Selasa, 03 Maret 2020

Cara Gampang Instal Dan Seting Mikrotik Di Virtual Box Untuk Pemula

Untuk ada yang sudah usang berkecipung dengan jaringan tentu tau apa itu mikrotik, Mikrotik yaitu perangkat lunak sistem operasi hasil pengembangan dari sistem operasi linux yang berfungsi untuk mengelola jaringan komputer.

Saat ini ada 2 jenis istilah mikrotik, mikrotik routerbouard dan mikrotik sistem operasi, mikrotik routerboard yaitu perangkat keras jaringan yang didalamnya sudah tertanam sistem operasi mikrotik.

Sedangkan mikrotik OS atau sistem operasi mikrotik yaitu perangkat lunak yang sanggup diinstal di perangkat komputer yang ingin difungsikan sebagai router untuk mengelola jaringan komputer.



Mikrotik dibentuk oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia, sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia kini ini.

Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya memakai teknologi nirkabel atau wireless.

Saat ini MikroTikls memperlihatkan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan susukan Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat terkenal di Indonesia.

MikroTik kini menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik yaitu MikroTik RouterOS.

Di artikel kali ini aku akan menguraikan bagaimana cara menginstal mikrotik di virtual box untuk persiapan simulasi jaringan. virtual box  sendiri merupakan sebuah software untuk menciptakan mesin atau komputer virtual yang sanggup dipakai layaknya sebuah komputer fisik.

Virtual box dipilih sebagai alternatif untuk anda yang kebetulan mempunyai keterbatasan sarana untuk mencoba mikrotik.

Cara Praktis Instal dan seting mikrotik di virtual box untuk pemula

Berikut yaitu langkah-langkah virtual box untuk konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet:

1. Instal virtual box di computer anda

Sebaiknya anda memilih virtual box versi terakhir agar fiturnya lebih lengkap dan support dengan semua versi system operasi windows yang anda gunakan.

Langkah-langkah instalasi virtual box tidak akan aku jelaskan secara panjang lebar, aku yakin anda sudah tahu caranya, silahkan download virtual box versi terakhir terlebih dahulu, kemudian instalkan di computer anda.

2. Buat Mesin Virtual di virtualbox untuk instalasi mikrotik OS

Langkah kedua sehabis anda menginstal virtual box, silahkan buat mesin virtual yang nanti akan dipakai untuk instalasi sistem operasi mikrotik.

Untuk menciptakan mesin virtual untuk instalasi mikrotik langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a.Aktifkan virtual box yang sudah anda install

b.Pilih tombol New  dipojok kiri atas, atau sanggup juga menentukan menu mechine > new


Nama : misal Mikrotik-OS
Type : pilih linux
Version : Other Linux (32-bit)

Kemudian tekan tombol Next untuk masuk ke pengaturan memory ibarat gambar di bawah ini:



Silahkan sesuaikan Ukuram Memory untuk mesin virtual yang anda buat, geser dan sesuaikan tapi jangan hingga melewati warna merah.

Selanjutnya tekan tombol Next untuk menuju ke pengaturan hardisk ibarat gambar di bawah ini:



Kemudian pilih opsi Create a virtual hardsik now, kemudian tekan tombol Create


Pilih Salah satu, misalkan VDI (Virtualbox disk Image), kemudian tekan tombol Next


Pilih Dynamically alocated, kemudian tekan lagi tombol Next.

Di tampilan berukutnya kemudian tekan tombol Create untuk menciptakan mesin virtual.

Mesin virtual box pun sudah berhasil kita buat, tampilannya kurang lebih ibarat gambar di bawah ini:
.

3. Instalkan Mikrotik di mesin virtual yang sudah dibentuk sebelumnya

Langkah-langkah untuk menginstal mikrotik di mesin virtual yaitu sebagai berikut:

a. Download sistem operasi mikrotik, kemudian simpan filenya di komputer anda di lokasi yang gampang diakses.

b. Buka Virtual box, kemudian double-klik Nama mesin virtual yang sudah kita buat sebelumnya yaitu  Mikrotik-OS.


Silakan tekan tombol Browser di kanan warna kuning, kemudian arahkan dan pilih file mikrotik yang sudah anda download sebelumnya.



Selanjutnya tekan tombol Start, komputer virtual pun akan melaksanakan restart dan akan pribadi masuk ke mode instalasi mikrotik.


Tekan tombol a pada keyboard, untuk menentukan semua opsi instalasi yang tersedia

Kemudian tekan tombolkeyboard i untuk mulai menginstal, kemudian tekan tombol Y dan tekan lagi tombol Y untuk menyetujui instalasi.

Tunggu proses instalasi hingga selesai. hingga muncul text yang meminta anda untuk menekan enter untuk reboot, ibarat tampilan gambar di bawah ini.


Sebaiknya jangan dulu menekan enter untuk reeboot, tapi keluarkan dulu file instalasi mikrotik yang digunakan, caranya pilih dengan klik sajian Devices >  Mikrotik 6.33.exe untuk menghilangkan centang.

Setelah itu gres tekan tombol Enter dan tekan tombol Y untuk merestart mikrotik, mikrotik pun akan melaksanakan restart.

c. matikan mikrotik,
Caranya sehabis mikrotik melaksanakan restart, maka akan muncul perintah login ibarat gambar di bawah ini:


Silahkan login dengan user: admin dan password kosongkan saja lalu enter 2 kali, maka anda akan masuk ke halaman utama mikrotik ibarat gambar di bawah ini:


Silahkan ketikan sy sh, kemudian enter untuk menshutdown mikrotik. biarkan sementar mikrotik mati, kemudian kita coba melaksanakan konfgurasi seting virtual box.

5. Konfigurasi Pengaturan Virtual Box Untuk Konfigurasi Mikrotik

Ketika kita memakai virtual box untuk konfigurasi server mikrotik, maka sebelum melaksanakan konfigurasi, anda harus melaksanakan pengaturan di virtual box untuk memperlihatkan mesin virtual 2 buah network adapter dengan ketentuan:

Network adapter 1 dipakai untuk terhubung ke jaringan Local (LAN), dan 
Nnetwork adapter 2 dipakai untuk dihubungkan ke jaringan publik (internet)

Langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Di virtual box, pilih nama mesin virtual untuk mikrotik yang sudah anda buat sebelumnya, kemudian pilih menu settings (gambar roda gigi).

2. Pada halaman pengaturan, di bilah sajian sisi kiri pilih sajian Network kemudian klik Adapter 1 dan centang Enable network adapter, ibarat gambar di bawah ini:


Attach to : pilih Host-only Adapter
Name : pilih VirtualBox Host-Only Ethernet Adapter.

Pengaturan ini dipakai semoga mesin virtual sanggup terhubung dengan komputer yang kita gunakan dimana virtualbox terinstal.

3. Selanjutnya klik tab Adapter 2, kemudian centang Enable Network Adapter


Attach to : pilih Bridge Adapter
Name : silahkan pilih nama network adapter di komputer anda yang anda gunakan untuk terhubung ke internet.

Untuk perkara aku saya pilih Atheros.... wireless network adapter, alasannya yaitu kenetulan di komputer aku memakai wireless untuk terhubung ke jaringan internet. silahkan cek di control panel nama network adapter yang terhubung ke internet, jangan hingga tertukar semoga konfigurasi mikrotik sanggup berjalan dengan baik.

4. Tekan tombol OK jikalau sudah selesai
Dengan pengaturan di atas maka mesin virtual untuk instal mikrotik, akan mempunyai 2 NIC (network adapter), adapter 1 terhubung ke komputer yang kita gunakan yang difungsikan sebagai client, sedangkan adapter 2 kita hubungkan pribadi ke internet melalui jaringan internet yang masuk ke komputer atau laptop yang sedang kita gunakan.

Baca juga: Cara menghubungkan mikrotik di virtualbox dengan internet

Dengan pengaturan di atas maka mesin virtual mikrotik sudah sanggup dipakai untuk simulasi mikrotik memakai virtual box.