Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part-3

Sejarah kelas 11 semester satu Bertemakan Bab  "Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imprealisme Barat di Indonesia", soal-soal essay bagian ketiga merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 bagian kedua (soal nomor 6-10). Dan pada bagian ke-3 berisikan materi sub pokok bahasan tentang Perjuangan Bangsa Indonesia melawan Imprealisme dan Kolonialisme (Penjajahan Bangsa Eropa).

Baca juga: 35 Soal PTS Sejarah K13 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban
Dimulai dari soal nomor 11, berikut dibawah ini soal sejarah kelas 11 semester ganjil dan kunci jawabannya kurikulum 2013 (K13).

11. Siapakah yang dipaksa Belanda untuk menandatangani Plakat Pendek? Kapan itu dilakukan?
Jawaban: Sutan Mahmud Daud Syah pada tahun 1904, dipaksa untuk menandatangani Plakat Pendek yang isinya Aceh mengakui kedaulatan Belanda atas daerahnya.

12. Dalam melawan Perang Diponegoro, Belanda menerapkan strategi benteng stelsel. Apa tujuan diterapkannya strategi benteng stelsel ini?
Jawaban: tujuan diterapkan strategi benteng stelsel adalah untuk mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro dan memperlemah pasukan Diponegoro.

13. Sebutkan isi dari Perjanjian Bongaya!
Jawaban: isi dari perjanjian Bongaya adalah sebagai berikut.
a. Wilayah makasar terbatas pada Gowa, wilayah Bone dikembalikan kepada Aru Palaka
b. Kapal Makasar dilarang berlayar tanpa seizing VOC.
c. Makasar tertutup untuk semua bangsa, kecuali VOC dengan hak monopolinya.
d. Semua benteng harus dihancurkan, kecuali satu benteng Ujuang Pandang yang kemudian diganti dengan nama Benteng Rotterdam.
e. Makassar harus mengganti kerugian perang sebesar 250.000 ringgit.

14. Bagaimana hasil serangan Kerajaan Mataram terhadap VOC di Batavia?
Jawaban: serangan pertama gagal karena banyaknya persediaan makanan pasukan Mataram dibakar Belanda, jarak Mataram VOC yang jauh dan kalah persenjataan perang.
Pada serangan kedua dipimpin Pangeran Puger dan Pangeran Purbuyo berhasil mengepung Batavia berhari-hari dalam serangan ini Gubernur Jenderal Belanda J.P. Coen tewas terkena penyakit kolera.

15. Kepada negara mana sajakah Kerjaan Demak meminta bantuan persenjataan dalam menghadapi serangan Portugis?
Jawaban: untuk menghadapi serangan Portugis, Kerajaan Demak meminta bantuan persenjataan  ke Turki, Inggris, Goa, dan Gujarat.

Lanjut ke soal berikutnya 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban