Sabtu, 30 Januari 2021

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-10

Contoh Soal Essay Sejarah Peminatan Kelas X Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-10 - Melanjutkan soal essay sejarah peminatan bagian ke-9 (soal nomor 111-120), bagian ke-10 diambil dari Bab 3, "Sejarah Peradaban Awal Dunia", dengan sub pokok bahasan yang berbeda. Bila sebelumnya, berisikan soal essay tentang peradaban lembah sungai Indus dan Peradaban sungai kuning, maka untuk bagian kesepuluh ini berisikan soal tentang Peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia) dan Peradaban Lembah Sungai Nil (Mesir Kuno).

Baca juga: soal PG Sejarah peminatan kelas x semester ganjil K13

Berikut dibawah ini, soal sejarah peminatan kelas 10 semester genap kurikulum 2013 SMA/MA edisi revisi, dengan pertanyaan dimulai dari nomor 121.

121. Mengapa mata pencaharian sebagai pedagang dianggap rendah oleh bangsa Babilonia?
Jawaban: mata pencaharian sebagai pedagang dianggap hina karena dianggap hanyalah pekerjaan yang tanpa mengeluarkan tenaga dan sekedar menawarkan jasa pelayanan dari produsen ke pembeli.

122. Sebutkan bangsa yang pernah berkuasa di peradaban lembah Sungai Eufrat dan Tigris!
Jawaban: bangsa Sumeria, bangsa Akkadia, bangsa Amorit (Babilonia Lama), bangsa Assiria, bangsa Khaldea (Babilonia Baru), bangsa Persia

123. Sebutkan dewa yang disembah oleh bangsa Sumeria!
Jawaban: dewa-dewa yang disembah bangsa Sumeria, antara lain Dewa Enlil (Dewa langit sebagai dewa tertinggi), Dewa Era (Dewa Air), Dewa Samas (dewa Matahari), dan Dewa Sin (dewa Bulan).

124. Sebutkan hasil-hasil peninggalan peradaban kerajaan Babilonia Baru!
Jawaban: taman bergantung, jembatan Babilon dan Menara Babilon

125. Jelaskan pengertian kebudayaan Hellenisme!
Jawaban: kebudayaan Helenisme, yaitu perpaduan antara kebudayan Eropa dengan kebudayaan Persia (Timur)

126. Sebutkan perbedaan antara peradaban kuno lembah Sungai Indus, lembah Sungai Hoang Ho, lembah Sungai Eufrat dan Tigris, dan lembah Sungai Nil!
Jawaban:
a. Asal-susul penduduk yang mendiami wilayah masing-masing berbeda
b. Nama jenis tulisan yang digunakan berbeda misalnya penduduk di lembah Sungai Kuning menggunakan tulisan Piktograf, lembah sungai Eufrat dan Tigris menggunakan tulisan paku, dan lembah sungai Nil mneggunakan tulisan Hieroglif.
c. Kerajaan-kerajaan di daerah lembah sungai-sungai tidak semuanya membuat undang-undang tertulis
d. Di dalam bidang seni bangunan terdapat corak khususnya yang mewakili masing-masing daerah.
e.  Penonjolan kebudayaannya berbeda
f. Mesir menonjolkan rancang bangun piramida
g. Babilonia menonjolkan perundangan tertulis tertua di dunia pada UU Hammurabi dan Taman Bergantung
h. India menonjolkan tata kota modern, dan
i. Cina menonjolkan bidang astronomi dan pembangunan Tembok Besar Cina.

127. Mengapa di dalam kebiasaan masyarakat Mesir Kuno dikenal pembuatan mumi?
Jawaban: masyarakat Mesir Kuno beranggapan bahwa jiwa manusia masih tetap utuh selama jasmaninya masih utuh. Oleh karena itu mereka membuat mumi, yaitu mayat yang diawetkan dengan dibalsam.

128. Sebutkan nama dewa dan kedudukannya dalam kepercayaan masyarakat Mesir Kuno!
Jawaban: Dewa Re sebagai dewa tertinggi (dewa matahari), Dewa Osiris sebagai dewa keadilan, Dewi Isis, Dewa Baseth, Dewa Seth.

129. Sebutkan persamaan antara peradaban kuno lembah Sungai Indus, lembah Sungai Hoang Ho, lembah Sungai Eufrat dan Tigris, dan lembah Sungai Nil!
Jawaban: bentuk pemerintahannya adalah kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja dan kedudukan raja sangat mutlak, penduduk daerah tersebut pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, penduduk sudah mempunyai peradaban yang tinggi yang termasuk kebudayaan tertua di dunia, sama-sama menempati daerah yang subur di tepian sungai sehingga sering menjadi daerah rebutan antarbangsa.

130. Sebutkan hasil-hasil seni bangunan peradaban Mesir Kuno!
Jawaban: Piramida, Sphink, Obelisk.