Sejarah Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar

Tahukah kamu siapa penemu lampu pijar yang terkenal di dunia ? Tentu jawabannya adalah Thomas Alva Edison. Namun dibalik kesuksesan dari penemuannya ada beberapa kisah yang dapat menginspirasi banyak orang, ia bahkan mengalami banyak sekali kegagalan akan tetapi ia tetap bertahan dan pantang menyerah.

Sekilas Sejarah Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Thomas Alva Edison merupakan salah satu ilmuwan paling terkenal dan juga ia diakui dunia sebagai penemu lampu pijar, sebuah temuan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Penemu jenius ini memperoleh pendidikan formal hanya tiga tahun saja sebab ia dikeluarkan dari sekolahnya karena guru-gurunya menganggapnya sebagai siswa yang sangat bodoh dan tidak dapat menyerap pelajaran dengan baik.

Akhirnya, orang tuanya terutama ibunya bekerja keras di rumah untuk mengajar Thomas Alva Edison sendirian dengan cara sekolah rumah atau Homeschooling. Ibunya berkeyakinan bahwa Thomas Alva Edison bukan anak yang bodoh.
Foto Thomas Alva Edison masa muda
Keyakinan ibunya tepat sebab ia berhasil mengembangkan keterampilan dan kejeniusan Thomas Alva Edison yang kemudian akan dikenal sebagai salah satu penemu paling jenius di dunia. Hasilnya, Alva Edison muda berhasil  menciptakan ciptaan pertamanya yakni sebuah perekam suara elektronik yang dibuatnya ketika ia baru berumur dua puluh tahun. Ciptaannya tersebut ia tidak jual.

Setelah itu, ia kemudian menekuni pembuatan alat-alat yang menurutnya dapat laku terjual dipasaran. Thomas Alva Edison kemudian menyempurnakan mesin telegram yang ia buat secara otomatis dapat mencetak huruf. Alat tersebut kemudian dijualnya seharga 40 ribu dolar, sebuah jumlah yang sangat besar ketika itu. Setelahnya penemuan-penemuan lain kemudian berhasil ia buat.

Lebih Dari Seribu Percobaan Sebelum Berhasil Menemukan Lampu Pijar

Pada Tahun 1879, Thomas Alva edison berhasil menciptakan sebuah penemuan penting dalam sejarah umat manusia yaitu menemukan lampu pijar, sehingga namanya dikenang sepanjang sejarah.

Model Lampu Temuan Edison
Thomas Alva Edison memang bukanlah orang yang pertama yang menciptakan sebuah sistem penerangan listrik. Sebelumnya lampu yang ditenagai arus listrik telah digunakan untuk penerangan jalan di Paris. Tetapi, lampu pijar temuan Edison berikut dengan sistem pembagian tenaga listrik yang ia kembangkan memungkinkan penerangan listrik yang praktis untuk di rumah.

Sehingga di tahun 1882, perusahaannya yang dirintis oleh Thomas Alva Edison mulai memproduksi listrik untuk rumah-rumah di New York, dan dalam waktu yang sangat singkat, lampu pijar ciptaannya sudah tersebar ke seluruh dunia. Dalam salah satu biografinya diceritakan bahwa Thomas Alva Edison berhasil menemukan lampu pijar setelah mengalami kegagalan 1000 kali dalam usahanya menemukan lampu pijar atau lampu listrik.
….Saya tidak gagal, saya hanya menemukan seribu cara yang tidak berhasil untuk menyalakan lampu pijarku – kata Thomas Alva Edison ...
Foto Thomas Alva Edison masa tua
Adanya perusahaan listrik pertama yang didirikan oleh Edison membuat inovasi baru bagi penerangan di rumah-rumah penduduk, Temuannya juga dijadikan sebagai model dari perkembangan industri besar. Penggunaan tenaga listrik tidak hanya kepada penerangan saja tetapi sangat berguna untuk seluruh aspek kebutuhan rumah tangga seperti penggunaan televisi, radio, hingga mesin cuci.

Lebih jauh lagi, adanya jaringan tenaga listrik yang didistribusikan oleh perusahaan yang dibuat Thomas Alva Edison membuat perkembangan yang cukup pesat dalam hal penggunaan listrik untuk sektor industri kecil hingga besar.

Cukup sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.

Dikutip dari : http://www.penemu.co/penemu-lampu-pijar-thomas-alva-edison/