Resep - Cara Membuat Oncom

Resep Oncom - Tidak usah menengok tampilannya yang penuh jamur. Namun rasakan saja ketika santapan ini telah dibuat menjadi beraneka macam hidangan yang jelas akan membuat ketagihan. Ditanggung saat itu juga anda akan lupa dengan tampilan sebelum diolah. Hanya segelintir orang yang tidak tahu dengan oncom. Makanan produk fermentasi ini sungguh tidak membangkitkan nafsu makan ketika mentah. Namun jika sudah dimasak, boleh dipastikan banyak orang yang akan kecanduan. Katakan saja keripik oncom yang kerap menjadi buah tangan dari kota Bandung. Masakan tumis oncom yang diolah bersama lenca, maupun makanan oncom goreng tepung.

Kendati sederhana, namun mengenai citarasa, makanan ini tidak kalah dibanding jenis makanan lain. Oncom terbuat dari ampas tahu atau bungkil kacang yang difermentasi memanfaatkan jamur Neurospora sitophila alias jamur merah yang mengakibatkan oncom mempunyai warna kemerahan. Makanan dari Bandung ini ada 2 macam. Pertama, oncom merah yang sering ditemui di pasar pasar tradisional. Kedua ialah oncom hitam. Oncom hitam sering dijumpai di kawasan Bandung. Jika oncom merah memanfaatkan Neurospora sitophila dalam tahap fermentasinya, oncom hitam memanfaatkan ragi Rhizopus oligosporus. Di samping itu, oncom hitam terbuat dari bahan ampas kacang. Wajar apabila kedua jenis makanan itu harganya lumayan murah.

Dalam membuat oncom pun begitu mudah. Seringnya oncom dimasak dengan ditumis bersama pelengkap lenca. Dimakan bersama nasi putih panas, tumisan oncom menjadi makanan yang kian lezat. Ada pula sebagian orang yang memasaknya dengan digoreng bersama balutan tepung. Seperti tempe goreng tepung. Bila ingin mencicipi olahan oncom berupa keripik oncom, datang saja ke Bandung sebab di sana banyak dijual keripik oncom sebagai salah satu oleh oleh khas kota tersebut. Anda pun bisa membuat oncom sendiri. Berikut caranya :

Bahan bahan yang diperlukan :

500 gram kacang tanah
50 gram ragi oncom


- Cuci bersih kacang tanah, selanjutnya giling kasar sampai berupa bungkil.

- Dengan menggunakan alat pres sederhana pres bungkil kacang tanah itu untuk meniadakan kadar minyaknya.

- Buat bungkil kacang tanah itu jadi bentuk lempeng.

- Bungkil kacang tanah kemudian direndam menggunakan air kurang lebih 7 jam hingga jadi bubuk oncom

- Tempatkan bubuk oncom dalam keranjang bambu agar kadar air meresap ke bawah dan biarkan semalam

- Bubuk oncom selanjutnya dikukus hingga empuk, berikutnya buat jadi bentuk persegi memanjang

- Biarkan oncom itu kurang lebih 12 jam

- Taburkan ragi oncom. Berikan alas dan penutup memakai karung bersih.

- Biarkan hingga tumbuh kapang pada permukaan oncom.

Sesudah tumbuh spora jamur, iris oncom menurut selera dan tempatkan pada anyaman bambu hingga lumayan kering

- Oncom siap diolah menjadi berbagai masakan lezat berbahan oncom.