Kamis, 02 Juni 2022

Jabawan : Produk yang dihasilkan dari bulu domba sering diolah dengan teknik...........a.rajut b.jahit c.tenun d.sulam

eddiesweetman260
Jabawan :

Produk yang dihasilkan dari bulu domba sering diolah dengan teknik...........a.rajut b.jahit c.tenun d.sulam

Teknik yang digunakan untuk mengolah produk yang dihasilkan dari bahan bulu domba adalah c. Tenun. Tenun adalah teknik pembuatan kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang secara bergantian. Kain tenun biasanya terbuat dari bahan serat kayu, kapas, sutra, bulu domba dan lainnya.

Pembahasan

Kerajinan bahan tekstil dibuat dari bahan serat baik dari serat alam maupun serat buatan. Bahan serat alam dapat berasal dari tumbuhan dan hewan. Contoh serat alam yang berasal dari tumbuhan adalah serat rami, serat kapas, serat daun nanas, dan lainnya. Sedangkan contoh serat alami yang berasal dari hewan adalah serat bulu domba, serat bulu Alpaca, serat bulu kambing Kashmir, serat ulat sutra, dan lainnya.

Pengolahan kerajinan bahan tekstil dilakukan dengan beberapa tahap  pengolahan, yaitu pencukuran, pembersihan dengan cara pencucian, pengeringan, dan kemudian dipintal.

Ada beberapa teknik pengolahan kerajinan bahan tekstil yaitu:

  1. Teknik tenun yaitu teknik pengolahan bahan tekstil dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang secara bergantian. Teknik tenun digunakan untuk pembuatan produk kerajinan tapestri. Teknik tenun menggunakan alat spanram atau bingkai yang direntangkan benang-benang lungsi sebagai jalur jalannya benang tenunan atau pakan. Teknik tenun biasanya digunakan untuk mengubah bahan dari bulu domba.
  2. Teknik rajut yaitu teknik membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Teknik rajut hanya hanya menggunakan sehelai benang. Teknik rajut dapat dilakukan dengan tangan maupun mesin. Teknik rajut dapat biasanya menggunakan benang wol, benang sutra, benang katun, dan lainnya.
  3. Teknik sulam yaitu teknik yang digunakan untuk memberi dekorasi di atas kain dengan menggunakan benang dan jarum. Teknik sulam membutuhkan bahan kain yang renggang agar memudahkan pengrajin untuk mengetahui lubang kain mana yang harus dikerjakan supaya bisa membentuk pola yang diinginkan. Teknik sulam biasanya menggunakan bahan benang wol dan benang katun.
  4. Teknik jahit yaitu teknik yang dilakukan dengan cara menyambung kain dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Teknik jahit dapat dilakukan dengan tangan (manual) atau mesin jahit.
  5. Teknik batik yaitu teknik merintang kain dengan malam. Malam adalah lilin khusus yang digunakan untuk membuat pola pada kain batik. Teknik batik menggunakan alat yang disebut canting sebagai alat tulis batik yang kemudian akan diisi dengan malam yang telah dilelehkan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang teknik dalam pembuatan kerajinan tekstil, pada: brainly.co.id/tugas/31959398
  2. Materi tentang jenis bahan yang digunakan dalam teknik tenun, pada: brainly.co.id/tugas/40651913
  3. Materi tentang sifat serat dari bulu domba, pada: brainly.co.id/tugas/11519499

Detail Jawaban

Kelas : SMP

Mapel : Seni Budaya

Bab : Kerajinan Bahan Tekstil

Kode : -

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6

Jawaban:

b. jahit

maaf kl salah ya