Resep - Cara Membuat Klepon Legit

Resep Klepon - Jenis kue basah yang satu ini begitu terkenal di Indonesia dan termasuk satu diantara makanan khas Indonesia yaitu Klepon. Klepon merupakan jenis kue basah berbentuk bulat kecil, dengan warna seringnya hijau. Akan tetapi saat ini muncul variasi warna misalnya klepon warna kuning, merah, putih, dan lainnya. Klepon dapat dibuat dari tepung ketan, tepung ubi maupun tepung singkong dimana di dalamnya berisi cairan gula merah yang menyebabkan rasa manis. Di samping itu dilengkapi dengan taburan parutan kelapa yang akan menjadikannya kian terasa nikmat dan lezat. Klepon sering dijajakan di daerah pecinan juga pasar pasar tradisional dengan harga terjangkau tentunya.
Resep Kue, resep klepon ncc, resep klepon tepung beras, resep klepon ubi, resep pancake, resep kue klepon, resep klepon kentang, resep klepon enak, resep klepon telo,

Di daerah Sumatera dan Malaysia, klepon ini dinamakan dengan onde onde, sementara di daerah Jawa dan sebagian wilayah Indonesia kue yang dinamakan onde onde ialah kue bulat dari tepung beras yang mempunyai isi adonan kacang hijau dan ditaburi dengan biji wijen. Beda nama antara di daerah Jawa dan Sumatera ini acapkali jadi sebab kesalahan dan kerancuan menjelaskan arti onde-onde. Klepon lazim dijual bersama getuk dan cenil yang merupakan cemilan pada waktu pagi maupun sore hari. Kali ini kita akan membuat sendiri klepon legit di rumah. Untuk itu siapkan dulu bahan bahannya.

Bahan bahan untuk kulit klepon :

200 gram gula pasir
300 cc air
100 cc air daun suji yang dibuat dari 50 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan, diblender kemudian disaring
1/2 sendok teh garam
400 gram tepung ketan
60 gram mentega
200 gram parutan kelapa

Bahan bahan untuk isi klepon :

1/2 kg kentang dikukus dikupas dan kemudian dihaluskan
200 cc santan
100 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam


- Untuk membuat isi, campur jadi satu seluruh bahan untuk isi, panaskan menggunakan api kecil hingga kalis. Tunggu sampai dingin. Buat bulatan bulatan kecil kurang lebih ukuran 1/2 sendok teh.

- Untuk membuat kulit, masak gula dan 300 cc air hingga gula larut dan dihasilkan cairan sebanyak 200 cc. Sisihkan. Masukkan air daun suji beserta garam kemudian aduk hingga rata. Tuangkan pada tepung ketan dan aduk hingga merata. Kukus kurang lebih 20 menit. Sisihkan.

- Masih panas, kocok menggunakan mixer sembari dimasukkan mentega hingga adonan jadi kalis. Biarkan adonan mendingin sebelum dibuat bulatan.

- Ambillah sejumlah kecil adonan dan buat bentuk pipih. Tambahkan isi dan buat bentuk bulatan. Guling gulingkan pada parutan kelapa.

- Klepon legit siap dihidangkan dengan pelengkap secangkir teh hangat dinikmati bersama anggota keluarga tercinta sungguh terasa nikmatnya. Selamat mememasak!