Rabu, 04 Maret 2020

Mengatasi Problem Waiting Vhd Service Is Ready Pada Exam Browser Admin Cbt Synch Unbk

Mengatasi "Waiting VHD Service is Ready" pada CBT Synch UNBK terbaru 2018 - Sebenarnya saya sudah cukup banyak menciptakan artikel terkait unbk terutama yang berkaitan dengan konfigurasi server unbk, maklum alasannya kebetulan saya ditunjuk sebagai proktor unbk di salah satu smk swasta di kota Garut.

Berdasarkan pengalaman selama menjadi proktor tahun kemudian 2017, terkait konfigurasi server unbk, memang tidak dipungkiri kemungkinan akan banyak bermunculan hambatan yang dapat anda alami, apalagi anda sebagai proktor pemula yang gres pertama kali dilibatkan di unbk, saya pun pernah mengalaminya.

Menurut saya hambatan yang paling umum yang sering dialami yaitu  masalah konfigurasi, salah satunya ibarat aplikasi cbt sync tidak mau terhubung ke server unbk dikala dijalankan dengan munculnya pesan Waiting VHD service is Ready secara terus menerus terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Karena unbk 2018 akan segera dilaksanakan, saya termotivasi untuk menciptakan artikel ini alasannya saya lihat banyak para proktor terutama proktor pemula, yang banyak mengalami hambatan terkait duduk masalah aplikasi cbt synch tersebut.

Sebenarnya pesan tersebut normal muncul dikala aplikasi cbt sync dijalankan, pesan tersebut membuktikan bahwa aplikasi sedang mencari koneksi ke server lokal unbk. kalau sistem server unbk siap, maka aplikasi akan terhubung ke server unbk yang kemudian akan dilanjutkan untuk terhubung ke server pusat.

namun alasannya ada kesalahan yang berkitan dengan unbk, aplikasi cbt synch pun tidak mau konek dan muncul pesan Waiting VHD Service is Ready secara terus menerus.

Penyebab Aplikasi Exam browser admin CBT Sync tidak konek dengan pesan Waiting VHD Service is Ready

Aplikasi cbt sync tidak mau konek dan terus mengeluarkan pesan waiting vhd service is ready secara terus menerus, umumnya dikarenakan aplikasi tidak terkoneksi ke sistem server lokal unbk, penyebabnya dapat alasannya sebagai berikut:
  1. Anda belum mengaktifkan network driver di virtual box dimana sistem server unbk terinstal
  2. Aplikasi exam broser admin belum di konfigurasi dengan benar
  3. Konfigurasi IP address komputer client tidak cocok dengan ip address server unbk yang anda instal di virtaual box.
  4. Firewall di komputer client maupun server dalam keadaan aktif sehingga memblokir keterhubungan jaringan komputer client ke server.
  5. Sistem server unbk yang anda instal di virtual box dalam keadaan corrupt atau rusak.


Solusi Mengatasi "Waiting VHD Service is Ready" pada Aplikasi Exam browser admin CBT Synch UNBK

Solusi untuk mengatasi aplikasi cbt sync / exambro admin tidak mau konek ke server unbk dengan pesan waiting Service is ready secara terus menerus yaitu sebagai berikut:

1. Konfigurasi network driver di virtual box dengan benar

Saya anggap anda sudah menginstal server unbk di virtual box, kalau belum silahkan baca cara instal server unbk untuk pemula

Setelah sistem server unbk terinstal, jangan dulu di jalankan.

Pada virtual box anda harus mengaktifkan 3 network driver:

a. Driver 1 pilih bridge kemudian pilih nama nic 1 yang akan dihubungkan ke hub komputer client (komputer tes siswa) awas jangan salah.


b. Driver 2 untuk nic 2 yang akan terhubung ke internet, silahkan pilih Nat



c Driver 3 (opsional), pilih Host only adapter biar aplikasi exambro admin tetap dapat dijalankan di komputer server yang bersangkutan, ini sifatnya opsional kalau komputer server belum terhubung ke client.


2. Konfigurasi ip address di komputer host (server) dengan benar

Setalah konfigurasi network driver di virtual box, langkah selanjutnya lakukan konfigurasi ip address di komputer host.

a. Pada komputer server (komputyer kawasan anda menginstal virtual box), silahkan buka control panel. kemudian masukan ip address untuk nic 1 dan host only adapter.

Server UNBK secara default mempunyai IP address 192.168.0.200
Maka pada netword driver di atas saya seting ip address ibarat terlihat pada gambar.

3. Matikan Firewall di komputer server maupun client

Yang ketiga matikan firewall di komputer server maupun client, caranya silahkan masuk ke control panel kemudian pilih windows firewall, kemudian pilih hidangan Turn windows firewall on or off, kemudian off kan



Jalankan Aplikasi Exam Browser Server

Jika konfigurasi di atas sudah anda lakukan silahkan jalankan aplikasi exambro server, kemudian buka hidangan settings, kemudian masukan:

a. Browser path: arahkan ke lokasi aplikasi google chrome terinstal  (tanpa pake kutif yah)
b. Vbox manage path, arahkan ke lokasi virtual box terinstal (hati-hati jangan mengandung tanda kutif yah di kedua ujungnya)

kedua cara ditas jangan hingga salah, kalau salah biasanya akan muncul pesan VHD Not Found atau browser not found.

c. pad aplikasi Exambrowser admin di kotak VM,  silahkan masukan / pilih  nama instalasi server unbk di virtual box pada kotak vm di exambrowser admin



d. Tekan tombol Start VM kemudian tunggu...
Jika sietem server unbk minta password, masukan saja P4sssw0rd, tunggu hingga sistem menyala.

Jika konfigurasi benar, maka aplikasi exambro akan berjalan dengan benar, terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Tekan saja tombol Yes untuk membuka Aplikasi CBT Sync, pastikan server sudah konek ke internet.

Demikian artikel mengenai  Mengatasi duduk masalah "Waiting VHD Service is Ready" pada Exam browser admin CBT Synch UNBK, semoga membantu