatasi masalah yang mungkin muncul, dan membangun simpati sehingga memberi makna bagi remaja dalam bergaul tetap ditingkatkan yang wajar.
c. Mau belajar untuk mengerti, menghargai, serta bersikap dengan tepat terhadap sahabat, khususnya lawan jenis. Hak ini memiliki tujuan untuk menciptakan keseimbangan.
d. Tidak berprasangka bahwa bersahabat dengan lawan jenis pasti akan memunculkan masalah “perasaan suka”. Persahabatan laki-laki dan perempuan tidak harus menjadikan mereka “saling suka”. Mereka masih harus bisa berteman baik dengan baik dan wajar.
e. Jika dalam persahabatan antarlawan jenis timbul “perasaan suka”, hal itu wajar saja dan seharusnya tidak mengurangi anti persahabatan.
f. Persahabatan antara lawan jenis sering berlanjut pada proses pacaran. Jika demikian, keduanya harus ada komitmen untuk saling terbuka, menghormati kelebihan dan kekurangan, serta membuat kesepakatan-kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak terutama untuk hal-hal yang membangun potensi diri.

133. Sebutkan cara mencegah pergaulan yang tidak sehat!
Jawaban: Berikut ini beberapa hal yang dapat mengurangi atau mencegah pergaulan yang tidak sehat.
a. Pentingnya perhatian dan kasih sayang yang cukup dari orang tua dalam hal dan keadaan apapun.
b. Pengawasan orang tua yang tidak mengekang. Pengekangan yang dialami oleh seorang anak atau remaja dapat memengaruhi kondisi psikologis. Seorang anak dihadapan orang tuanya akan bersikap baik dan patuh, tetapi setelah anak tersebut keluar dari lingkungan keluarga, anak tersebut akan menggunakannya sebagai pelampiasan dari pengekangan tersebut. Sehingga anak tersebut bisa melakukan sesuatu yang tidak diajarkan orang tuanya.
c. Seorang anak sebaiknya bergaul dengan teman yang sebanya, perbedaan umurnya sekitar dua atau tiga tahun lebih dewasa dari dirinya. Hal ini dikarenakan, jika seorang anak bergaul dengan teman yang tidak sebaya yang hidupnya berbeda, sehingga anak tersebut bisa terpengaruh gaya hidupnya yang mungkin belum saatnya untuk anak tersebut bisa terpengaruh gaya hidupnya  yang mungkin belum saat saatnya untuk anak tersebut jalani.
d. Adanya pengawasan yang lebih dari orang tua terhadap media komunikasi, seperti internet, handphone, dan lain sebagainya.
e. Perlu adanya bimbingan kepribadian untuk seorang anak mampu memilih dan membedakan hal yang baik untuk dia maupun yang tidak baik
f. Memberikan pembelajaran agama sedini mungkin, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai agamanya.

134. Jelaskan yang dimaksud dengan pergaulan!
Jawaban: pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, selain itu dapat juga dilakukan oleh individu dengan kelompok

135. Sebutkan dampak dari pergaulan tidak sehat!
Jawaban: berikut ini beberapa dampak negatif yang terbentuk akibat pergaulan yang salah
a. Menurunya semangat belajar bahkan menghilang cenderung malas serta menyukai hal-hal yang melanggar norma sosial
b. Masa depan yang suram akibat terjerumus dalam dunia kelam, contohnya kecanduan narkoba, terlibat dalam tindakan kriminal dan lain sebagainya
c. Dikucilkan oleh masyarakat sekitar karena perilaku tidak seusai dengan nilai/norma sosial yang berlaku.
d. Tumbuh menjadi sosok individu dengan kepribadian yang menyimpang.

Lanjut ke soal UAS Penjas => Contoh Soal UAS Penjas Kelas X Semester 1 K13 Beserta Jawabannya (PG dan Essay)

Contoh Soal Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya K13 (Essay Part-9). There are any Contoh Soal Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya K13 (Essay Part-9) in here.