Jumat, 06 Maret 2020

4 Akibat knalpot mobil bocor

Knalpot mobil bocor sepintas memang bukan perkara yang besar sehingga banyak yang menyepelekan kondisi ini. Padahal, knalpot mobil bocor bisa memberikan efek dan akibat yang bisa membahayakan bagi orang yang menggunakan mobil tersebut.

Ya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa knalpot mobilnya mengalami kebocoran, hal ini dikarenakan memang sangat sedikit ciri-ciri yang bisa ditimbulkan dari knalpot mobil bocor, kecuali jika memang diameter lubang kebocoran pada knalpot sudah sangat besar.

Knalpot mobil bocor sepintas memang bukan perkara yang besar sehingga banyak yang menyepel 4 Akibat knalpot mobil bocor

Jika knalpot mobil bocor bisa memberikan akibat dan dampak yang buruk bagi mobil ataupun untuk pengguna mobil tersebut, lantas apa saja akibat yang bisa ditimbulkan oleh knalpot mobil bocor? Berikut adalah 4 akibat knalpot mobil bocor


1. Suara knalpot berubah


Akibat knalpot mobil bocor yang paling terasa adalah berubahnya suara knalpot mobil. Ya, salah satu fungsi utama dari knalpot mobil adalah sebagai peredam suara ledakan yang terjadi di dalam mesin.

Dengan adanya knalpot, maka frekuensi suara ledakan yang terjadi akan diredam oleh knalpot sehingga volume suara ledakan dari dalam mesin akan terdengar lebih kecil dan halus.

Jika sebelumnya suara knalpot mobil terdengar halus dan tidak berisik, maka ketika knalpot mobil bocor suara knalpot akan terdengar lebih kasar dan lebih berisik dari biasanya. Hal ini merupakan imbas dari keluarnya gelombang frekuensi suara ledakan melalui lubang kebocoran.


2. Tenaga mesin berkurang


Akibat knalpot mobil bocor yang kedua adalah tenaga mesin akan berkurang. Hal ini sejalan dengan hilangnya efek back pressure yang seharusnya dihasilkan saat kondisi knalpot mobil normal.

Back pressure dibutuhkan pada mesin-mesin mobil normal untuk menjaga agar campuran udara dan bahan bakar yang baru dimasukkan tidak ikut terdorong keluar melalui exhaust valve saat terjadi overlapping antara valve intake dengan valve exhaust.

Dengan begitu, maka campuran udara bahan bakar yang cukup bisa tetap terjaga dan bisa menghasilkan tenaga mesin yang maksimal.

Jika knalpot mobil bocor, maka tekanan back pressure ini akan berkurang atau bahkan hilang sehingga tidak ada tekanan balik yang dapat mencegah campuran bahan bakar udara baru keluar. Akibatnya campuran bahan bakar menjadi tidak ideal sehingga menyebabkan tenaga mesin menjadi berkurang.

Selain itu, campuran udara bahan bakar yang lolos ke exhaust maifold bisa mengalami self ignition sehingga tak jarang akan terdengar ledakan yang berasal dari header knalpot.

Baca juga :



3. Konsumsi bahan bakar menjadi boros


Borosnya konsumsi bahan bakar juga akan dirasakan akibat knalpot mobil bocor. Ya, hal ini sejalan dengan menurunnya tenaga mesin sehingga memberikan efek ke pengemudi untuk meningkatkan tenaga dengan menambah pijakan pada pedal gas. Tujuannya adalah agar mesin bisa berakselerasi sesuai keinginan pengemudi.

Namun begitu, bertambahnya pijakan pada pedal gas yang terlalu sering tentunya juga akan berdampak pada peningkatan konsumsi bahan bakar. Akibatnya, bahan bakar bisa menjadi lebih boros dibanding jika knalpot mobil tidak bocor


4. Menimbulkan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan


Akibat knalpot mobil bocor yang terakhir ombro ketahui adalah knalpot bocor dapat menimbulkan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan khususnya untuk pengguna mobil tersebut.

Ya, gas buang sisa pembakaran akan menghasilkan gas berupa carbon monoksida (co), carbon dioksida (co2), Hidrocarbon (hc), dan lain-lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Dengan adanya knalpot, gas tersebut akan disaring terlebih dahulu melalui catalytic converter sehingga emisinya dapat berkurang.

Jika knalpot bocor, maka gas buang dari knalpot mobil yang bocor dapat masuk ke kabin. Gejala pusing, mata perih,hingga mual-mual bisa saja terjadi saat penumpang menghirup gas beracun tersebut. Bahkan pada beberapa kasus, gas beracun ini dapat menimbulkan kematian bagi orang yang terlalu lama menghirupnya.

Oleh karena itulah untuk tidak menyepelekan kondisi knalpot mobil bocor, ada baiknya kebocoran tersebut segera diperbaiki untuk menghindari kerugian-kerugian yang seharusnya bisa diantisipasi terlebih dahulu.

Demikianlah artikel tentang 4 akibat knalpot mobil bocor yang bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil