Resep - Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Resep Jamu Beras Kencur - Dari bermacam jenis jamu yang populer di Indonesia, tidak keliru kalau dikatakan bahwa jamu beras kencur adalah yang paling populer sebab dapat dijumpai di mana pun. Bakul jamu gendong pasti membawanya dan malah dihidangkan juga menjadi welcome drink pada beberapa restoran kenamaan. Ramuan jamu beras kencur ini sangat simpel, sebab cuma berasal dari serbuk beras plus kencur yang diseduh menggunakan air matang. Kendati demikian, khasiatnya sangat banyak mulai dari mengurangi capek dan lesu sampai meredakan gejala masuk angin.
Resep Minuman, resep jamu beras kencur dan khasiatnya, resep jamu beras kencur tradisional, resep jamu kunyit asam, resep jamu kunyit asam sirih, resep jamu tradisional alami, resep jamu beras kencur,

Wajar apabila beras kencur termasuk daftar jamu yang jadi prioritas untuk dibawa bakul jamu gendong pada Paguyuban Jamu Gendong tersebut. Pada bakul yang mempunyai daya tampung terbatas, jamu beras kencur seakan sebagai jamu wajib yang kudu selalu digendong berkeliling kampung. Di samping karena khasiatnya, jamu beras kencur pun digemari lantaran rasanya tak pahit sama sekali seperti umumnya bayangan orang mengenai jamu. Malahan cita rasanya yang segar menjadikannya kerap dihidangkan sebagai es beras kencur yang merupakan salah satu minuman segar, tidak dianggap jamu dalam pengobatan tradisional.

Minyak atsiri yang terdapat dalam rimpang kencur dinyatakan mempunyai beragam unsur berkhasiat. Unsur unsur tersebut berguna untuk semacam zat analgetic, yakni senyawa yang mempunyai kapasitas dalam menurunkan rasa nyeri atau sakit. Jamu beras kencur pun mempunyai kesanggupan untuk meningkatkan tenaga sebab mempunyai efek stimulan dan peningkat nafsu makan, di samping itu jamu ini juga dapat menghalau beragam gangguan penyakit misalnya radang lambung, batuk, sariawan, gejala keracunan makanan ataupun perut kembung.

Dan berikut adalah tips cara membuat jamu beras kencur :

Bahan bahan yang dibutuhkan :
200 g beras
6 jari rimpang kencur
2 jari jahe ukuran besar
250 g gula jawa
2 jari kunyit ukuran kecil
2 buah jeruk nipis
2 sdm asam jawa
2 lembar daun pandan.
Garam sesuai selera

- Pertama beras direndam menggunakan air bersih sampai kira-kira 3 jam.
- Masak jahe, gula jawa, daun pandan, kunyit dan asam jawa dengan 6 gelas air, kemudian disaring.
- Sesudah direbus, ambil kunyit, kencur dan jahe kemudian tumbuk beserta beras sampai halus.
- Siram air rebusan sebelumnya pada tumbukan kencur dan beras sedikit sedikit selanjutnya disaring.
- Masukkan perasan jeruk nipis plus sedikit garam.
- Jika terasa tak begitu manis, boleh juga dimasukkan sedikit gula pasir.
- Minuman jamu beras kencur buatan anda siap untuk dihidangkan. Akan terasa makin nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin dengan ditambah es batu secukupnya. Nah selamat mencoba!