Resep - Cara Membuat Ikan Asin

Ikan asin merupakan bahan makanan yang diproduksi dari ikan yang diawetkan dengan garam. Menggunakan cara pengawetan tersebut ikan yang seringnya cepat busuk bisa ditempatkan pada temperatur kamar dalam waktu lama. Di samping itu ikan asin akan awet dan terbebas dari kerusakan akibat serangan lalat, serangga, ulat maupun sejumlah mikroorganisme merugikan lainnya. Bahan baku untuk ikan asin bisa berasal dari bermacam macam jenis ikan seperti : tongkol, tengiri, manyung,kakap, kembung, petek dan teri.
Resep Makanan, ikan asin jambal, resep ikan asin, nasi goreng ikan asin, ikan asin untuk ibu hamil, ikan asin gabus, ikan asin jambal roti, ikan asin goreng tepung, ikan asin asam manis,

Bahan baku ikan dengan ukuran besar harus dibersihkan dulu sisik, insang, isi perut dan diiris sepanjang punggung sampai perut namun tak sampai terpotong dua. Apabila dipakai ikan ukuran sedang boleh dibelah ataupun tidak. Adapun ikan ukuran kecil cukup dibilas menggunakan air bersih saja. Ikan yang melalui prosedur penggaraman jadi tahan lama sebab garam bisa mencegah bahkan membunuh bakteri pemicu pembusukan ikan, sehingga , kemurnian garam akan menentukan. Garam yang digunakan ialah garam dapur (NaCl) murni, pengertiannya garam memiliki kandungan NaCl dalam jumlah banyak dan hanya sedikit mengandung unsur lain.

Cara membuat ikan asin menggunakan metode penggaraman kering :

  • Ikan dicuci bersih supaya bebas dari kotoran.
  • Siapkan garam kristal menurut bobot ikan. Ikan dengan ukuran besar, kebutuhan garam sekitar 20 sampai 30 persen bobot ikan. Ikan dengan ukuran sedang 15 – 20 persen sementara ikan dengan ukuran kecil 5 persen.
  • Tebarkan garam dalam wadah atau bak dengan tebal 1 – 5 cm, terpulang dari ikan yang hendak diasinkan. Lapisan garam tersebut berguna menjadi dasar di waktu penggaraman.
  • Aturlah ikan di atas lapisan garam itu dengan aturan perut ikan menghadap bawah. Sesudah itu tebarkan lagi garam. Lakukan penataan ikan plus garam dengan berlapis sampai lapisan paling atas merupakan susunan yang mempunyai lapisan tebal.
  • Tutup tumpukan ikan dan garam itu menggunakan anyaman bambu dan tambahkan pemberat di atasnya.
  • Diamkan dalam beberapa hari. Pada ikan dengan ukuran besar dalam 2-3 hari, ikan dengan ukuran sedang dan ikan kecil dalam 12 hingga 24 jam.
  • Sesudah itu cuci menggunakan air bersih dan tiriskan, Aturlah ikan di atas para-para untuk dijemur.
  • Di waktu menjemur ikan sesekali dibalik supaya cepat kering.
  • Cara membuat ikan asin menggunakan metode penggaraman basah
  • Sediakan larutan garam jenuh yang mempunyai kadar 30 hingga 50 persen. Ikan yang sudah dibersihkan ditata dalam wadah kedap air,selanjutnya masukkan larutan garam seperlunya sampai semua ikan terendam dan tambahkan pemberat supaya tak mengapung. Waktu perendaman 1 hingga 2 hari menurut ukuran atau tebal ikan dan tingkat keasinan yang dikehendaki. Sesudah itu ikan dicuci menggunakan air bersih. Aturlah ikan di atas para-para untuk dijemur.