Resep - Cara Membuat Bubur Sumsum Manis Gurih

Resep Bubur Sumsum - Aktifitas masak dan membuat kue merupakan aktifitas yang mengasyikkan. Sediakan sebentar waktu Anda untuk kegiatan ini. Memasak dipercaya bisa menghalau perasaan jenuh dan pikiran yang letih. Membuat bubur sumsum bisa sebagai salah satu alternatif. Boleh jadi makanan ini sudah tak aneh lagi buat Anda. Tidak sedikit pedagang di sepanjang jalan yang menjajakan bubur sumsum ini. Citarasa dan tekstur lembutnya menjadikan setiap orang menggemarinya. Bubur sumsum merupakan santapan dari tepung beras dengan saus gula aren. Makanan yang satu ini mempunyai rasa manis sekaligus gurih. Citarasa manis diperoleh dari kuah gula merah adapun citarasa gurih bersumber dari santan kelapa. Kombinasi rasa ini menciptakan citarasa khas Indonesia.
Resep Bubur, resep bubur sumsum jagung manis, resep bubur sumsum candil, resep bubur sumsum lembut, resep biji salak, resep bubur sumsum spesial, resep bubur sumsum bayi, sumsum ncc, sumsum hijau,

Makanan bubur sumsum sangat populer di wilayah pulau Jawa. Jenis makanan ini sering terlihat pada gelaran tahlilan pada pernikahan maupun kelahiran jabang bayi. Diyakini, bubur sumsum ini merupakan lambang kekuatan. Cocok dengan sebutannya, sumsum yang merujuk pada bagian dalam tulang. Kecuali itu, warna putih pun identik dengan warna putih tulang. Bubur sumsum pun populer di wilayah Malaysia maupun Brunei. Cuma namanya saja yang lain. Tampilan dan cita rasanya masih sama. Hal itu lantaran resep bubur sumsum yang dipakai pun persis sama.

Saat ini ini telah hadir beraneka jenis bubur sumsum. Resep bubur sumsum tetap sama, yang menjadikannya beda adalah kuah kincanya. Pada resep bubur sumsum yang orisinal, saus kinca cukup terbikin dari gula aren dengan wangi daun pandan. Adapun resep bubur sumsum yang baru, terdapat sedikit pelengkap. Di saus kincanya biasanya dimasukkan candil, biji mutiara, irisan durian, nangka atau pisang. Di samping meningkatkan rasa, juga kian terlihat menggiurkan. Kadang-kadang ada juga yang mencampurkan irisan buah alpukat, pipilan jagung serta kolang kaling.

Bubur sumsum yang resep aslinya terbuat dari tepung beras prosedur memasaknya begitu gampang. Dapat dimakan kapan pun, menjadi alternatif sarapan maupun makanan di kala santai. Cara membuat bubur sumsum berikut dapat anda gunakan untuk membuat bubur sumsum sendiri di rumah :

Bahan bahan yang diperlukan :
  • 200 gram tepung beras
  • 1,5 liter santan kelapa
  • 1/2 sendok teh garam atau sesuai kebutuhan
  • 3 lembar daun pandan buat simpul

Bahan kuah kinca :
  • 400 gram gula merah yang disisir tipis
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 litr air
  • 2 lembar daun pandan yang dipotong kecil kecil
  • Campurkan tepung beras bersama sebagian santan plus garam kemudian kocok sampai merata.
  • Rebus sisa santan beserta pandan seraya diaduk terus sampai mendidih. Siramkan dalam larutan tepung beras, aduk sampai mengental dan mendidih. Angkat dari api.
  • Untuk membuat kuah kinca, rebus seluruh bahan sampai mendidih. Ambil dari kompor dan segera saring menggunakan saringan.
  • Bubur sumsum lezat siap disajikan bersama kuah manisnya.