Sabtu, 02 Mei 2020

Cara Membersihkan Rice Cooker Yang Bau Dengan Benar

Apakah rice cooker anda bau? Dan nasi yang anda masak agak basi atau baunya kurang sedap? Jika iya, maka itu karena anda belum membersihkan rice cooker dengan benar, sebenarnya membersihkan alat penanak nasi ini harus dilakukan secara rutin agar rice cooker tidak bau dan nasinya juga tidak basi ketika memasak.

Mungkin karena kesibukan setiap hari, maka dalam hal kebersihan rice cooker pun menjadi terabaikan, tapi meski demikian anda harus pandai meluangkan waktu sedikit untuk membersihkannya karena selain untuk mengurangi bau yang tidak sedap pada rice cooker, hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan anda sendiri sebagai penggunanya.

Dalam membersihkan rice cooker, bukan hanya wadah pancinya saja yang harus dibersihkan namun juga harus membersihkan bagian lain rice cooker terutama pada bagian tutup rice cooker. Pembersihan rice cooker juga tidak boleh sembarang karena jika dilakukan sembarangan malah akan membuat kerusakan lainnya pada rice cooker.

Berikut ini saya bagikan ulasan cara membersihkan rice cooker yang bau dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Rice Cooker
Source images : m.wikihow.com
Sebelum kita membersihkan bagian-bagian rice cooker, maka alangkah baiknya anda cabut dulu kabel steker atau colokan rice cooker dari sumber listrik. Dan diamkan dulu beberapa saat apabila rice cooker masih dalam keadaan panas. Dalam membersihkan rice cooker ada bagian yang boleh dan tidak boleh dicuci serta ada juga bagian yang mudah sekali lecet.

1. Membersihkan Bagian Panci Rice Cooker
Source images : www.cookwarejudge.com
Panci adalah bagian utama rice cooker yang biasa dipasang dan dilepaskan, dan biasa dipakai untuk wadah beras saat mau memasak nasi. Bagian ini cukup mudah untuk dibersihkan, namun tetap perhatikan pula cara yang benar agar tidak merusak lapisan anti lengket pada panci.

Cara membersihkannya yaitu pertama lepas atau angkat panci rice cooker dari bodynya kemudian lakukan perendaman dengan air (lakukan perendaman dengan air hangat dan sabun cuci piring untuk hasil yang lebih maksimal). Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah saat membersihkan kerak nasi yang menempel.

Setelah proses perendaman selesai, gunakan busa atau spons yang lembut untuk membersihkan sisa nasi pada panci, gosok secara hati-hati agar tidak merusak lapisan anti lengket pada panci, setelah sisa nasi sudah hilang, maka selanjutnya bilas panci dengan air bersih, setelah dipastikan tidak ada sisa sabun ataupun nasi yang masih menempel maka kemudian keringkan panci sampai benar-benar kering sebelum dipasang atau digunakan kembali.

Perlu diingat bahwa jangan sekali-kali menggunakan benda keras, kasar atau bahkan tajam untuk digunakan membersihkan panci rice cooker.

2. Membersihkan Bagian Dalam Rice Cooker
Source images : www.simplyhealthyfamily.org
Bagian dalam rice cooker juga perlu dibersihkan, karena terkadang ada beberapa sisa nasi yang menempel di pinggiran dan ada juga yang sampai jatuh ke bagian dalam.

Karena bagian dalam ini berdekatan dengan elemen pemanas yang rentan rusak jika terkena air, maka untuk membersihkannya cukup menggunakan kain lap basah saja.

Cara membersihkannya yakni siapkan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci piring, lalu kemudian celupkan kain lap setelah itu peras airnya, selanjutnya gunakan untuk membersihkan semua bagian kotor yang menempel pada bagian dalam rice cooker, saat membersihkanya sedikit miringkan rice cooker supaya tidak ada air yang masuk ke dalam elemen pemanas rice cooker melalui bagian pir pegas yang ditengah. Setelah semuanya sudah bersih maka diamkan dulu sampai kering sebelum rice cooker digunakan kembali.

3. Membersihkan Bagian Tutup Rice Cooker
Source images : tikimgo.pw
Pada umumnya masalah rice cooker yang bau atau nasi yang cepat basi biasanya disebabkan oleh bagian ini, di bagian pinggiran tutup rice cooker ini biasanya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan uap air panas dari dalam ketika proses memasak nasi berlangsung.

Bagian ini sangat penting untuk dibersihkan karena jika tidak maka akan membuat nasi menjadi cepat basi serta sirkulasi udara di dalam rice cooker juga dapat terganggu jika tidak dibersihkan, bahkan dibeberapa merk rice cooker juga terdapat bagian wadah kecil penampung uap air sisa, jika air sisa ini sampai tumpah ke mana-mana maka bukan tidak mungkin akan membuat bau yang tidak sedap pada rice cooker anda, jika didapati wadah tersebut yang sudah penuh maka sebaiknya anda segera membuang airnya agar tidak mengotori rice cooker.

Selain dibagian atas tutup, jangan lupa membersihkan bagian logam bundar pipih penampung uap air yang ada di dalam rice cooker. Gunakan lap kering untuk mengelap semua sisa uap air yang menempel pada bagian ini, apabila terdapat noda yang menempel kuat anda bisa menggunakan lap basah dengan sabun cucian piring seperti cara membersihkan bagian-bagian rice cooker sebelumnya.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas ada bagian lubang sirkulasi udara untuk bagian tutup atas rice cooker, periksa dan pastikan tidak ada sisa airnya, jika terdapat air maka segeralah buang sisa air tersebut, pada beberapa merk rice cooker, bagian ini bisa diputar dan diangkat, kalau bisa lakukan saja untuk pembersihan menyeluruh.

4. Membersihkan Bagian Body Luar Rice Cooker
Source images : youtube.com
Membersihkan bagian body luar dari rice cooker ini sangat mudah dilakukan serta minim resikonya, untuk membersihkannya anda hanya perlu menggunakan kain lap basah. Bersihkan semua kotoran yang menempel di bagian ini dengan lap basah tersebut kemudian langsung keringkan dengan lap kering agar rice cooker terlihat bersih.

Dengan membersihkan rice cooker seperti ini, maka kita dapat lebih menjamin kesehatan diri sendiri, karena makanan yang sehat itu juga berasal dari alat masak yang bersih.

Selain itu, terdapat manfaat lainnya yang bisa didapat dari membersihkan rice cooker, yakni rice cooker yang dibersihkan  tentunya akan lebih awet atau tidak mudah rusak.

Bukankah demikian?

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini mengenai Cara Membersihkan Rice Cooker Yang Bau Dengan Benar, semoga bisa bermanfaat.