Resep - Cara Membuat Dendeng Sapi Balado

Resep Dendeng merupakan daging yang diiris tipis sebagai serpihan dimana lemaknya dibuang, menggunakan bumbu saus asam, asin ataupun manis dan dikeringkan menggunakan api kecil, dibuat asin ataupun dijemur. Hasilnya berupa daging asin agak manis dan tak usah ditempatkan di kulkas. Dendeng merupakan salah satu cara mengawetkan makanan. Resep pembuatan dendeng umumnya memanfaatkan satu macam daging yakni daging sapi. Akan tetapi dendeng pun bisa diolah menggunakan daging jenis lain misalnya daging kambing ataupun daging babi. Dapat pula dendeng diolah dari binatang hasil buruan misalnya moose, venison, caribou, maupun rusa. Sekarang ini malah ada pula dendeng yang terbuat dari daging burung onta, ayam kalkun, ikan salem, daging buaya maupun daging ikan tuna. Daging sebagai bahan dendeng mesti dikeringkan dengan segera guna memperlambat perkembangan bakteri ketika itu juga. Untuk itu daging bahan dendeng harus diiris tipis, ataupun ditekan tekan hingga tipis.
Resep Daging, resep dendeng balado batokok, resep dendeng balado basah, resep dendeng balado renyah, resep dendeng balado kering, resep dendeng balado enak, keluarga nugraha, resep dendeng balado ncc, lambok,

Ada satu jenis dendeng yang terkenal dari daerah Minangkabau yaitu dendeng batokok. Dendeng batokok hampir menyerupai dendeng balado bedanya ialah bumbu dendeng batokok tidak menggunakan cabe merah, akan tetapi menggunakan cabe hijau yang dirajang kasar dan daging sapi sesudah dipotong tipis melebar kemudian dipukul pukul menggunakan batu cobek agar daging jadi lunak.

Bahan bahan yang diperlukan :
500 g daging paha sapi utuh
Air secukupnya untuk merebus
1 sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu untuk merendam :
150 cc air
3 butir bawang putih yang sudah dihaluskan
3 butir jeruk nipis diambil sarinya
1/2 sendok makan bubuk merica
1/4 sendok makan garam

Bahan untuk balado :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 cabai merah besar
100 gram tomat merah
50 cc minyak goreng buat menumis
1/2 sendok teh bubuk merica
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh cuka masak


  • Masak daging sapi menggunakan air dan ditambahkan garam memakai api kecil sampai agak matang. Ambil dan tiriskan. Sisakan 100 cc air rebusan itu untuk menumis.
  • Potong daging sapi dengan tebal 1 cm. Memarkan. Campurkan beserta bumbu untuk merendam. Tunggu sampai bumbu meresap sekitar 30 menit.
  • Panaskan minyak goreng dan goreng daging menggunakan minyak yang banyak dan panas sampai daging benar benar kering. Ambil dari wajan dan tiriskan.


Untuk membuat balado, pertama tumbuk kasar bawang putih, bawang merah, cabe merah serta tomat. Tumis bumbu kasar tadi beserta bubuk merica, gula, garam sekaligus cuka sampai matang dan wangi. Ambil.

  • Siapkan piring saji untuk menghidangkan dendeng sapi balado. Tuang dendeng sapi menggunakan saus balado. Dendeng sapi balado siap disantap. Resep di atas untuk 3 porsi.