Tips Menjahit Kain Satin


Tips Menjahit Kain Satin

 Kain Satin merupakan jenis kain bertekstur licin  Tips Menjahit Kain Satin
 Tips Menjahit Kain Satin

cara jahit bahan satin - Kain Satin merupakan jenis kain bertekstur licin, halus dan mengkilap yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen. Kesan glamor yang terpancar dari kain satin, menjadikannya sebagai salah satu alternatif untuk membuat blouse wanita, gaun malam, gaun pernikahan serta dasi dan kemeja untuk pakaian pria. Mengingat permukaannya yang licin, dalam menjahit kain satin dibutuhkan teknik dan keahlian tersendiri. Berikut beberapa tips menjahit kain satin yang bisa diterapkan dalam menyelesaikan proyek menjahit busana.




Teknik pemotongan bahan yang tepat menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam pembuatan busana atau produk fashion lain yang memanfaatkan bahan dasar kain. Oleh karena itu untuk mengantisipasi timbulnya tepian kain satin yang berjumbai usahakan untuk menggunakan gunting yang sangat tajam sehingga potongan yang dihasilkan terkesan lebih rapi dan tidak merusak tampilan kain.


Permukaan kain satin memiliki karakteristik berkilau atau mengkilap, oleh karena itu dalam menempatkan potongan-potongan pola pada bahan kain usahakan semua bagian nantinya akan dipotong dengan cara yang sama. Karena kesalahan pemotongan kain akan menimbulkan efek yang berbeda jika dilihat dengan seksama.


Sematkan jarum pentul dengan sangat hati-hati untuk menghindari timbulnya lubang-lubang yang tidak diinginkan pada kain. Dalam pemberian tanda pola pada bagian buruk kain gunakan kapur jahit atau pensil yang tidak terlalu mencolok sehingga garis tersebut mudah dihilangkan dengan cara pencucian. 


Jahit kain sesuai dengan tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan jarum dan benang jahit yang berkualitas baik. Dalam menjahit kain satin sesuaikan ketegangan benang dan injakan pedal mesin jahit untuk membuat setikan berjarak agak longgar untuk mencegah kerutan pada jahitan yang dihasilkan.


Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara jahit bahan satin

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MEMBUAT POLA ROK SEPAN SIMPLE 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/tips-menjahit-kain-satin/