Konsep Dasar Memahami Algoritma Untuk Pemula

Halo sobat, di artikel kali ini aku akan menjelaskan ihwal  Konsep Dasar Memahami Algoritma untuk pemula, artikel ini sengaja aku sajikan alasannya aku sadar untuk pemula yang gres mengenal algoritma akan sangat sulit bagaimana cara memahami algoritma untuk pemula. dengan memahami konnsepnya aku yakin anda akan lebih simpel berguru algoritma.

Memang benar kebanyakan pemula yang gres berguru algoritma akan menganggap algoritma itu sangat sulit, bahkan dianggap lebih sulit dari matematika dan fisika, alasannya untuk mempelajari algoritma memerlukan logika, tapi anda mungkin akan merasa simpel untuk menguasainya dikala anda bisa menguasai matematika atau pelajaran eksak lainnya, namun anda benar-benar harus mengetahui konsep dasarnya.

Apa sih algoritma itu?, algoritma kalau harus didefiniskan bersama-sama ialah langkah-langkah penyelesaian problem untuk kasus yang sanggup diproses secara terkomputerisasi, sedangkan berdasarkan wikipedia algoritma ialah mekanisme langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma dipakai untuk penghitungan, pemrosesan data, dan kebijaksanaan budi otomatis.

Kenapa harus berguru algoritma?, Jika anda ingin menguasai bahasa pemrograman, apapun bahasa pemrogramannya, baik itu pascal, java, visual basic maka salah satu yang harus dipelajari sebelum terjun ke dunia bahasa pemrograman ialah algoritma, dengan mempelajari algoritma maka anda akan dilatih cara berfikir sorang programmer dikala memecahkan problem terkomputerisasi.

Konsep dasar Memahami Algoritma untuk Pemula

Jika anda masih resah mengenai citra algoritma, aku akan kasih sebuah teladan algoritma sederhana dalam matematika, sudah usang kita kenal dikala kita diminta untuk memecahkan soal matematika, fisika atau kimia yang sifatnya soal cerita, guru mengajarkan kepada kita bahwa soal-soal dongeng untuk mata pelajaran eksak akan lebih baik kalau dipecahkan dengan langkah-langkah penyelesaian (diketahui, ditanyakan dan jawab), mungkin anda masih ingat,  seperti ilustrasi dibawah ini:

diketahui:
point-point apa saja yang diketahui dari soal untuk diproses

ditanyakan:
Apa yang ditanyakan di soal?

Jawab:
Uraian proses penyelesaian hingga ditemukan jawabannya.


Saya yakin anda niscaya sudah kenal dengan langkah-langkah diatas.

Nah kalau diamati langkah-langkah penyelesaian problem matematika di atas bersama-sama bisa dikatakan identik dengan sebuah algoritma, bedanya ialah struktur dasarnya saja.


Struktur dasar algoritma 

Struktur dasar dari algoritma ialah sebagai berikut:

program nama_program

deklarasi
berisi deklarasi-deklarasi variable

algoritma:
berisi proses pemecahan masalah


Penjelasan
Nama kegiatan bisa diisi apa saja dengan hukum yang telah ditentukan (tidak boleh mengandung spasi, dihentikan didahului angka dan dihentikan mengandung operator matematika +,-,x / dan lain-lain)

Saya yakin anda mungkin bertanya apa itu variable? nanti aku akan jelaskan.

Memahami algoritma dari Kasus menukarkan isi Gelas

Untuk mempelajari algoritma bagi pemula, salah satunya ialah melalui ilustrasi menukarkan gelas yang berisi susu dan satunya ialah kopi, dengan ilustrasi di bawah ini maka anda akan dilatih dan dikenalkan bagaimana cara berfikir algoritma.

Kasusnya ialah sebagai berikut:

Misal Ada 2 gelas, gelas A berisi Kopi dan gelas B berisi Susu, bagaimana caranya untuk menukarkan isi gelas, jadi gelas A berisi susu dan Gelas B yang awalnya berisi susu harus berisi Kopi?

Ketika melihat soal diatas anda akan sedikit berfikir dan punya logikanya bukan, simpel sekali, ya tanggapan untuk menukarkan isi gelas A dan B diatas sangatlah mudah, tampaknya cara anda sama ibarat apa yang aku fikirkan.


 di artikel kali ini aku akan menjelaskan ihwal  Konsep Dasar Memahami Algoritma Untuk Pemula
Konsep dasar algoritma


Sediakan satu gelas kosong, misal gelas C, kemudian isi dari gelas A (berisi kopi) kita masukan ke gelas C ini menyebabkan gelas A kosong dan gelas C berisi Kopi, kemudian dari gelas B (berisi susu), Masukan ke gelas A (yang kosong), ini menyebabkan gelas A berisi susu dan gelas B kosong, terakhir, dari gelas C (berisi kopi), tuangkan ke gelas B yang kosong.

Dengan nalar di atas maka gelas A, akan berisi Susu dan gelas B akan berisi kopi.

Beberapa Istilah algoritma dasar 

beberapa istilah algoritma dasar yaitu:
  • Variable
  • Tipedata
Wah apa itu?

Dari kasus di atas anda akan memahami apa itu variable dan apa itu tipedata.

Di algorima, gelas pada kasus  di atas sanggup disebut sebagai variable, dan jenis isinya (kopi dan susu) itu sanggup disebut sebagai tipedata.

Makara dari soal diatas anda sudah menganal konteks atau maksud  mengenai apa itu variable dan tipedata, jadi variable itu semacam wadah, atau penampung, sedangkan tipe data ialah jenis yang ditampungnya. aku harap anda paham.

Kalau dipecahkan dalam algorima maka langkah pertama harus mematuhi struktur dasar algoritma ibarat yang telah di jelaskan di atas, dan hukum penulisan algoritma

Untuk memecahkan kasus di atas di dalam algoritma ialah sebagai berikut:
 
program tukar_gelas
deklarasi
var
a : zatcair {gelas a}
b : zatcair {gelas b}
c : zatcair  {gelas c}

algoritma:

a <-- kopi
b <-- susu

c <-- a   {tuangkan isi gelas a pada gelas c}
a <-- b   {tuangkan isi gelas b pada gelas a}
b <-- c   {tuangkan isi gelas c pada gelas b}


Dengan kasus di atas diharap anda sudah mengenal bagaimana konsep algoritma dasar itu, ilustrasi di atas bersama-sama hanya untuk memahami konsepnya saja, sedangkan untuk memahami algoritma lebih dalam, anda harus banyak berguru lagi.

Apa yang harus dipelajari:


  1. Selain mempelajari strukturnya, anda juga harus berguru hukum dasar algoritma (dapat anda kuasai kalau anda sering mengerjakan soal-soal algortima), misalnya, hukum dasar penulisan variable, dan nama kegiatan dan hukum dasar lainnya.
  2. Memahami tipe data, apa itu tipe data, dan berapa jenis tipe data, perlu diketahui bahwa tipe data yang harus anda ketahui itu banyak dan lebih dari satu.
  3. Ekpresi matematika, bagaimana memecahkan problem matematika memakai operator matematika ibarat tambah, kurang kali bagi dll.
  4. Dan masih banyak lagi yang lainnya.


Dengan memahami konsep algoritma dasar di atas, aku harap ini bisa menjadi langkah awal anda untuk mempelajari algoritma lebih dalam. biar bermanfaat kawan.