Kamis, 05 Maret 2020

Mengatasi Problem Cbt Sync Yang Statusnya Offline Terus

Mengatasi Masalah CBT Sync  yang  statusnya Offline Terus - Ketika menjadlan aplikasi CBT Sync untuk sinkronisasi dan monitoring UNBK ada 3 status yang sanggup terjadi ONlINE, OFFLINE dan STANDBY, bila Online itu artinya aplikasi berjalan dengan baik dan sudah terhubung dengan server pusat, sedangkan bila statusnya OFFLINE itu artinya aplikasi tidak sanggup terhubung ke server sentra alasannya ada beberapa masalah, sedangkan bila statusnya STANDBY itu artinya aplikasi sanggup terhubung ke server pusat, namun server sentra di tutup atau sanggup juga ID yang dipakai tidak sesuai.

Saya yakin bila anda tidak terlalu hebat jaringan dan juga gres pertama kali berkecimpung di dunia konfigurasi aplikasi unbk, akan banyak sekali menemukan kendala, sama menyerupai apa yang saya alami, saya kebetulan penanggung jawab persiapan infrastruktur unbk yang ditugaskan oleh saah satu sekolah di kota garut, dimana saya mengajar.

 Ketika menjadlan aplikasi CBT Sync untuk sinkronisasi dan monitoring UNBK ada  Mengatasi Problem Cbt Sync  Yang  Statusnya Offline Terus

Karena gres pertama kali sekolah ikutan unbk dan ini yaitu pengalaman pertama menjalankan aplikasi UNBK, ternyata saya menemukan banyak sekali kendala, apalagi ditambah infrastruktur jaringan di sekolah penyelenggara yang masih awut-awutan alasannya lab komputer pindah-pindah terus, tapi beruntung hasilnya saya berhasil menuntaskan masalah-masalah terkait UNBK tersebut dan Aplikasi unbk sanggup dipakai dan sanggup berjalan dengan baik untuk persiapan simulasi.

Permasalahan UNBK Saya mungkin sama dengan Yang anda Alami

Permasalahan pertama yang saya temui saat melaksanakan konfigurasi server UNBK adalah, Aplikasi CBT Sync UNBK tidak mau terkoneksi dengan pesan server tidak ditemukan ini saat saya mencoba aplikasi UNBK 2016 pertama kali. bahkan sesudah mencoba aplikasi UNBK 2017 terbaru pun saya masih dibentuk galau alasannya Aplikasi Exambrowser admin untuk Aplikasi CBT SYNC masih tidak mau terhubung ke server, saat Tombol Start Server di tekan, pesan yang muncul adalah

... Checking
... Waiting VHD Srvices ready.

Dan saat dinantikan ternyata pesan tersebut terus menerus muncul selama beberapa jam, tanpa pernah berhasil menmunculkan layar aplikasi CBT SYNCH untuk sinkronisasi. ini yang memperlihatkan indikasi bahwa ada kesalahan terkait konfigurasi dan instalasi pada jaringan komputer sehingga server tidak mau konek, namun dengan membaca banyak sekali tumpuan hasilnya saya sanggup menuntaskan permasalahan tersebut dan aplikasi server CBT Sync hasilnya terbuka dan sanggup login.

Bisa dibaca disini Cara konfigurasi server UNBK terbaru 2017 yang benar

Aplikasi CBT Sync OFFLINE
Rasa gundah gulana saya sedikit terobati alasannya sudah sanggup login ke aplikasi CBT synch, tapi permasalahan tidak hingga disitu, sesudah aplikasi CBT Synch sukses dijalankan, Aplikasi CBT Sync sesudah login menampilkan status OFFLINE dengan goresan pena CBT Sync tidak terkonek ke internet. Menurut manual itu artinya Aplikasi tidak mau konek ke internet untuk mengakses server pusat, padahal jaringan internet dalam kondisi baik. tapi hasilnya Permasalahan tersebut pun sanggup terselesaikan sesudah mencari banyak sekali referensi.


Solusi Mengatasi Masalah CBT Sync  status OFFLINE Terus

Menurut manual UNBK saat menjalankan aplikasi CBT Sync dan didapati statusnya OFFLINE itu menerangkan si aplikasi tidak terkoneksi dengan server pusat. Namun ada yang beropini bahwa ID Sync di lock di oleh server pusat.

Solusi pertama yang harus kita lakukan bila status CBT Synch OFFLINE yaitu kita harus menilik kembali untuk memastikan bahwa konfigurasi server UNBK dan juga infrastruktur jaringan yang dipakai berjalan dengan baik.

SOLUSI:
Berikut ini barangkali apa yang akan saya uraikan di artikel ini sanggup mengatasi permasalahan yang terjadi pada aplikasi unbk anda yang selalu OFFLINE. oh ya pastikan VM server UNBK dalam keadaan tidak aktif.

Langkah-langkah mengatasi problem OFFLIne pada aplikasi CBT Sync UNBK yaitu sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Firewall

Di komputer server silahkan anda matikan firewall, firewall biasanya menjadi salah satu penyebab Aplikasi yang terhubung ke internet di block, menyerupai halnya aplikasi CBT Synch sehingga statusnya OFFLINE terus.

Untuk mematikan firewall langkahnya yaitu sebagai berikut:
a. Masuk ke kontrol panel
b. Di halaman kontrol panel pojok kanan atas, view by: large icon kemudian cari dan klik window firewall
c. di halaman pengaturan window firewall, di sebelah kiri kemudian pilih sajian dengan goresan pena "Turn Window Firewall On or Off, kemudian dihalaman berikutnya silahkan pilih Turnoff window firewall (not recomended) ke duanya di pilih.

d. Tekan tombol Ok yang ada di bawah.

Sampai tahap di atas window firewall berhasil di nonaktifkan.

2. Pastikan Jam di komputer Srver diseting dengan baik.

Sebelum menjalankan VM server UNBK pastikan jam di komputer sudah benar. Jam yang terseting dengan baik akan menciptakan jam pada Server UNBK di VM dengan komputer Sama. jam harus sesuai dengan waktu di daerah anda. Jika jam  tidak sesuai maka apalagi time zone yang dipilih beda akan menyebabkan jam di komputer host dan juga di VM server UNBK berbeda, jadi anda harus memperbaikinya.

Caranya yaitu sebagai berikut:
a. Lihat ke pojok kanan bawah di layar komputer Anda. Klik pada Angka Jam yang ada kemudian klik goresan pena Change Date and time setting.

 Ketika menjadlan aplikasi CBT Sync untuk sinkronisasi dan monitoring UNBK ada  Mengatasi Problem Cbt Sync  Yang  Statusnya Offline Terus

Kemdian pada tampilan berikutnya tekan tombol Change time zone... menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:


Kemudian pada tampilan yang muncul pilih UTC+7:00, untuk bangkok, hanoy, jakarta menyerupai gambar di bawah ini:


Kemudian tekan OK, kemudian atur juga Jam semoga sesuai dengan waktu yang benar, kemudian tekan tombol Ok bila sudah, silahkan restart komputer anda. Jika Jam dan tanggal  setelah direstart tidak mau berubah berarti bermasalah dengan CMOS di mother board komputer yang harus anda ganti.

2. Pastikan Konfigurasi Server UNBK di seting dengan Baik.

Untuk Konfigurasi server UNBK terbaru 2017, anda sanggup baca di petunjuk manual PDF UNBK yang sudah disediakan oleh aplikasi, nama filenya Manual_CBTUN2017-060217. PDF. Silahkan ikuti langkah-langkah konfigurasi yang diberikan dengan benar.

Pastikan network adapter yang diseting di Virtual Mechine UNBK tidak tertukar, adapter 1 Bridge, pilih NIC yang akan dihubungkan ke client. sedangkan adapter 2 pilih NAT.

4. Tes Koneksi Jaringan VM Server dan Jaringan Internet

Tes koneksi berfungsi untuk memastikan bahwa konfigurasi benar, untuk melaksanakan tes koneksi, pertama-tama silahkan jalankan VM server unbk hingga tampil Lock Screen Server UNBK, kemudian buka Command Promp kemudian ping ke alamat di bawah ini:
  • Ping 192.168.0.200 (alamat ip server vm unbk)
  • Ping juga ke www.kemdikbu.go.id atau alamat situs lainnya. (untuk cek jaringan internet)
Jika sesudah di ping ternyata berjalan dengan baik dengan munculnya Pesan reply from...... itu artinya VM Server bekerja dengan baik dan jaringan internet online.

5. Pastikan Topologi jaringan yang dipakai Benar

Untuk topologi jaringan yang benar untuk server UNBK yang mempunyai 1 server kurang lebih menyerupai gambar di bawah ini:

Pastikan Hub/Switch yang menghubungkan komputer client jangan dihubungkan dengan jaringan internet semoga tidak terjadi konflik,

6. Nyalakan Salah satu Client sebelum menjalankan Exambro Admin

Sebelum menjalankan exambrowser admin pasikan bahwa setiap Nic di komputer aktif, silahkan nyalakan Hub/switch yang terhubung ke komputer client, dan juga modem atau internet harus dalam keadaan aktif. kalau perlu nyalakan salah satu client yang sudah dikonfigurasi semoga terhubung ke server.

7. Gunakan ID Server Sync yang diperoleh dari Situs UNBK untuk login ke Aplikasi CBT Synch

Untuk mendapat ID Synch (id cbt sync untuk sinkronisasi) silahkan masuk ke situs UNBK, kemudian dapatkan id sinkronisasi di situs tersebut dimenu id sinkronisasi. silahkan gunakan ID tersebut untuk login ke Aplikasi UNBK CBT Sync.


----
Jika ke 7 langkah diatas sudah anda pastikan dengan baik maka silahkan jalankan Aplikasi Exambro admin hingga keluar Halaman login ke aplikasi CBT Synch, kemudian login dengan ID untuk sinkronisasi, di saya langkah-langkah di atas sanggup berjalan dengan baik sehingga aplikasi CBT Synch yang tadinya offline menjadi online. Semoga berhasil.


Bagaimana Jika Setelah melaksanakan langkah-langkah di atas Masih Saja Offline CBTSync Tidak terkoneksi ke server Pusat ?

Sebenarnya memang hambatan CBTSync Offline bukan alasannya server sentra di matikan, atau Server ID UNK yang anda gunakan Expire atau diblokir, semuanya murni alasannya Ada permasalahan terkait inprastruktur jaringan dari komputer anda.

Biasanya permasalahan menyerupai yang sudah di uraikan di atas, meliputi:
Jaringan Internet Mati

  • Salah Melakukan Konfigurasi  adapter di Virtual Box
  • Jam di Komputer Host salah setting, Jika salah biasanya Jam di Sistem operasi Server VM dan Komputer akan berbeda
  • Firewall dalam keadaan aktif
  • Port di komputer daerah berjalannya Server UNBK Virtual Mechine di block atau dipakai oleh aplikasi tertentu 
Jika permasalahan di atas sudah dipastikan benar, tapi Aplikasi CBT Synch Masih saja offline, solusinya adalah:

SOLUSI:

Coba ganti jaringan internet. Permasalahan ini saya alami, semua sudah OK, tapi masih saja aplikasi CBT Synch kekeh Offline tidak mau terkoneksi ke server pusat. Saya curiga ada Pengaturan NAT di provider Internet yang tidak mendukung Koneksi Ke Server Pusat UNBK.

Silahkan ganti jaringan internet yang masuk ke mesin server dengan sumber  jaringan Iternet lain, bila di sekolah anda ada lebih dari 1 jaringan internet, atau anda juga sanggup coba memakai  Jaringan Internet dari HP atau smartphone sistem operasi andaroid memakai kabel USB.

Langkahnya :

  • Cabut Jaringan internet dari komputer server, kemudian sambungkan jaringan internet dari sumber lain atau sanggup dari HP memakai USB, bila tidak tau caranya anda sanggup googleling bagaimana cara menghubungkan Jaringan internet HP Android dengan komputer melalui USB.
  • Tunggu Hingga Komputer Menerima jaringan Internet dan Online.
  • Jika sudah, tidak perlu melaksanakan konfirugasi lagi, Jalankan Lagi Aplikasi CBTSync anda menyerupai biasa.
  • Pastikan bahwa IP Address dari jaringan internet HP android anda atau sumber lain tidak memakai segmen 0 menyerupai contohnya 192.168.0.x alasannya akan bentrok dengan ip jaringan local UNBK. 


Di saya Cara ini berhasil, dan Simulasi 3 saya gres sanggup sinkronisasi di hari ahad tanggal 5 maret 2017 untung masih dibuka. walupun dengan jaringan internet dari HP android cukup cepat juga.



Oh Ya bila Aplikasi CBT Sync masih tetap OFFLIne sesudah mengikuti langkah-langkah di atas, anda sanggup menghubungi team support UNBK yang bertanggung jawab di kota anda, atau mengajukan pertanyaan di situs UNBK, sanggup jadi mungkin saja ID Anda di Lock oleh server pusat.