Resep - Cara Membuat Lapis Legit Prunes

Lapis legit adalah salah satu hidangan wajib ketika hari raya. Kue dengan tampilan berlapis-lapis kuning dan semburat cokelat dengan aroma khas kayu manis. Bila digigit, teksturnya begitu empuk dan lembut. Lapis legit atau spekkoek adalah kue tradisional yang masih menjadi favorit sepanjang zaman. Lantaran tampilannya yang berlapis-lapis itu maka disebut spekkoek. Spek bermakna lemak dan koek artinya kue. Kunci membuat lapis legit yang lezat adalah di bumbu spekkoek yang digunakan. Tersusun dari 12 sampai 20 lapisan dengan memakai kurang lebih 30 telur atau malah lebih tiap loyangnya. Sebab itu tekstur lapis legit sangat empuk, agak lembek dan legit. Lebih-lebih bila adonannya disertakan juga bumbu spekkoek. Wajar apabila harganya cukup mahal.
Resep Kue, resep lapis legit ncc, resep lapis legit prunes ny liem, resep lapis legit keju, resep lapis legit kukus, resep lapis legit irit telur, ekonomis, enak, resep lapis legit gulung,

Bila anda menganggapnya mahal, mengapa anda tak membuatnya sendiri di rumah? Resep lapis legit prunes berikut rasanya tak kalah dengan lapis legit yang biasa dijual di supermarket yang berharga mahal. Ayo kita siapkan bahan bahannya lebih dahulu.

Bahan bahan yang digunakan :

180 gram butter
120 gram margarin
2 sendok makan susu kental manis
1/2 sendok makan bumbu spekkoek
18 butir telur digunakan kuningnya saja
210 gram gula halus
60 gram terigu
200 gram manisan buah prunes, singkirkan bijinya dan kemudian dilebarkan


- Mixer butter dan margarin hingga berwarna putih dan lembut, masukkan susu kental manis dan bumbu spekkoek. Kocok lagi hingga merata.

- Mixer kuning telur plus gula halus hingga mengental dan berwarna putih. Tuangkan adonan mentega sedikit demi sedikit sembari diaduk aduk hingga merata.

- Tambahkan terigu sedikit sedikit seraya diaduk aduk hingga tercampur rata.

- Sediakan loyang segi enam dengan kapasitas 1.5 l. Berikan alas kertas roti dan kemudian oleskan mentega.

- Tuangkan 1 sendok makan adonan dan diratakan. Selanjutnya panggang memakai oven dan menggunakan api bawah hingga berwarna kecoklatan. Ambil dari dalam oven.

- Tuangkan kembali 1 sendok makan adonan kemudian diratakan. Panggang dengan api atas hingga berwarna kecokelatan kemudian keluarkan dari oven. Untuk tiap lapisan ke-5 tambahkan buah prunes. Ulangi lagi hingga adonan habis.

- Jika kue lapis legit telah sampai 1/3 bagian loyang, tiap-tiap lapisan selanjutnya dituangkan 2 sendok makan adonan.

- Kue lapis legit prunes kemudian diiris iris dan siap untuk dihidangkan. Kue lapis legit yang lembut dilidah akan makin lezat dengan sensasi rasa buah prunes. Anda dapat menghidangkan lapis legit ini sebagai cemilan kala sore hari saat berkumpul dengan seluruh anggota keluarga.