Resep - Cara Membuat Telur Asin

Cara Membuat Telur Asin - Sudah tak terhitung studi tentang nutrisi dalam satu butir telur. Masyarakat pun sudah paham betul tingginya kadar protein telur. Akan tetapi studi tentang kadar nutrisi telur asin tidak begitu diketahui. Faktanya di samping memiliki nyaris semua zat gizi dan mineral yang komplit, kadar kalsium bertambah 2,5 kali sesudah diasinkan. Telur adalah hasil ternak dengan andil besar untuk menanggulangi problem gizi masyarakat, sebab telur kaya dengan zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi yang tersedia dalam telur gampang dicerna dan diserap oleh metabolisme tubuh.

membuat telur asin dengan air garam,membuat telur asin aneka rasa,membuat telur asin,telur asin masir,telur asin brebes,telur asin bakar,telur asin asap,telur asin rasa udang,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Tape Singkong

Itulah alasan telur sangat disarankan untuk dimakan anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, ibu mengandung ataupun menyusui, orang sakit atau tahap penyembuhan, maupun orang tua. Berat dan dimensi telur itik umumnya lebih besar bila dibanding telur ayam. Dengan kulit berwarna biru muda. Lantaran bau amisnya yang kuat, pemanfaatan telur itik untuk makanan tak sesering penggunaan telur ayam. Telur itik pun memiliki pori-pori yang agak besar, dengan begitu sangat bagus untuk dibuat telur asin.

Semula masyarakat mengetahui bahwa pengasinan merupakan salah satu usaha dalam pengawetan telur yaitu dapat memperlama waktu simpan juga menghilangkan bau amis. Akan tetapi hasil pengasinan itu diperoleh telur dengan rasa khas. Tak heran jika telur asin banyak digemari. Telur asin merupakan istilah umum untuk makanan dengan bahan baku telur itik yang diawetkan dengan pengasinan. Umumnya telur yang digunakan ialah telur itik, kendati tak menutup kemungkinan jenis telur lain. Masa simpan telur asin dapat sampai sebulan. Telur asin bisa dikombinasikan bersama sejumlah hidangan lain contohnya nasi jamblang serta nasi lengko. Atau boleh juga disantap tanpa menggunakan nasi. Sejumlah nelayan berbekal telur asin untuk pada waktu melaut menangkap ikan.

Anda pun bisa membuat telur asin sendiri di rumah dengan rasa yang pas, lezat dan tahan lama. Untuk itu siapkan dulu bahan bahannya.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

  • Telur itik
  • Garam secukupnya
  • Air
  • Tanah atau tumbukan halus batu bata merah


  • Sediakan telur itik yang hendak diasinkan, cuci bersih kulit luarnya.

  • Tuangkan tumbukan halus batu bata merah atau kalau tak ada, abu gosok pun boleh digunakan dalam wadah.

  • Tambahkan air sesuai kebutuhan

  • Bubuhkan garam menurut keinginan. Makin banyak diberikan garam, telur akan makin tahan lama. Aduk aduk sampai merata, tidak boleh kelewat kental atau kelewar cair.

  • Sesudah adonan siap, lapisi satu demi satu telur itik kemudian tempatkan pada wadah penyimpanan

  • Sesudah disimpan kurang lebih 7 hari, kupas pelan-pelan adonan yang melekat di telur. Tidak boleh lupa telur asin dicuci lebih dulu

  • Rebuslah telur asin sampai matang

  • Telur asin siap dihidangkan sebagai lauk nasi ataupun dimakan langsung.