Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-3

Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-3 berisikan soal-soal Prakarya dan Kewirausahaan (PKwu) yang diambil dari Bab 2, yaitu materi tentang Rekayasa. Materi rekayasa, sebelumnya telah admin publish dalam bentuk pilihan ganda, yang bisa anda baca pada tulisan soal PG Prakaya kelas 11 semester genap bagian ke-3 dan bagian ke-4.

Selain itu...soal essai/uraian bagian ketiga yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal essay bagian ke-2 (nomor 16-35) dengan materi yang berbeda.

Berikut, soal essay PKWU kelas xi semester 2 dengan kunci jawaban dimulai dari pertanyaan nomor 36.

36. Bilamana titik impas akan terjadi dalam berusaha?
Jawaban: titik impas terjadi jika besarnya biaya produksi sama dengan hasil pendapatan usaha

37. Apakah fungsi dari sel surya?
Jawaban: sel surya, kadang-kadang disebut sel fotovoltaik, berfungsi untuk mengubah energi dari matahari langsung menjadi listrik.

38. Beri contoh daerah manakah di Indonesia yang telah memanfaatkan sel surya sebagai sumber energy listrik?
Jawaban: Daerah Sipirok, Sumba

39. Apa saja keunggulan dari sinar matahari sebagai sumber panas?
Jawaban: energi panas yang dihasilkan oleh sinar matahari sangat kuat dan tidak dapat habis, terus memancar sepanjang masa

40. Jelaskan manfaat dari pengembangan biogas!
Jawaban: beberapa manfaat biogas yang dapat dipaparkan antara lain.
a. manfaat biogas yang pertama yaitu dapat mengurangi penggunaan dari gas LPG, hal ini dapat saja dilakukan karena gas metana yang terkandung di dalam biogas dapat digunakan sebagai pembakaran seperti halnya yang terdapat di dalam gas LPG.
b. manfaat biogas yang kedua ialah lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, hal ini terjadi karena memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas
c. manfaat biogas yang ketiga adalah dapat menghemat biaya operasional rumah tangga, dengan mengganti bahan bakar minyak dan gas yang relative lebih mahal dengan penggunaan biogas.
d. manfaat biogas selanjutnya yaitu limbah digester dari biogas dapat kita manfaatkan sebagai pupuk organik, baik yang berupa cair maupun padat bagi pertanian.

41. Jelaskan pemanfaatan angin sebagai sumber energi listrik alternatif!
Jawaban: angin yang bertiup kencang dan besar dapat dimanfaatkan sebagai alternatif penghasil energi listrik. Caranya dengan mengumpulkan kekuatan angin untuk menggerakkan turbin/kincir angin untuk menghasilkan energi listrik.

42. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan briket dari tempurung kelapa?
Jawaban: tempurung kelapa, tanah liat atau tepung kanji, dan air

43. Sebutkan apa saja keuntungan berusaha di bidang pembuatan briket dari tempurung kelapa?
Jawaban: di berbagai pelosok daerah, limbah tempurung kelapa bisa ditemukan dengan cukup mudah. Disamping itu, pembuatan briket arang juga tidak terlalu susah, sehingga hampir setiap orang bisa membuatnya dengan teknologi yang cukup sederhana.

44. Jelaskan yang dimaksud modal!
Jawaban: modal merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, misalnya berupa modal uang, bangunan, mesin-mesin, dan lain-lain.

45. Sebutkan pemanfaatan dari tempurung kelapa!
Jawaban: sebagai bahan baku pembuatan briket arang

Lanjut ke soal nomor 46-55 => Contoh Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-4