Resep - Cara Membuat Urap

Cara Membuat Urap - Urap adalah hidangan khas dari daerah Pasundan. Hidangan ini terdiri dari beraneka macam sayur misalnya taoge, kacang panjang, wortel, mentimun, daun kenikir, daun singkong maupun daun kemangi yang dipadukan parutan kelapa muda yang dibumbui dan cabe merah segar yang dihaluskan. Cita rasanya sudah tentu nikmat dan sanggup membuat lidah Anda bergoyang gara-gara rasa pedas bumbu di dalamnya. Kudapan ini lazim dimakan langsung atau disertai seporsi nasi hangat bersama taburan petai cina dan rempeyek udang atau rempeyek teri. Makanan ini benar-benar menggugah selera makan kita.

bumbu urap jawa,menu urap,cara membuat urap sayur,cara membuat urap sederhana,cara membuat urap mentah,cara membuat urap bunga pepaya,cara membuat urap genjer,cara membuat urap jagung,
Baca juga : Cara Membuat Urap Sayuran

Dilihat dari aspek kesehatan, hidangan ini merupakan jenis makanan yang sangat disarankan untuk dimakan sebab terdiri dari berbagai jenis sayur-mayur yang jelas kaya serat yang bermanfaat untuk memperlancar organ pencernaan dan peremajaan sel sekaligus anti penuaan dini. Di samping itu, urap dapat dikombinasikan dengan mencampurkan rebusan sayur brokoli ataupun bunga pepaya gantung. Zat gizi yang terdapat pada urap ini sangat beragam. Tiap-tiap sayur-mayur memiliki kandungan vitamin A,B,C, dan E. Vitamin-vitamin tersebut bisa menangkal gempuran radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini dan mencegah munculnya sel kanker. Beberapa mineral yang terdapat pada sayur-mayur misalnya fosfor, zat besi, seng, potassium dan mangan bisa mengakomodasi metabolisme tubuh dan membersihkan darah kotor sekaligus menguatkan tulang serta jaringan sel.

Macam hidangan urap lainnya adalah urap Aceh. Hidangan urap ini memakai bumbu kacang tanah pada parutan kelapa muda. Kacang tanah kerap disarankan dikonsumsi dalam membantu meminimalisir resiko gangguan jantung koroner dikarenakan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh. Anda boleh mencoba memakan 100 gram kacang tanah selama satu minggu sebanyak 5 kali. Hal tersebut bisa memelihara pompa jantung bekerja dengan semestinya dengan begitu resiko gangguan jantung dapat dikurangi hingga 40 %.

Bahan bahan yang diperlukan :

1 ikat sayur kangkung
1 ikat sayur bayam
1 ikat kacang panjang
1/4 kg kol putih
1 ons taoge

Bahan bahan untuk bumbu :

1 butir kelapa dikupas kemudian diparut kasar
3 cabai merah
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1 sendok teh terasi
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah disisir
Penyedap rasa jika ingin


  • Membuat bumbu, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan garam diulek sampai lembut, kemudian tambahkan gula merah, terasi dan kencur. Ulek sampai semua bahan halus.

  • Tambahkan bumbu halus pada parutan kelapa, campurkan hingga merata. Tambahkan daun jeruk. Parutan kelapa kemudian dikukus sampai matang, sisihkan.

  • Sayuran disiangi dan kemudian direbus sendiri-sendiri sampai mendidih. Tiriskan.

  • Rajang-rajang sayuran sesuai keinginan dan tempatkan dalam baskom. Taburkan bumbu urap, campur hingga rata.

  • Urap sayuran siap disajikan.