Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2Part-7

Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2 Part-7 atau bagian ke-7 adalah bagian terakhir dari materi soal-soal essay sejarah yang diambil dari Bab2, yaitu soal tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dengan sub pokok bahasan soal-soal tentang Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Pembentukan Pemerintahan Indonesia dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bagi anda yang belum membaca tulisan soal tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia bagian sebelumnya, bisa membacanya mulai dari soal essay bagian ke-4 sampai bagian ke-6 (soal nomor 66-80).

Oke, berikut soal essai sejarah kelas 11 semester genap kurikulum 2013 edisi revisi beserta jawaban untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 81.

81. Sebutkan usulan dasar negara yang disampaikan oleh Ir. Soekarno!
Jawaban: Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Ir. Soekarno:
a. Kebangsaan Indonesia
b. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
c. Mufakat atau demokrasi
d. Kesejahteraan sosial
e. Ketuhanan yang berkebudayaan

82. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan dari sudut Ilmu Hukum!
Jawaban: Dari sudut Ilmu Hukum, maka proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah menghapuskan tata hukum kolonial untuk pada saat itu juga digantikan dengan tata hukum nasional (Indonesia)

83. Jelaskan menurut pendapat Anda, apa yang dlakukan oleh bangsa Indonesia agar berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sampai ke semua penjuru Indonesia!
Jawaban: Dari mulut ke mulut, sehingga orang yang akan berpergian ke daerah lain bisa memberitahukan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia di daerah yang disinggahinya. Selain itu, bisa juga melalui pemancar radio yang saat itu sudah terpasang, dengan menyiarkan berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia.

84. Jelaskan jasa Laksamana Maeda bagi kemerdekaan Indonesia!
Jawaban: Laksamana Muda Maeda memiliki peran yang cukup penting dalam kemerdekaan Indonesia dengan mempersilahkan kediamannya yang berada di Jl. Imam Bonjol No. 1 Jakarta Pusat sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi oleh Soekarno, Mhammad Hatta dan Achmad Soebardjo, ditambah sang juru kerik Sayuti Melik. Selain itu, dia juga bersedia menjamin keamanan bagi mereka. Kini, bekas kediamannya itu menjadi Museum Perumusan Naskah Prokalamasi.

85. Apa saja hasil sidang PPKI yang pertama?
Jawaban: Pengesahan UUD 1945, penetapan Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden, pembentukan Komite Nasional.

86. Apa tujuan dibentuknya BKR?
Jawaban: Tujuan dibentuknya BKR untuk memelihara keselamatan masyarakat dan keamanan di berbagai wilayah.

87. Sebutkan tokoh golongan tua yang merumuskan teks proklamasi!
Jawaban: Ir. Soekarno, Drs.Moh. Hatta, Mr. Ahmad Soebardjo

88. Sebutkan Provinsi pada awal kemerdekaan Indonesia!
Jawaban: Provinsi Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, Maluku

89. Apa jasa Ahmad Soebardjo dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
Jawaban: Menjelang proklamasi kemerdekaan, ia duduk dalam keanggotaan BPUPKI. Beliau juga termasuk dalam Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta. Perannya yang sangat penting adalah menjadi penengah antara golongan muda dan Soekarno dalam peristiwa Rengasdengklok.

90. Kapan sidang PPKI edua dilaksanakan? Sebutkan hasil dari sidang PPKI kedua tersebut!
Jawaban: Sidang PPKI dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945. Sidang tersebut menghasilkan 3 buah keputusan, yaitu:
1) Pembagian Wilayah Indonesia
2) Pembentukan Departemen dan Pemerintah Daerah

Lanjut ke soal penilaian tengah semester => Contoh Soal UTS/PTS Sejarah Wajib Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban