Resep - Cara Membuat Waffle Crispy

Cara Membuat Waffle Crispy - Di samping pancake, makan waffle ketika makan pagi digemari kebanyakan orang. Tekstur lembut waffle hangat bersama lumeran cokelat ataupun selai benar-benar lezat. Waffle tidak cuma populer di Amerika, di negeri Belgia dan Hongkong pun memiliki varian yang khas. Campuran telur, tepung terigu beserta susu dibuat dengan cetakan besi bermotif dihasilkan hidangan yang lembut lezat. Topping boleh sesuai keinginan.

waffle belgia,resep waffle crispy,how to make waffle crispy,crispy waffle recipe,crispy waffle shorewood,crispy waffle menu,membuat waffle tanpa cetakan,membuat waffle coklat,
Baca juga : Resep - Cara Membuat Urap

1. American Waffles
Beda mendasar dari waffle buatan Amerika ialah adonannya. Racikan waffle Amerika simpel saja yaitu terbuat dari tepung terigu, baking powder, susu, butter, gula pasir, telur serta garam. American waffle ini garing pada bagian luar dan empuk bagian dalamnya.

2. Belgian Waffles
Kendati waffle telah populer di Belgia semenjak abad 19, akan tetapi Belgian waffles baru betul-betul dikenal pada tahun 1964. Maurice Vermersch, seorang pemilik rumah makan mencoba menawarkan makanan dengan nama Brussels waffles ketika kegiatan World’s Fair di New York. Para pembeli tak tahu jika kota Brussels itu terdapat di Belgia, Vermersch mengganti nama makanan tersebut sebagai Belgian waffles. Ketimbang American waffles, Belgian waffles cenderung lembut dan lekukan pada permukaannya lebih dalam.

3. Gai Daan Jai
Makanan Gai daan jai atau dinamakan juga sebagai eggettes adalah makanan kaki lima terkenal di Hongkong. Gai daan jai sebenarnya merupakan waffle yang terlihat menyerupai telur lembut yang menjadi satu beserta adonan renyah. Makanan ini diolah memakai adonan manis berbahan telur yang dipanggang pada wajan berlekuk serupa bentuk telur.

Bahan bahan yang diperlukan :

3 ons tepung terigu protein sedang
90 g tepung maizena
1 sdt garam
1,5 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 liter susu cair
1 sdt cuka
100 cc minyak goreng
3 butir telur digunakan kuningnya
3 putih telur
30 g gula halus

Bahan bahan isi :

30 g butter
50 cc cream kental
150 g dark baking chocolate
50 g selai kacang


  • Campurkan jadi satu bahan kering sembari diayak.

  • Campurkan susu, cuka, minyak goreng serta kuning telur. Aduk-aduk merata. Tambahkan pada adonan bahan kering sedikit sedikit sembari diaduk-aduk pelan-pelan.

  • Putih telur dikocok hingga agak mengembang. Masukkan gula halus. Kocok lagi hingga mengembang penuh.

  • Tambahkan sedikit demi sedikit pada adonan nomor 2 sembari diaduk pelan-pelan.

  • Panaskan cetakan waffle kotak yang telah diolesi margarin. Tuangkan adonan. Tutup dan tunggu hingga matang.

  • Membuat isi, lelehkan butter dan cream kental seraya diaduk-aduk. Tambahkan dark baking chocolate beserta selai kacang. Aduk-aduk hingga cokelat larut.

  • Olesi sisi atas waffle menggunakan adonan isi. Tutup menggunakan waffle lain. Hidangkan bersama taburan gula tepung.