Resep - Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Dengan Rasa Mantap

Ayam goreng mentega, siapapun akan meneteskan air liur jika dihadapannya tersaji satu porsi dengan sepiring nasi hangat plus segelas es kelapa muda. Sungguh menggiurkan. Ayam goreng mentega sangat populer dijual di berbagai tempat mulai dari kaki lima di sepanjang jalan utama kota hingga menjadi salah satu menu andalan restoran kenamaan. Semuanya menyajikan ayam goreng yang lezat ini. Terinspirasi dari ayam goreng mentega yang sering dijajakan di kaki lima dan resto, berikut adalah cara membuat ayam goreng mentega dengan saus yang lebih mantap dan khas menggunakan tetesan air jeruk limau yang menyegarkan.
Resep Ayam, resep ayam goreng mentega chinese food,resep ayam goreng mentega saus tiram,ayam goreng mentega ncc,resep ayam goreng tepung mentega,cara membuat ayam goreng mentega,goreng mentega kecap,

Bahan bahan untuk membuat ayam goreng mentega :

1 kg daging ayam yang sebelumnya telah dicuci dan dipotong potong dengan ukuran sesuai selera.
2 sendok teh garam atau sesuai keinginan.
6 sendok teh air perasan jeruk nipis.
1 sendok teh bubuk lada putih.
1 liter minyak goreng untuk menggoreng
5 sendok makan mentega
6 siung bawang putih yang sudah dicincang kasar.
1 butir bawang bombay ukuran sedang yang telah diiris kasar.
10 tangkai daun bawang yang dirajang rajang dengan ukuran sekitar 5 cm.
4 sendok teh air sari jeruk limau atau bila tak ada gunakan saja air perasan jeruk nipis.


Bahan bahan untuk membuat saus ayam goreng mentega :

300 ml air masak
2 sendok makan kecap Inggris
3 sendok makan kecap manis
4 sendok teh kecap asin atau sesuai selera
2 sendok teh gula pasir putih
Sedikit garam jika memang kurang asin.

Keenam bahan saus di atas dicampur menjadi satu dalam sebuah wadah. Aduk aduk menggunakan sendok sampai tercampur merata.

Cara membuat ayam goreng mentega :

- Campur daging ayam beserta air jeruk nipis, garam sekaligus bubuk lada putih dalam sebuah baskom besar. Biarkan selama setengah jam dalam lemari es. Setelah itu ambil kemudian goreng sampai matang atau tingkat kematangan yang sesuai keinginan.

- Panasi 4 sdm minyak goreng kemudian tumis cincangan bawang putih tadi hingga harum dan berwarna kuning.

- Tuangkan saus yang baru dibuat tadi, 3 sdm kecap manis, masukkan irisan bawang bombay lalu didihkan. Masukkan ayam goreng dan masak hingga kuah saus tadi berkurang dan meresap. Gunakan api kecil saja untuk menghindari saus terbakar.

- Tambahkan mentega atau margarin bersama irisan daun bawang, matikan api kompor. Aduk hingga margarin meleleh dan tercampur merata.

- Ayam goreng mentega siap disajikan setelah diberi tetesan air jeruk limau. Resep di atas cukup untuk 8 orang.

Sebagai catatan : Bawang bombay tak ditumis bersama bawang putih supaya terlihat renyah. Margarin atau mentega ditambahkan terakhir supaya saus tak terkesan kelewat berminyak, dan juga untuk menguatkan cita rasa margarin dalam saus. Ayam goreng boleh diolah 2 - 3 hari sebelumnya namun harus disimpan dalam pendingin. Selamat memasak!