Diagram Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari lima tempat (saklar tukar dan silang)

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan diagram instalasi satu lampu yang bisa dikendalikan dari lima tempat dengan menggunakan dua jenis saklar yakni saklar tukar dan saklar silang. Yang saya maksud dikendalikan diatas ialah dapat menghidupkan dan mematikan lampu dari salah satu kelima tempat.

Instalasi seperti ini sangat cocok di terapkan pada bagian bangunan atau ruangan yang sangat luas dan sangat membutuhkan banyak pengendalinya yang bertujuan agar memudahkan saat menghidupkan lampu. Berbeda dengan artikel saya sebelumnya yang membahas tentang diagram instalasi empat tempat menggunakan dua buah saklar tukar dan dua buah saklar silang, untuk lima tempat kita membutuhkan satu buah lagi saklar silang. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari lima tempat (saklar tukar dan silang)

- Single Line Diagram (diagram satu garis)
- Wiring Diagram (diagram pengawatan)
Jika anda belum mengerti simbol-simbol pada diagram diatas, silahkan pahami dulu dengan membaca artikel saya yang lainnya tentang Simbol-simbol instalasi penerangan

Demikian untuk artikel ini semoga dapat bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.