Resep - Cara Membuat French Fries Garing Dan Renyah

Resep French Fries alias kentang goreng tentu digemari semua orang. Di samping dapat membeli kentang goreng beku (frozen), tidak sedikit orang yang membuat sendiri French Fries sendiri di rumah. Akan tetapi seringnya kita mendapati masalah khas kala menggoreng kentang yaitu cepat lembek tidak seperti kentang goreng yang biasa dijual oleh waralaba French Fries di supermarket. Namun tahukah anda bahwa rahasia kentang goreng gurih dan garing itu ada pada pemberian tepung ketika akan digoreng. Kentang mempunyai kandungan air dan pati yang sangat banyak akibatnya beberapa jam setelah kentang digoreng bakal lembek. Cara membuat French Fries yang garing ala supermarket sebenarnya sederhana saja.
Resep Makanan, resep french fries kfc,baked french fry recipe,oven french fry recipe,french fry recipe deep fryer,crispy french fry recipe,mcdonalds french fry recipe,easy french fry recipe,

Untuk menjadikannya renyah lebih lama dan tak lembek, iris kentang jadi seukuran jari. Selanjutnya cuci hingga bersih, tiriskan. Sediakan tepung maizena dan tambahkan garam halus seperlunya. Gulir gulirkan irisan kentang yang telah ditiriskan tadi, biarkan hingga tepung maizena melekat seluruhnya dan meresap. Semula lapisan maizena tersebut akan mengakibatkan permukaan kentang jadi putih. Akan tetapi lambat laun akan terserap dan kentang tampak basah lagi. Sesudah kentang tampak basah lagi, kentang siap digoreng menggunakan minyak banyak. Kadar tepung maizena tersebut akan meng-absorp kandungan air dan zat pati kentang dengan begitu kentang terlihat kering lebih lama dan renyah.

Bahan bahan :
2 buah kentang ukuran besar.
Tepung maizena
Minyak goreng untuk menggoreng
Garam secukupnya


- Kentang dikupas kulitnya. Apabila Anda tak hendak mengupas kulitnya sebab kulit kentang justru kaya dengan serat, gosok gosok permukaan kulit kentang di bawah aliran air. Iris dengan tebal ½ cm dan panjang 6 cm.

- Tempatkan kentang dalam panci berisi air, kemudian rebus potongan kentang. Sesudah mendidih, tunggu kentang matang kurang lebih 5 menit, selanjutnya ditiriskan. Tunggu 10 menit agar kentang menjadi kering. Taburkan tepung maizena pada nampan, dan gulir gulirkan potongan kentang tadi pada tepung maizena itu. Biarkan tepung maizena melekat pada permukaan kentang.

- Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak (deep-fry) menggunakan temperatur 150 derajat Celcius. Sesudah minyak goreng panas, matikan api kompor. Goreng potongan kentang sedikit sedikit kurang lebih 8 potong kentang tiap kali menggoreng. hal itu bertujuan agar kentang matang dengan rata. Sebelum kentang berubah warna, angkat dari wajan.

- Hidupkan lagi api kompor dan goreng kentang untuk kedua kalinya selama 2-4 menit hingga warnanya brubah jadi coklat kekuningan. Kentang umumnya akan jadi agak gelap sesudah ditiriskan. Sajikan dalam mangkuk dan taburi dengan garam seperlunya.

Nah sekarang anda jadi tahu rahasia cara membuat Frech Fries yang garing dan renyah ala waralaba asing. Selamat mencoba ya!