Resep - Cara Membuat Bakpao Cokelat Lezat

Resep Kue Bakpao - Lantaran citarasa yang lezat dan empuknya tekstur bakpao, menjadikan panganan ini disukai banyak orang. Acapkali kita saksikan beberapa penjual bakpao yang menjajakannya di tepi jalan. Bakpao jadi alternatif kebanyakan orang untuk dimakan untuk pengganti roti. Panganan khas dari negeri China ini memang disukai semenjak dulu karena kelembutan maupun aneka isian didalamnya. Anda boleh jadi mampu membedakan mana bakpao yang enak dan mana yang tidak, akan tetapi sudahkah anda mengenal bahan ataupun prosedur pembuatannya? 

Resep Kue, resep bakpao isi daging ayam, resep bakpao coklat, resep bolu kukus, resep bakpao daging, resep bakpao telo, resep bakpao isi kacang hitam, resep bakpao ncc, resep bakpao empuk,


Berikut berbagai fakta sekitar bahan maupun cara membuat bakpao :

1. Bahan tepung yang digunakan
Dalam membuat bakpao, tepung yang dipakai boleh bermacam-macam. Yang lazim ialah tepung terigu dengan kadar protein menengah. Boleh pula menggunakan tepung terigu dengan kadar protein sedikit supaya agak ringan sekaligus empuk, malah terkadang juga ditambahkan tepung kanji supaya muncul citarasa legit ketika bakpao dikunyah. Warna bakpao yang menggunakan tepung terigu biasa biasanya mempunyai warna tak begitu putih. Agar bakpao dengan warna putih cerah, manfaatkan pemutih (bleach) maupun menggantinya menggunakan tepung hong kong khusus bakpao.

2. Seputar tepung hong kong
Dalam menciptakan bakpao berwarna sangat putih, kalangan chef dimsum memakai tepung hong kong (water flour). Anda pun dapat menggunakan adonan bakpao siap pakai asal Malaysia. Untuk cara membuatnya, ikuti menurut tata cara yang trtulis pada kemasan.

3. Bahan pengembang
Ragi instan adalah bahan pengembang pokok pada adonan bakpao. Guna menciptakan bakpao lebih mengembang maka anda boleh menambahkan sedikit baking powder. Mau yang lebih mudah? Pakai ragi khusus bakpao dalam sajian siap pakai yang sering ditawarkan di supermarket. Pengembang semacam ini sudah komplit berisi ragi instan, bread improver, serta terkadang ada sedikit pemutih.

4. Aturan mengukus
Cara mengukus bakpao hendaknya dikerjakan secepatnya. Apabila menunggu kelewat lama, bakpao bakal kempis. Sehingga sediakan dandang susun yang dapat berisi banyak bakpao dalam satu kali mengukus.

Dan berikut bahan untuk membuat bakpao cokelat :

200 g tepung terigu atau tepung hongkong
200 g gula pasir putih bersih
4 sdt ragi instan
300 cc air matang

Bahan bahan bakpao cokelat kedua :

1/2 kg tepung terigu atau tepung hongkong
400 g susu bubuk rasa vanilla
4 sdm mentega
4 sdt baking powder

Bahan isian bakpao :

400 g bittersweet chocolate

  • Campur bahan pertama hingga merata. Tidak boleh gula pasir tampak kasar, kocok hingga gula betul-betul larut.
  • Campur bahan pertama dan bahan kedua hingga merata. Uleni hingga kalis. Tutuplah adonan bakpao tadi menggunakan kain bersih paling lama 40 menit agar mengembang sempurna.
  • Bagi adonan bakpao jadi 50.
  • Buat potongan adonan tadi menjadi pipih. Isikan cokelat. Buat bulatan untuk membungkus cokelat. Berikan alas kertas di bawah bakpao.
  • Adonan bakpao dikukus dalam 15 menit stlah itu angkat dan siap disajikan.