Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi

Berlibur di Rumah Paman
Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado memiliki beberapa pulau yang memesona

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado menggunakan bendi sejak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi adalah alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado menggunakan bermacam-macam alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai mobil pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado menggunakan angkutan kota.

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan menggunakan bendi. Saat ini orang bepergian dengan menggunakan alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado menggunakan mobil dan pesawat. Alat transportasi apa saja yang pernah kamu gunakan?

Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks “Berlibur di Rumah Paman” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!
Isi Cerita
Paragraf 2Pargraf 3Paragraf 4Paragraf 5
Saat liburan sekolah,
Beni mengunjungi rumah
paman.
Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan
mengendarai bendi
Beni melihat orang Manado menggunakan
bermacam-macam alat transportasi
Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian
mengalami perubahan

Ayo Bercerita
Perhatikan gambar di bawah ini! Urutkan perkembangan cara orang bepergian! Urutkan dengan memberi nomor pada kotak tersedia! Lalu, ceritakanlah kepada temanmu!

Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi
 Manado memiliki beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Pada jaman dahulu manusia bepergian ke berbagai tempat masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya manusia mulai menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai

Selanjutnya manusia menggunakan hewan sebagai penarik kendaraan.  Sebelum belum mengenal mesin apalagi bahan bakar. manusia menggunakan kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu contohnya adalah delman.

Setelah mengenal mesin dan bahan bakar manusia mulai menggunakan kendaraan bermesin. Salah satu contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak lebih cepat jika dibandingkan dengan delman. Mobil digerakan oleh mesin dan bahan bakar.

Setelah mengenal mobil manusia masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding mobil yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang manusia dapat bepergian lebih jauh.

Ayo Mengamati
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan
 Manado memiliki beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
  1. Siapkan peralatan.
  2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
  3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
  4. Potong garis pintu seperti pada gambar.
  5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
  6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
  7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.

Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:
  1. Memotong Kardus
  2. Memotong kertas dan menempelkan
  3. Melipat kardus bagian belakang
  4. Membuat pola pintu mobil

Ayo Berkreasi
Siapkanlah peralatan untuk membuat karya! Ikuti langkah-langkah pada gambar! Mintalah bantuan gurumu jika menemui kesulitan!

Ayo Mencoba
Amatilah bangun datar pada mobil kardus buatanmu! Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan!

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya? Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
20 cm + 10 cm +  20 cm +  10  cm = 60 cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil.

Ayo Berlatih
Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?
 Manado memiliki beberapa pulau yang memesona Pembelajaran 1 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi
Kamu telah memotong kardus ketika membuat pintu dan kaca depan. Kamu juga telah memotong kertas dan menempelnya pada kaca depan. Kamu melipat potongan kardus bagian belakang menjadi sandaran kursi. Semua itu adalah cara-cara membuat karya kerajinan tangan.