Resep - Cara Membuat Perkedel Kentang

Resep Perkedel Kentang - Sajian dari olahan kentang memang bermacam macam dan satu diantaranya ialah perkedel kentang. Meskipun bahan maupun cara pengolahannya terhitung sederhana namun bisa memberikan perkedel kentang yang enak dan lezat. Pengertian perkedel sendiri ialah masakan yang dibuat dari kentang yang digoreng maupun direbus sebelum dihaluskan kemudian ditambahkan daging cincang, potongan daun bawang dan daun seledri selanjutnya ditambahkan beberapa bumbu. Dibuat bentuk bulat pipih, dicelup dalam kocokan telur kemudian digoreng.
Resep Makanan, resep perkedel kentang kornet,resep perkedel tahu,resep perkedel jagung,bumbu perkedel kentang,kentang enak,kentang daging,kentang jagung,kentang rebus,

Perkedel pun ada yang dibuat dari singkong dan ubi jalar yang juga direbus atau digoreng kemudian dihaluskan. Ada juga yang berasal dari tahu, tahu dihaluskan ditambahkan aneka bumbu dan telur ayam kemudian digoreng. Perkedel yang berasal dari tahu lazim dinamakan sebagai perkedel tahu. Kata "perkedel" sendiri bersumber dari Bahasa Belanda yaitu Frikadel, hal tersebut membuktikan pengaruh kultur Belanda terhadap seni kuliner Indonesia. Resep aslinya di negara negara Eropa, frikadel terbuat dari daging cincang yang dihaluskan dan selanjutnya digoreng, sementara di Indonesia perkedel terbuat berbahan kentang yang terkadang cuma sejumlah kecil ditambahkan daging cincang ataupun kornet. 

Perkeel kentang sangat umum dijual sebagai salah satu menu lauk warung makan khususnya warung soto atau warteg. Anda pun bisa menghidangkan perkedel kentang ini untuk keluarga tercinta. Kandungan gizi dalam perkedel kentang sangat pas bila dikonsumsi anak anak anda. Mari kita membuat perkedel kentang dengan resep berikut ini :

Bahan bahan yang dibutuhkan :

500 gram kentang dikupas
1 sdm bawang goreng dihancurkan
1 butir telur yang kuning dan putih dipisahkan
1/2  tangkai daun seledri dirajang kecil
1/4  sdt bubuk merica
Minyak goreng untuk menggoreng
Bubuk pala sesuai kebutuhan
Garam sesuai kebutuhan


- Kentang dicuci bersih dan dipotong potong agak besar. Goreng potongan kentang tadi. Jangan sampai terlalu matang, asal sudah empuk saja.

- Sesudah kentang berwarna kecoklatan, angkat dari penggorengan dan ditumbuk halus.

- Tambahkan kuning telur, bawang goreng halus, bubuk merica, bubuk pala dan irisan daun seledri, aduk-aduk hingga rata.

- Adonan kemudian dibentuk bulatan bulatan pipih.

- Sesudah selesai, segera panaskan wajan dengan minyak goreng yang cukup. Sebelum digoreng masukkan bulatan perkedel kentang dalam putih telur selanjutnya goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. 

- Perkedel kentang siap disajikan untuk teman makan nasi atau soto. Resep perkedel kentang di atas pas untuk 7 orang.