Jumat, 01 April 2022

Bansos 2022 Cair! Cek di Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi cek bansos - Pada masa pandemi, masyarakat diharuskan membatasi kegiatan di luar rumah. Akibatnya, banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja bahkan ada yang harus rela diberhentikan dari tempat kerjanya. Hal inilah yang akhirnya berdampak pada ekonomi masyarakat.

Menanggapi hal ini, pemerintah memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan. Melalui Kementerian Sosial, program ini dijalankan untuk membantu ekonomi masyarakat. Kementerian Sosial telah menyiapkan dana sebesar 74,08 triliun rupiah yang dialokasikan khusus untuk bantuan sosial.


Kementrian Sosial telah membuat aplikasi khusus untuk mendukung penyaluran program Bansos ini. Karena dalam penyaluran Bansos ini seringkali tidak tepat sasaran. Sebagian masyarakat mengeluh karena tidak ikut merasakan bantuan.

Aplikasi ciptaan Kementerian Sosial ini kini tersedia fitur baru yaitu fitur “Sanggah” dan “Usul". Fitur tersebut digunakan untuk menyanggah orang yang tidak berhak dan mengusulkan orang yang berhak. Sehingga, orang yang memang berhak bisa terdaftar sebagai penerima Bansos.

Jika Anda merasa berhak mendapat bansos atau hanya sekedar ingin mengecek nama penerima bansos, Anda bisa mengunduhnya lewat link yang tersedia di bawah postingan.

Untuk cara menggunakan aplikasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Unduh aplikasinya melalui link di bawah postingan ini.
  2. Buka aplikasinya, lalu pilih “Buat Akun Baru".
  3. Di tahap ini Anda akan diminta memasukkan data seperti nomor KK, KTP, nama lengkap, alamat, nomor HP, dan alamat email. Selain itu, Anda harus mengunggah foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP.
  4. Lalu klik tombol “Buat Akun Baru", maka Anda tinggal menunggu verifikasi dari pihak Kemensos. Jika proses registrasi akun berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirim ke email Anda.
  5. Setelah proses registrasi akun selesai, Anda bisa mencoba login di aplikasi Cek Bansos dengan memasukkan username dan password yang telah dibuat.
  6. Ketika masuk aplikasi, Anda akan melihat menu “Profil”. Untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima bansos, pilih menu “Cek Bansos” yang berada di kanan menu “Profil”.
  7. Masukkan data lokasi wilayah seperti Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan. Serta masukkan nama Anda lalu klik “Cari Data".
  8. Jika Anda tidak terdaftar, maka Anda bisa mengusulkan diri melalui menu “Daftar Usulan".
  9. Kemudian klik “Tambah Usulan". Kemudian masukkan data diri Anda dengan lengkap.

Perlu diketahui juga bahwa Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengusulkan saudara, tetangga, ataupun teman yang memang berhak mendapatkan bansos. Sehingga lebih banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari program ini. Dengan begitu, meski Anda tidak berhak mendapatkan bansos, Anda bisa membantu pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam program bansos ini agar tidak salah sasaran.