Resep - Cara Membuat Lasagna Khas Italia

Lasagna atau disebut juga dengan Lasagne merupakan makanan sejenis pasta panggang dan termasuk makanan tradisional dari negeri Italia. Lasagna menurut arti katanya ialah lasagne yang diisi dengan daging. Namun Lasagna pun boleh diisi dengan isian lain misalnya daging, sayur, daging ayam, ikan laut dsb menurut selera. Kulit Lasagna diolah dari tepung terigu yang kemudian diberikan bahan isian kemudian dipanggang hingga matang.
resep lasagna pizza hut,resep lasagna kukus,resep lasagna italia,resep lasagna bolognese,resep lasagna sederhana,resep lasagna ncc,resep lasagna praktis,resep lasagna gulung,

Menu tradisional Italia ini tak terlampau susah dibuat. Nikmat disantap ketika masih hangat menjadi sajian makan malam. Hidangkan bersama salad sayur segar agar kian sempurna nutrisinya. Tidak usah heran jika anda akan ketagihan sebab cita rasanya gurih sekaligus segar di lidah.

Bahan bahan yang dibutuhkan :
1/2 kg lasagne kering

Bahan untuk saus Bolognese :
2 sendok makan butter
1 sendok makan minyak zaitun
100 gram bawang Bombay dirajang halus
50 gram tangkai seledri dirajang halus
100 gram wortel dirajang
1/2 kg daging sapi yang dicincang
300 gram daging ayam dicincang
2 sendok teh garam
700 cc susu cair
1/2 l kaldu atau air
300 gram tomat merah dicincang
1/2 sendok teh serbuk merica
1/2 sendok teh serbuk pala
1 sendok teh oregano
1 sendok teh basil

Bahan untuk saus putih :

100 gram mentega
5 sendok makan terigu
3/4 liter susu cair
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh bubuk pala
1/2 sendok teh bubuk merica

Bahan untuk taburan:

2 sendok makan keju parmesan yang diparut


- Masak lasagna menggunakan air sesuai kebutuhan dan sejumlah kecil garam sampai empuk. Sisihkan dan tiriskan.

- Membuat saus Bolognese, lumerkan butter kemudian tumis bawang putih, bawang Bombay, seledri dan wortel sampai harum. Masukkan daging cincang, aduk sampai warnanya berubah dan kering. Siram dengan susu dan masukkan bumbu, aduk lagi sampai mendidih dan susu menyusut. Masukkan tomat dan air kaldu, aduk terus menggunakan api kecil sampai mengental. Rebus terus sampai airnya menyusut serta mengental kemudian Sisihkan.

- Membuat saus putih, masak butter sampai lumer. Masukkan terigu dan aduk aduk sampai rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sembari diaduk terus sampai licin. Masukkan garam, bubuk merica dan bubuk pala. Aduk sampai mendidih serta mengental kemudian Sisihkan.

- Siapkan pinggan anti panas dan olesi mentega. Tempatkan lembaran lasagna pada sebelah bawah pinggan sampai tertutup. Masukkan 1/3 bagian saus Bolognese dan diratakan. Tuangkan 1/3 bagian saus putih setelah itu dan diratakan. Taburi dengan keju parmesan. Ulangi lagi membuat lapisan tadi 3 kali. Tutup dengan lapisan lasagna.

- Tambahkan saus putih, beri taburan keju dan bubuk merica. Tambahkan sedikit olive oil.

- Panggang kurang lebih 45 menit menggunakan oven 180 derajat C. Tunggu kurang lebih 10 menit sebelum diiris-iris.