Resep - Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Lezat

Resep Abon merupakan makanan yang dibuat dari daging hewan. Mempunyai warna cokelat cerah sampai cenderung hitam bila dalam pengolahannya dibumbui menggunakan kecap. Abon terlihat laksana serabut kapas lantaran didominasi serat daging hewan kering. Dikarenakan dalam keadaan kering dan hampir tidak mempunyai kandungan air, abon umumnya tahan disimpan beberapa bulan menggunakan bungkus kedap udara. Abon seringnya dikonsumsi menjadi lauk teman makan nasi, ditaburkan di atas semangkok mie pangsit atau bubur ayam dan juga menjadi bahan isian lemper. Ada juga yang biasa mengkonsumsinya langsung layaknya cemilan. Daging hewan yang lazim dibuat abon adalah daging sapi makanya masyarakat menyebutnya sebagai abon sapi.
Resep Masakan, Resep Daging, resep abon ikan, resep abon sapi kering, bikin abon sapi, resep membuat abon sapi, resep abon sapi pedas, resep lemper abon sapi, resep abon sapi solo, resep abon ayam,

Mungkin selama ini anda mengkonsumsi abon sapi dengan cara membelinya di swalayan atau di warung sebelah rumah anda. Tak adakah keinginan anda untuk sesekali membuat abon sapi sendiri? Cara membuat abon sapi itu tak sulit seperti yang anda bayangkan lho ! Mudah sekali malah kalau boleh dibilang. Nah bila anda ingin membuat abon sapi sendiri dengan rasa yang dijamin gurih dan bikin ketagihan, anda harus menyimak resep membuat abon sapi yang berikut ini :

Bahan bahan membuat abon sapi :

500 gram daging sapi segar berwarna merah cerah.
150 ml santan kelapa kental atau anda boleh juga menggunakan santan kelapa instan yang banyak dijual
1/2 jari lengkuas yang telah dimemarkan.
1 lembar daun salam

Bumbu bumbu resep abon sapi yang harus dihaluskan :
1 sdm ketumbar.
2 siung bawang putih.
1 sdm gula merah atau tambahkan sesuai keinginan.
Garam seperlunya saja jangan terlalu asin.


Dan berikut adalah cara membuat abon sapi :

- Masak daging sapi menggunakan air, masukkan juga daun salam plus lengkuas. Biarkan sampai daging sapi jadi lunak kemudian diiris tipis-tipis. Berikutnya memarkan irisan daging sapi tadi menggunakan pemukul kayu dan selanjutnya daging sapi tadi disuwir kecil kecil.

- Hidupkan api dan segera panasi santan dalam wajan, tambahkan suwiran daging sapi tadi sekaligus juga masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Pergunakan api kompor yang kecil saja seraya diaduk terus sampai suwiran daging dalam wajan mengering. Bolak-balik abon sapi dalam wajan supaya tak menjadi gosong. Pastikan abon sapi yang anda buat betul-betul kering supaya mampu disimpan dalam waktu lama.

- Setelah betul betul kering angkat abon dari wajan dan tempatkan dulu dalam wadah yang sudah dialasi kertas kering. Tunggu hingga abon sapi mendingin dan siap untuk dikemas. Anda boleh menyimpannya dalam toples berpenutup atau bisa juga menggunakan kemasan plastik rapat.

Hayo,..bagian mana yang sulit. Ternyata membuat abon sapi itu mudah kan. Bila anda sedang tak punya lauk teman makan nasi, anda tinggal ambil saja abon sapi buatan anda itu.