Teks Kisah Ulang: (Pengertian, Jenis, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan Dan Teladan Teks Kisah Ulang)

Halo sahabat di artikel kali ini kaka akan membahas mengenai teks dongeng ulang, bahan perihal teks memang banyak di bahas di mata pelajaran bahasa indonesia termasuk bahan perihal teks dongeng ulang, teks dongeng ulang bisa dikatan sebagai sebuah karya tulis dimana di dalamnya si penulis menceritakan kembali kejadian-kejadian yang pernah terjadi, baik perihal biografi atau yang menceritakan seorang tokoh, menceritakan fakta-fakta yang telah terjadi atau bisa juga menceritakan insiden masa kemudian degan imajinasi.

Materi kelas yang mempelajari teks dongeng ulang yaitu pelajaran bahasa indonesia yang dipelajari di kelas XI kurikulum 2013, disini kaka akan mengulas kembali perihal teks dongeng ulang ini, barangkali ada diantara kalian yang ingin mendapat referensi lengkap perihal teks dongeng ulang, kalian bisa baca artikel ini. Apa yang akan diuraikan pada artikel ini mencakup pengeritan teks dongeng ulang, jenis-jenis teks dongeng ulang, struktur isi dari teks dongeng ulang, kaidah kebahasaan dan juga contoh dari teks dongeng ulang.

Halo sahabat di artikel kali ini kaka akan membahas mengenai teks dongeng ulang Teks Kisah Ulang: (Pengertian, Jenis, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan Dan Teladan Teks Kisah Ulang)


Semoga dengan membaca artikel ini kalian sanggup memahami struktur dan kaidah teks dongeng ulang, baik melalui verbal maupun tulisan, juga kalian sanggup menginterpretasi makna teks dongeng ulang, baik secara verbal maupun tulisan.

Pengertian teks dongeng ulang

Teks Cerita Ulang atau bisa juga disebut Rekon (bahasa inggris: Recount) yaitu Teks yang menceritakan suatu insiden atau insiden atau kegiatan yang telah dilakukan/dialami. sedangkan pengertian secara lengkap mengenai Teks dongeng ulang yaitu teks yang menceritakan kembali pengalaman masa kemudian secara kronologis dengan tujuan memberi isu atau menghibur pembaca atau bisa jadi keduanya.

Jenis teks dongeng ulang

Teks dongeng ulang atau Rekon terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Rekon faktual (informasional), rekon imajinatif, dan rekon pribadi (biografi)

Teks dongeng ulang pribadi (Rekon Biografi), yaitu teks yang berisi insiden masa kemudian dan penulsnya terlibat secara langsung
Teks dongeng ulang faktual (Rekon Faktual), yaitu teks yang dasar penceritaanya berupa insiden yang benar benar terjadi, pengalaman nyata pada masa kemudian yang sanggup dibangkitkan atau dihidupkan kembali, misalnya : dongeng ulang sejarah dan teks dongeng ulang biografi.
Teks dongeng imajinatif (Rekon Imajinatif),yaitu dongeng yang memuat insiden masa kemudian lebih detail dengan imajinasi imajinasi.

Struktur teks dongeng ulang

Struktur teks adalah bagian-bagian terpisah yang membangun sebuah teks sampai menjadi sebuah teks yang utuh. Adapun struktur teks pada teks dongeng ulang sangat ditentukan oleh jenis teks dongeng ulang itu sendiri. struktur teks dongeng ulang secara umum yaitu sebagai berikut:

a. Orientasi
Orientasi adalah pembuka isi atau dalam teks dongeng secarah bisa kita masukan pengenalan tokoh secara umum, ibarat nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat.

b. Peristiwa dan masalah
Memperlihatkan banyak sekali pengalaman sang tokoh, baik insiden yang mengesankan maupun duduk kasus yang dihadapinya. pada umumnya bisa dibagi menjadi beberapa  urutan
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 1) 
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 2) 
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 3) 

c. Reorientasi 
Reorientasi adalah pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bab ini tidak disajikan oleh penulis.

Kaidah kebahasaan teks dongeng ulang

Kaidah kebahasaan yaitu aturan-aturan fundamental yang menjadi standar untuk digunakan dalam pemahaman bahasa atau  bagaimana ketentuan mengatur tata cara berbahasa baik secara verbal maupun tulisan. Di dalam teks dongeng ulang ada kaidah kebahasaan khusus yang sanggup memperkuat karakteristik teks dongeng ulang tersebut sehingga gampang sekali dibedakan dengan teks-teks lainnya.

Kaidah kebahasaan teks dongeng ulang yaitu sebagai berikut:

a. Menggunakan partisipan “siapa” melaksanakan “apa” (peristiwa) di suatu tempat pada waktu kemudian yang ditandakan dengan pronominal
Contoh : 
Ketika Mandela kembali, beliau ditahan dan dikirim ke penjara Robben Island selama lima tahun 

b. Menggunakan Pengacuan 
Contoh : 
Keterlibatan inilah yang kemudian memilih jalan panjang yang harus beliau tempuh dalam memperjuangkan persamaan hak bagi secara umum dikuasai orang kulit gelap di Afrika Selatan.

c. Menggunakan kata-kata yang mengatakan insiden atau peristiwa, waktu dan tempat. Contoh : 
Rolihlahla Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Umtata, Afrika Selatan d. Menggunakan kata-kata yang mengatakan kata kerja material untuk menunjukkann acara nyata yang dilakukan oleh partisipan. Contoh : Kami melihat reruntuhan, ada kayu dan pohon, papan, dan sampah lainnya terapung di tengah laut.

e. Menggunakan kata-kata konjungsi temporal untuk menata urutan-urutan peristiwa-peristiwa yang diceritakan
Contoh : 
Dia tidak mengigau meskipun kakinya sudah bermetamorfosis pucat ketika kami mengangkatnya.

f. Menggunakan kalimat simpleks yang hanya terdiri dari satu verba utama yang menggambarkan satu aksi, peristiwa, atau keadaan
Contoh : 
Mandela yang telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang S kulit gelap berjuang di bawah tanah selama lebih dari setahun. P Pelengkap + Keterangan


Contoh teks dongeng ulang dan strukturnya

Berikut teks dongeng ulang biografi jokowi beserta bagian-bagian strukturnya:
Orientasi :
 Ir. H. Joko Widodo yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 lebih dikenal dengan nama julukan Jokowi yaitu pengusaha mebel dan Beliau merupakan Walikota Surakarta (Solo) selama dua kali masa bakti 2005 – 2015. Dalam masa jabatannya, ia diwakili F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota. Ketika itu, beliau dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tahun 2012 ini, Beliau bersama dengan Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok) maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta

Urutan Peristiwa 1 : 
Gubernur gres DKI Jakarta Joko Widodo mempunyai kisah masa kecil yang unik. Jokowi kecil sempat mencicipi pahitnya kehidupan dikala rumahnya tergusur. Masa kecil Jokowi diwarnai canda dan tawa, dengan sesekali diselingi tangisan. Rumah petak sekaligus tempat perjuangan kayu ayahnya di tempat Cinderejo Lor, digusur dan dijadikan sentra jasa travel. Sang bunda menuturkan bahwa Jokowi kecil yaitu sosok pendiam, namun pintar bergaul. Banyak yang mengenal Jokowi sebagai orang yang selalu mengalah, untuk menghindari pertengkaran. Sikap tersebut diwarisi Jokowi dari kedua orangtuanya yang selalu mengajarkan makna nrimo dan bertanggung jawab.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 2 : 
Berbeda dengan bawah umur kebanyakan, Jokowi selalu berjalan kaki menuju sekolahnya, disaat yang lain memamerkan sepeda ontel terbaru. Menurut Jokowi kala itu, sekolah tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga berjalan kaki pun tidak menjadi masalah. Bakti kepada orangtua ditunjukkan Jokowi tak hanya lewat sikap, namun juga sejumlah prestasi. Saat itu menjadi Walikota Solo sampai menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang-orang yang mengenalnya tidak pernah menyangka perjalanan hidup Joko kecil. Sosok Jokowi sangat dicintai rakyatnya. Dukungan warga Solo tak pupus, termasuk dikala Jokowi maju menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anak tukang kayu itu pun, sekarang menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 3 : 
Jokowi kecil yaitu anak seorang “tukang kayu”. Setelah Beliau lulus dari SMA, kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Unuversitas Gajah Mada. Setelah lulus kuliah tahun 1985, dirinya merantau ke Aceh dan bekerja di salah satu BUMN. Kemudian ia kembali ke Solo dan bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan, CV. Roda Jati. Setelah merasa cukup, pada tahun 1998, dirinya berhenti bekerja di CV tersebut dan memulai berbisnis sendiri bermodal dari pengalaman yang pernah ia miliki. Dengan kerja keras, ketekunan dan keuletan, karenanya Jokowi berhasil membuatkan bisnisnya dan menjadi seorang eksportir mebel.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 4 : 
Jokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985. Ketika mencalonkan diri sebagai walikota, banyak yang mewaspadai kemampuan laki-laki yang berprofesi sebagai pedagang mebel rumah dan taman ini bahkan sampai dikala ia terpilih. Pada tahun 2005, Pak Jokowi memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo dengan partai politik PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya. Akhirnya Beliau pun terpilih menjadi Walikota Solo. Selama kepemimpinannya, Solo banyak mengalami kemajuan. Setahun sehabis ia memimpin, banyak gebrakan progresif dilakukan olehnya. Ia banyak mengambil contoh pengembangan kota-kota di Eropa yang sering ia kunjungi dalam rangka perjalanan bisnis.