Resep - Cara Membuat Martabak Manis Bangka

Resep Martabak Bangka - Indonesia memang negeri dengan 1001 kekayaan kulinernya. Tak terhitung aneka makanan tradisional khas dengan cita rasa yang mampu menggugah selera makan kita. Salah satu ragam kuliner itu adalah martabak manis Bangka. Martabak manis Bangka atau kerap juga disebut kue terang bulan merupakan salah satu kue yang paling pas disantap di kala senggang. Disebut martabak manis Bangka karena kabarnya martabak dengan cita rasa manis ini memang bermula dari Bangka. Penganan lezat ini dipopulerkan oleh masyarakat Cina yang tinggal di sana dengan nama Hok Lo Pan yang kini dikenal dengan martabak manis Bangka.
resep martabak manis anti gagal,resep martabak manis terang bulan,resep martabak manis bangka mini,enak,resep martabak manis mini,resep martabak telor,bangka ncc,bangka terang bulan,

Untuk anda yang hendak membuat martabak manis Bangka sendiri, lebih dulu anda harus tahu resep dan cara membuat martabak manis Bangka yang akan dijelaskan berikut ini :

Bahan bahan untuk kulit martabak :

1/2 kg terigu
150 g gula pasir
1 sdt baking powder
1/2 sdt ragi instant
1 butir telur dikocok lepas
1/4 sdt bubuk vanili
2 kuning telur dikocok lepas
1/2 sdt garam
650 cc air

Bahan bahan untuk isi martabak :

50 g margarin
1 sdm mentega
1 sdm gula pasir
2 sdm mesis
2 sdm kacang tanah kupas disangrai dan kemudian ditumbuk kasar
1/2 sendok wijen disangrai
100 g keju diparut
50 g susu kental manis

Cara membuat martabak manis Bangka :

- Campurkan tepung terigu, 75 gram gula pasir dan baking powder menggunakan air dan kocok kocok hingga lembut. Selanjutnya tambahkan ragi instan dan tunggu kurang lebih dua jam.

- Kocok telur beserta sisa 75 gram gula pasir dan selanjutnya tuangkan pada adonan tepung.

- Panaskan cetakan martabak menggunakan api kecil dan oleskan minyak goreng ataupun margarin supaya adonan tak lengket pada cetakan. Selanjutnya masukkan adonan. Tunggu sampai adonan berbuih dan menghasilkan rongga. Bubuhkan gula pasir selanjutnya tutup hingga matang.

- Ambil martabak dari dalam cetakan, tempatkan di atas talenan selanjutnya oleskan margarin dan taburkan meses, parutan keju dan lantas tuangkan susu kental manis.

- Potong jadi dua bagian dan tumpuk hingga membentuk 1/2 lingkaran. Iris iris jadi beberapa bagian dan sajikan dalam piring saji.

- Martabak manis bangka siap disantap dengan ditemani segelas teh manis panas. Lezat bila dimakan selagi masih panas.

Cukup gampang kan cara membuat martabak manis Bangka ini. Anda bahkan bisa membuatnya dengan melibatkan seluruh anggota keluarga anda. Kegiatan memasak ini tentu akan makin mengakrabkan seluruh anggota keluarga anda. Selamat memasak ya!