Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Pencemaran adalah proses menurunnya kualitas lingkungan yang disebabkan oleh masuknya zat atau bahan lain ke dalam lingkungan dan melebihi ambang batas normal. Zat atau bahan yang mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Jenis-jenis pencemaran adalah sebagai berikut;
 Pencemaran adalah proses menurunnya kualitas lingkungan yang disebabkan oleh masuknya zat Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
  • Pencemaran udara bisa berupa gas dan partikel. Contoh gas H₂S, CO, dan CO₂, serta partikel SO₂ dan NO₂.
  • Pencemaran air bisa disebabkan oleh pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, misal sisa detergen yang mencemari air. Selain itu, bisa disebabkan oleh buangan industri seperti Pb, Hg, Zn, dan CO, tumpah minyak bumi akibat kecelakaan kapal tanker minyak.
  • Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah botol plastik, karet sintesis, pecahan kaca, kaleng, detergen yang bersifat non-biodegradable, dan zat kimia buangan pertanian.
Kerusakan lingkungan darat seperti kerusakan hutan bisa disebabkan oleh kebakaran hutan, pembalakan atau penebangan liar, dan tanah longsor atau banjir. Kerusakan lingkungan air seperti rusaknya terumbu karang dan pendangkalan dasar perairan.