Resep - Cara Membuat Pempek Asli Palembang

Resep Pempek - Jika tidak ada niatan keluar rumah, anda bisa mencoba buat pempek sendiri. Tak begitu sulit, lebih-lebih resep pempek berikut ini boleh disesuaikan dengan keinginan. Tingkat pedas atau manisnya cuko pun dapat dibuat menurut selera. Pempek merupakan hidangan asli Palembang yang dibuat dari ikan dan sagu. Pempek dimakan dengan disertai saus cuka atau cuko dalam bahasa daerah Palembang. Cuko terbuat dari campuran air dengan gula merah, cabe rawit tumbuk, udang ebi, bawang putih juga garam yang kemudian dimasak sampai mendidih. Cuko dari dahulu berasa pedas untuk menambah selera makan. Akan tetapi lambat laun banyak dijumpai cuko berasa manis untuk yang tak suka pedas.
Resep Masakan, resep pempek lenjer,resep pempek adaan,resep pempek pak raden,resep pempek kapal selam,resep pempek kulit,resep cuka pempek,resep pempek pistel,resep pempek lenggang,

Bahan bahan yang digunakan :

1 Cangkir ikan tengiri cincang
1 Cangkir air putih
Garam sesuai kebutuhan
2 sendok makan minyak goreng
Tepung kanji seperlunya

Bahan untuk saus cuko :

1000 gram gula merah disisir
Cabe rawit sesuai keinginan
200 gram bawang putih
3 sendok makan cuka atau air jeruk nipis
Garam seperlunya
2 l air


- Aduk dalam satu wadah, daging ikan giling, air dan garam sampai betul-betul tercampur rata dan asinnya pas.

- Masukkan tepung kanji seperlunya hingga adonan gampang diuleni. Tambahan tepung kanji terserah pada kekenyalan yang dikehendaki.

- Adonan siap dibuat bentuk menurut keinginan. Untuk membuat pempek kapal selam, ambil adonan sesuai kebutuhan, buat seperti mangkok, isikan telur mentah selanjutnya tutup rapat telur dengan adonan supaya tak bocor.

- Masak menggunakan air sampai mendidih dengan api sedang sampai mengambang. Setelah itu ambil dan tiriskan. Membuat pempek lenjer, buat adonan semacam silinder dan masak hingga mengapung selanjutnya angkat dan cemplungkan dalam air dingin. Membuat pempek andaan, ambil adonan seperlunya, masukkan bawang goreng, irisan daun bawang dan telur, aduk-aduk hingga rata. Buat adonan seperti bola-bola kecil dan goreng menggunakan minyak panas sampai mengambang dan matang.

- Membuat saus cuko, panaskan gula merah dan air seperlunya sampai larut. Lumatkan bawang putih dan cabe rawit lantas masukkan dalam larutan gula. Masak sampai mendidih. Tambahkan cuka plus garam. Masak menggunakan api kecil kurang lebih 1 jam sampai lumayan kental. Angkat dan saring.

Gunakan ikan tengiri segar dan ambil dagingnya kemudian lumatkan sampai serabut putih pada daging terambil. Pada resep pempek ini, takar ikan tengiri halus menggunakan mangkuk. Selanjutnya masukkan air sejumlah takaran daging ikan tengiri. Contoh, apabila 1/2 mangkuk daging ikan maka air yang digunakan 1/2 mangkuk juga. Takaran tepung kanji yang digunakan menurut kadar kekenyalan pempek yang dimaui. Makin Semakin banyak tepung kanji yang digunakan maka pempek yang dihasilkan akan bertambah kenyal. Penyajian pempek boleh dengan atau tanpa mi kuning. Selamat mencoba!