Resep - Cara Membuat Tempe Bacem

Cara Membuat Tempe Bacem - Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai atau bahan lain yang difermentasi memakai ragi dari berbagai jenis jamur Rhizopus, misalnya Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer dan Rhizopus arrhizus. Tempe sering menjadi lauk teman makan nasi di Indonesia, namun saat ini juga sudah terkenal di seluruh dunia. Kalangan vegetarian di beberapa negara banyak yang memanfaatkan tempe untuk alternatif pengganti daging. Sehingga kini tempe dibuat tak hanya di Indonesia, namun di sejumlah tempat di dunia.

cara membuat tempe penyet,cara membuat opor ayam,cara membuat tempe bacem,cara membuat tempe mendoan,resep masakan,cara membuat tahu bacem,cara membuat sayur asem,cara membuat tempe goreng,
Baca juga : Resep -  Cara Membuat Telur Asin

Sejumlah riset telah dilakukan di beberapa negara misalnya di Jepang, Jerman dan Amerika untuk meneliti tempe ini. Indonesia sendiri pun saat ini mencoba untuk menemukan strain berkualitas dari jamur Rhizopus guna memperoleh tempe yang lebih cepat jadi, kualitas tinggi sekaligus meningkatkan nilai nutrisi dalam tempe. Namun sejumlah pihak mencemaskan usaha itu bisa membahayakan eksistensi tempe sebagai bahan makanan milik publik sebab bisa saja strain ragi tempe unggul itu dicatatkan hak patennya akibatnya pemakaiannya dilindungi undang-undang. Pihak umum yang akan menggunakan harus mendapat ijin dari pemegang paten.

Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam olahan lezat menggugah selera yang salah satunya adalah temp bacem. Tempe bacem adalah tempe dengan rasa manis dan gurih karena dibumbui. Anda pun dapat membuat tempe bacem sendiri di rumah.

Bahan bahan yang diperlukan :

1/2 kg tempe dirajang-rajang
3/4 liter air kelapa
700 gram gula merah
3 sendok makan kecap manis
1 ruas jari lengkuas, dimemarkan
2 helai daun salam
Air asam jawa secukupnya
Minyak goreng

Bahan bahan bumbu halus :

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh jintan
1 sendok teh garam


  • Letakkan irisan tempe dalam wajan anti lengket. Apabila tempe bacem dibuat dengan porsi banyak lebih baik memakai beberapa wajan ketimbang menggunakan sebuah wajan besar. Bumbu akan lebih merata dan tempe tak akan hancur.

  • Tambahkan bumbu halus, air kelapa, daun salam, lengkuas, air asam plus kecap manis.

  • Masak sampai mendidih. Aduk aduk agar bumbu merata dan air rebusan dapat dicicipi asin manisnya. Tambahkan kecap kalau warna tak begitu hitam. Perlu diingat kalau kecap pun bisa menambah manis, sehingga masukkan kecap dahulu, bila masih kurang manis baru ditambahkan gula.

  • Masak terus hingga airnya mengering. Bila sesudah air kering namun bumbu belum meresap pas atau warna cokelat belum merata di seluruh permukaan tempe, boleh dituangkan air panas kurang lebih 1 gelas dan didihkan lagi hingga air mengering dan bumbu meresap dengan rata. Angkat.

  • Baceman tempe selanjutnya digoreng menggunakan minyak panas, singkat saja hingga berwarna coklat tua dan tidak usah kelewat kering.

  • Tempe bacem gurih siap disajikan hangat.