Sabtu, 09 Mei 2020

Sekilas Sejarah Penemuan Blender

Mungkin peralatan listrik rumah tangga ini sudah tidak asing lagi di zaman modern seperti sekarang ini.
Source images : www.flickr.com
Hampir di setiap rumah tangga memiliki blender. Kita biasa menggunakan blender pada saat hendak membuat resep makanan favorit atau untuk membuat jus. Lalu apakah kamu tahu bagaimana mesin luar biasa ini ditemukan?

Sejarah Singkat Penemuan Blender

Blender berawal di tahun 1922. Pada tahun itu Stephen Poplawski, pemilik Stevens Electric Company di Racine, Wisconsin, membuat prototipe pertama blender. Penemuan ini dimungkinkan melalui upaya dua insinyur sebelumnya, Chester Beach dan Frederick Osius, yang dibantu ahli pemasaran, Louis Hamilton.

Poplawski adalah orang pertama yang meletakkan pisau berputar di bagian bawah wadah untuk menciptakan blender pertama. Dia menggunakannya untuk membuat malt dan milkshake, dan kemudian berusaha menjual penemuannya kepada pemilik toko obat.

Pada tahun 1932, Poplawski menerima hak paten untuk blender ciptaannya yang dapat digunakan untuk buah-buahan dan sayuran juga. Sehingga Anda dapat lihat, blender terbaik pada saat itu digunakan untuk segala macam hal, sama seperti sekarang. Pada tahun 1937, Osius menyempurnakan blender Poplawski dan menamakannya Mixer Miracle. Dengan dukungan keuangan dari Fred Waring, seorang mantan mahasiswa teknik dan kemudian pemimpin orkestra, Osius mengganti nama produknya menjadi Blender Waring.

Karena memiliki perbedaan dengan Osius, enam bulan kemudian Fred Waring mengakhiri kemitraan dengan Osius dan mendirikan perusahaan sendiri, Waring Corporation. Dia memperkenalkan Waring Blender tahun itu di National Restaurant Show di Chicago dan menjualnya dengan harga eceran US$ 29,75. Blender Waring menjadi terkenal secara nasional di AS dan dianggap sebagai salah satu blender terbaik di pasar.

Bahkan rumah sakit menggunakannya untuk membuat diet rumit bagi pasien mereka. Percaya atau tidak, Dr. Jonas Salk menggunakannya saat mengembangkan vaksin polio. Penjualan blender Waring mencapai angka satu juta pada tahun 1954. Tetapi saat blender Fred Waring melewati tonggak demi tonggak, merek lain, Oster, juga mulai berkembang.

Pada tahun 1946, John Oster memutuskan untuk mendiversifikasi usahanya dari peralatan cukur ke peralatan listrik rumah tangga dengan membeli Stevens Electric, perusahaan yang dirintis oleh Stephen Poplawski si penemu pertama blender. Segera setelah itu, blender Osterizer® pertama diperkenalkan. Blender ini mampu bersaing dengan blender Fred Waring. Pada tahun 1960, John Oster Manufacturing Company dibeli oleh Sunbeam Corporation.

Selama bertahun-tahun, desain blender terus disempurnakan. Di Amerika, perusahaan pembuatnya juga semakin beragam seperti Hamilton Beach, Waring, KitchenAid, Cuisinart, Breville, Braun, dll.

Cukup sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.amazine.co/5041/menelusuri-sejarah-penemuan-blender/