Resep - Cara Membuat Cimol Enak Dan Gurih

Resep Cimol - Coba apa yang terbesit pada benak anda saat mendengar kata cimol? Apakah kepanjangan dari Cibadak mal? Bukan, cimol merupakan panganan khas kota Tasikmalaya yang akhirnya banyak dijajakan di wilayah Bandung dan kota kota sekitar. Cimol sendiri adalah singkatan aci digemol dimana dalam dialek Sunda maksudnya ialah tepung aci yang dibuat bentuk bulat kecil kecil. Citarasa cimol hampir mirip cireng, kenyal ketika dikunyah. Cireng kepanjangan dari aci digoreng, jelas sama rasanya dengan cimol yang juga digoreng. Cuma beda penyajian saja.
resep cimol enak, resep cimol goreng, resep cimol gurih, resep cimol isi, resep cimol kering, resep cimol kering terbaru, resep cimol sederhana, resep cireng, Resep Kue,

Bahan topping untuk cireng seringnya menggunakan campuran basah seperti daging, oncom, bakso, keju, dan lainnya yang dimasukkan dalam adonan tepung ketika akan digoreng. Namun ada juga cireng tanpa isi yang sering dijajakan penjual gorengan pinggir jalan. Sementara cimol dihidangkan beserta topping yang berujud serbuk misalnya serbuk rasa keju, bawang, pizza, barbeque, dan lainnya. Tak lupa dilengkapi dengan cabai yang juga dalam bentuk serbuk. Delicious.

Cimol mempunyai rasa gurih oleh karena itu begitu digemari masyarakat lebih-lebih anak-anak. Terlihat saat ini banyak dijumpai pedagang cimol di sekitar halaman sekolah. Tidak melulu anak anak saja, akan tetapi cimol pun disukai para orang dewasa. Kecuali rasanya yang gurih, saat digigit pun kenyal yang menjadikannya terasa makin nikmat. Hal itulah yang juga jadi satu diantara daya tarik dan karakteristik jajanan cimol ini. Berminat untuk mencoba membuatnya? Simaklah resep cara membuat cimol yang berikut ini :

Bahan bahan pembuat cimol :

  • 600 g tepung sagu
  • 6 sdm tepung beras
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1,5 sendok teh baking soda
  • Bubuk merica seperlunya saja
  • Garam seperlunya


Cara membuat cimol, ikuti langkah langkahnya berikut ini :

  • Sediakan baskom ukuran besar selanjutnya campur seluruh bahan di atas.
  • Tambahkan sedikit sedikit air panas seraya diuleni menggunakan sendok sampai adonan kalis dan gampang dibentuk.
  • Ambil sejumlah kecil adonan dan buat bentuk bulat kecil sebesar kelereng. Setelah adonan habis dibuat bulat bulat kecil selanjutnya goreng menggunakan api kompor yang kecil sampai mengembang.
  • Hidangkan bersama bubuk cabai atau bumbu bubuk rasa lain menurut keinginan anda. Boleh juga menggunakan saus sambal atau saus tomat.


Cara membuat cimol di atas ternyata tidak sulit dan praktis. Anda bisa membuatnya kapan saja bila anda menginginkannya. Selain rasa yang lebih lezat dari cimol yang dijajakan di pinggir jalan, cimol buatan sendiri juga lebih higenis. Cocok untuk cemilan seluruh keluarga anda. Nah selamat mencoba ya!